Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Harus Beli HP Baru

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Harus Beli HP Baru

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Harus Beli Baru – Kemajuan teknologi ponsel yang android yang begitu cepat, tidak heran membuat kita cepat merasa bosan dan lelah dengan ponsel yang sedang kita miliki. Kadang berbagai gangguan di ponsel android membuat kita ingin cepat ganti dengan ponsel yang baru. Gangguan itu seperti kinerjanya yang melambat, baterai cepat habis, dan berbagai gangguan lainnya yang membuat kita kesal dan ingin ganti dengan ponsel android yang baru.

Namun benarkah ponsel android lama sebaiknya dibuang? Nyatanya tidak, karena dengan beberapa tips sederhana, ponsel android lama masih dapat diselamatkan.

Dilansir dari PCWorld edisi Juni 2020, berikut ini 7 langkah tips sederhana yang bisa kita coba.

Cara Mengatasi Android Lemot

1. Restart ponsel android secara berkala

Ini mungkin merupakan cara sederhana namun jarang kita lakukan. Padahal cara simpel ini dapat mempercepat kinerja ponsel dalam waktu singkat. Hal ini terjadi karena ketika proses restart, maka  memori ponsel akan dibersihkan, menghapus app background, dan melepaskan beberapa app yang terus bekerja dan memperlambat kinerja ponsel. Berapapun RAM HP yang Anda miliki, melakukan restart secara rutin akan mempertahankan kecepatan HP.

2. Cek Up-Date Androidnya

Tidak perlu cek update android jika ponsel yang kita miliki memiliki fitur update android secara otomatis. Namun tidak semua ponsel dapat melakukan update secara otomatis. Coba cek apakah ada update android terbarus sudah tersedia, karena memang tidak semua pemilik ponsel melakukan setting untuk memunculkan notifikasi tersedianya update android terbaru. Coba cek dipanel setting “System or Software”. Cek secara berkala, dan pastikan kita tidak ketinggalan update android terbaru agar ponsel kita tetap prima.

3.  Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Mungkin tanpa kita sadari ada begitu banyak aplikasi di ponsel yang tidak pernah kita “sentuh” sama sekali. Coba perhatikan lagi aplikasi apa saja yang mungkin tidak kita gunakan sama sekali. Jangan merasa sayang untuk menghapusnya. Karena kinerja ponsel yang optimal akan jauh lebih bermanfaat dari pada mengoleksi banyak aplikasi  yang tidak pernah Anda gunakan.

4.  Pindahkan File besar ke kartu memori atau Google Drive

Jika aplikasi yang tidak digunakan sudah dihapus atau dibersihkan, kita butuh menghapus beberapa file, terutama file dengan ukuran yang besar. Lihat berbagai file seperti berukuran besar di ponsel anda seperti musuk, video, dan foto. Kalau dirasa sayang untuk dihapus, pindahkan file ke kartu SD atau simpan di google drive atau laptop Anda adalah tindakan bijaksana. Buka files app, atau My Files untuk HP Samsung untuk melihat file yang perlu dihapus.

5.  Atur Ulang Tampilan HP

Mengubah tampilan layar hp bukan hanya demi kenyamanan visual atau demi estetika semata. Mengubah tampilan layar juga bermanfaat untuk mempercepat HP anda.

Gunakan mode gelap: Mode gelap  dapat membuat baterai bertahan lebih lama, karena pengaturan layar yang gelap membutuhkan daya yang lebih sedikit.

Gunakan Resolusi Layar yang Lebih Rendah: Seperti pada PC, beberapa ponsel juga menyediakan pengaturan resolusi layar. Dengan menggunakan resolusi lyar yang lebih rendah, maka baterai akan bertahan lebih lama.

Matikan “Always-on display” : “Always-on display”jelas akan menghabiskan daya lebih cepat.

6. Nyalakan Mode Lite Chrome

Hp yang lemot sering kita rasakan ketika Anda sedang browsing. Ponsel kita bekerja sangat keras untuk memproses data dengan cepat. Untuk mengatasinya, gunakan Chromes Lite Mode. Caranya buka setting chrome, scroll terus sampai menemukan setting lite mode, lalu nyalakan.

7. Reset HP dan Hapus Data

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan performa hp masih belum menunjukkan perkembangan, maka reset pengaturan HP, dan hapus semua data di aplikasi. Namun sebelum melakukan langkah ini, backup data terlebih dahulu agar file yang masih diinginkan tidak terhapus.

Selain langkah-langkah di atas, masih ada beberapa cara mengatasi Android lemot yang bisa Anda praktikkan dari Dunia Teknologi.

About the Author: Andi Setiawan

2 Comments

  1. Smartphone Android Lemot memang sering teradi. Mungkin memory nya sudah penuh atau OS Androidnya tidak di update ke versi yang terbaru. Bahkan Headunit Android untuk kendaraan pun sering mengalami kejadian yang serupa. Biasanya koneksi internet yang lemote dan Head unit tersebut OS nya masih versi lama dan RAM nya masih 1 GB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!