Cara Mengatasi Gimbal Motor Overload Pada Drone

Cara Mengatasi Gimbal Motor Overload Pada Drone

Masalah drone selalu menjadi pertanyaan penting yang kerap menghampiri para pengguna drone di seluruh dunia. Tahukah Anda? Banyak masalah yang sebenarnya sering terjadi dan menimpa beberapa jenis drone tertentu. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya bukan? Dengan kata lain, problem yang menimpa drone kesayangan Anda masih bisa diatasi dengan cara yang tepat. Untuk itu, dalam ulasan kali ini kami akan mengulas secara ringkas mengenai beberapa masalah yang sering terjadi pada drone dan bagaimana penanganannya secara semestinya.

Anda bisa cek harga drone di marketplace di bawah ini:

Meskipun Diantara drone terbaik tetap masalah drone yang sering muncul pesan strong interference, lost signal, pesan radio channel buruk, gimbal motor overload. Kali ini kita akan membahas gimbal motor over load pada drone.

Masalah Gimbal Motor Overload Pada Drone

Seperti yang terjadi pada akun sparkpilot yang dikemukakan melalui link forum dji spark dibawah ini :

Dalam bahasa Indonesia saya terjemahkan seperti ini:

Spark saya memiliki waktu sekitar 1 jam, dan tidak ada error. Terakhir kali saya terbang, saya tidak bisa mengarahkan kamera ke bawah (saya bisa melakukannya pada penerbangan sebelumnya), dan mendapat pesan kesalahan “Gimbal Motor Overload”. Kesalahan itu hilang, tetapi saya tidak bisa menunjukkannya.Saya pikir saya akan membawanya ke dalam rumah dan menenangkan diri. Saya melakukan penyegaran firmware, dan memulai ulang, serta kalibrasi IMU dan kompas. Itu sepertinya tidak memperbaiki apa pun. Kisaran nada mulai dari 0 hingga -60 derajat. Drone itu duduk di atas meja, dimatikan, dan mengarah sekitar 40 derajat ke bawah. Secara manual, saya dapat menggerakkan gimbal ke atas sekitar 20 dan ke bawah sekitar 40, di mana saya menemui beberapa hambatan, tetapi dapat mengarahkannya ke bawah. Namun, segera setelah saya melepaskannya, ia akan naik hingga sekitar 60 derajat ke bawah.Saya pertama kali berpikir itu mungkin terkait dengan suhu dingin (~ 30 F), tetapi ketika masalahnya masih ada pada suhu kamar, jelas bukan itu masalahnya.

Pada masalah terpisah, saya mencoba menggunakan fungsi rekam layar pada iPhone 6 saya (iOS 11.2.2 terbaru), untuk menangkap data yang dihamparkan, tetapi tampaknya dalam semua kecuali satu kasus, telepon selalu entah bagaimana membatalkan perekaman tanpa ada memperhatikan. Apakah ada orang lain yang memiliki masalah ini? Fungsi rekam layar berfungsi dengan baik dengan setiap aplikasi lain yang saya gunakan, jadi saya hanya dapat berspekulasi bahwa aplikasi DJI GO 4 adalah masalahnya.

Cara Mengatasi Gimbal Motor Overload Pada Drone

Hal ini akan memicu kotoran yang ada di sekitar masuk ke dalam gimbal drone. Nah, cara mengatasi gimbal motor overload pada drone ini, Anda cukup hanya dengan melepaskan ke empat dumper karet anti getar pada gimbal drone dan selanjutnya bersihkan hingga benar-benar bebas dari kotoran dan pasangkan kembali.

Akan lebih baik jika Anda bisa menggantinya dengan dumper karet anti getar yang baru dan lebih bagus. Selain membersihkan atau menggantinya dengan yang baru, ada solusi lainnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan membeli aksesorir landing pad pada drone agar pasir, tanah atau kotoran lain tidak masuk saat drone diterbangkan maupun saat didaratkan nantinya. Itulah beberapa masalah yang kerap kali terjadi pada drone, pastikan Anda mengetahui permasalahannya dengan baik untuk menemukan penangangan yang semestinya. Dengan cara yang tepat, maka masalah drone bisa teratasi dengan mudah.

Nah itulah cara mengatasi gimbal motor overload pada drone yang bisa Anda ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!