Cara Menerbangkan Drone Agar Stabil

cara menerbangkan drone agar stabil

DuniaTeknologi.Info – Drone merupakan alat elektronik yang saat ini banyak digunakan dalam dunia fotografi. Alat yang satu ini mampu merekam video dan mengambil gambar dengan kualitas HD dari suatu ketinggian. Akan tetapi, cara pengoperasian alat yang satu ini memang tidak mudah meskipun terdapat panduan lengkap cara menerbangkan drone bagi pemula. Untuk para pemula harus melalui beberapa tahapan sebelum bisa menggunakan drone dengan maskimal. Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara menerbangkan drone agar stabil.

Untuk dapat menerbangkan drone supaya bisa terbang dengan stabil, maka Anda perlu belajar menerbangkan drone. Ada beberapa tahap yang harus ditempuh dan harus tekun dalam belajar. Salah satu tips penting saat menerbangkan drone adalah dengan cara membeli drone yang memiliki harga murah terlebih dahulu, supaya jika terjadi menabrak atau jatuh Anda tidak akan terlalu dirugikan.

Sebelum menerbangkan drone, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa dan perhatikan. Ada bagian-bagian penting di dalam drone yang harus sudah lengkap.

  • Baling baling drone.
  • Baterai remote untuk menerbangkan drone.
  • Baterai drone.
  • Kabel konektor untuk menghubungkan songket baterai ke drone.
  • Komponen dinamo pada drone.
  • Antena remote dan antena drone itu sendiri.

Tips atau cara menerbangkan drone agar stabil saat di udara

1. Membaca Buku Panduan Terlebih Dahulu

Setiap pembelian drone baru pasti didalamnya akan disertakan sebuah buku panduan pemakaian. Usahakan untuk membaca buku panduan cara menerbangkan drone dari produk yang sudah Anda beli. Pastikan Anda memahami semua fitur yang ada di perangkat drone dan memahami batasan yang dapat dilakukan oleh alat tersebut. Terutama bagian RC Transmiter harus Anda baca dengan teliti karena ini merupakan bagian utama atau titik pengendalian drone saat digunakan.

2. Melakukan Persiapan

Sebelum Anda menerbangkan drone, pastikan semua komponen telah terpasang kuat supaya lebih aman. Jika Anda masih dalam tahap pemula, maka jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli, supaya selain bisa cepat mahir menerbangkan, drone milik Anda juga akan aman. Apabila diperlukan Anda juga bisa membawa baterai cadangan.

3. Memilih Tempat yang Tepat

Carilah area yang luas dan aman untuk menerbangkan drone. Misalnya tempat parkir, halaman yang luas, dan lapangan berumput. Jika bisa memilih, area berumput adalah tempat terbaik untuk menerbangkan drone, karena bisa lebih aman jika drone Anda jatuh bisa memperkecil kemungkinan patah pada bagian propellers dan komponen lainnya. Sejauh ini rumput menjadi alas terbaik ketika drone quadcopter terjatuh.

4. Pehatikan Debu Dan Kecepatan Angin

Supaya drone dapat terbang stabil Anda harus memastikan area tersebut tidak terlalu banyak debu. Selain itu pilihlah lokasi yang memiliki kecepatan angin stabil. Debu dapat masuk dan mengotori motor saat drone yang Anda terbangkan take off atau landing ke tanah. Akibatnya salah satu komponen bisa mengalami error.

5. Terbangkan Dengan Perlahan Ke Atas dan Ke Bawah

Pertama Anda harus menghidupkan quadcopter drone, kemudian transmiter. Setelah itu, supaya drone bisa terbang stabil hubungkan quadcopter dengan menggerakkan throttle kiri pada mode 2. Tunggu beberapa saat hingga lampu transmitter berkedip dan qudcopter mengeluarkan bunyi. Selanjutnya, dorong throttle ke arah depan secara perlahan dan rc drone pun akan mulai take off. Ingat perlahan saja, jangan terlalu tinggi.

6. Cek Dulu Antenanya

Pastikan antena yang ada di remote maupun di perangkat drone terpasang dengan baik. Soalnya, antena ini drone memiliki sensor gyro axis yang bisa memudahkan dan membuat drone dapat terbang stabil di udara.

Itulah cara menerbangkan drone agar stabil dan supaya bisa merekam video maupun mengambil gambar sesuai yang Anda inginkan. Selamat mencoba.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!