Cara mengatasi kuota internet aktif tapi tidak internetan

Pernah bermasalah dengan data seluler tapi tidak bisa menggunakan internet seperti biasa? Ingin tahu cara menangani data seluler yang aktif tetapi tidak dapat menjelajah Internet?

Jelas, masalah ini juga mempengaruhi banyak orang. Saya tidak tahu mengapa Data seluler tidak bekerja tiba-tiba Meskipun ikon muncul di jendela bilah alat dan paket data diaktifkan, itu mengganggu pengguna.

Namun, berselancar data seluler aktif tidak dapat digunakan untuk berselancar. Ada berbagai cara untuk beradaptasi dengan setiap perangkat seluler.

Bagaimana dan kapan standarnya? Bagi yang ingin tahu, langsung saja simak caranya berikut ini:

1. Coba aktifkan mode pesawat

Aktifkan mode pesawat

Namun, cara pertama untuk mengatasi data seluler aktif adalah dengan tidak menggunakan Internet. Jadi kamu bisa mengaktifkan Airplane mode terlebih dahulu di smartphone kamu hanya dalam beberapa detik.

Kemudian penyedia Internet akan memperbarui jaringan dan mematikan mode Pesawat untuk mencari koneksi Internet yang lebih baik. Meski sederhana, cara ini sangat ampuh untuk menyelesaikan masalah terkait jaringan provider.

2. Mulai ulang APN

Cara selanjutnya agar tidak bisa browsing data seluler yang aktif adalah dengan mereset token APN yang digunakan oleh operator. Seringkali ketika APN diubah, koneksi Internet juga berubah secara signifikan.

Koneksi internet lebih cepat, lebih stabil, atau mati secara otomatis. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba me-restart APN agar jaringan internet menjadi normal kembali.

Tidak yakin bagaimana cara mengubah pengaturan APN di ponsel Anda? Tetap sederhana karena caranya sangat sederhana dan sebenarnya bisa dilakukan kapan saja.

Untuk lebih jelasnya, tutorial bermanfaat dapat ditemukan di sini:

  1. Buka pengaturan ponsel cerdas Anda terlebih dahulu.
  2. Temukan dan pilih kartu SIM dan jaringan seluler.
  3. Sentuh opsi APN.
  4. Jangan ganti APN yang sudah ada, pilih saja Create New APN.
  5. Terakhir, masukkan APN yang terkait dengan kartu SIM.

Data seluler seringkali dapat dipulihkan ke normal sehingga Anda dapat menjelajah kembali seperti biasa dengan mengatur dan mengelola APN.

3. Keluarkan kartu SIM terlebih dahulu

Keluarkan kartu SIM

Menyingkirkan kartu SIM asli adalah cara untuk menghilangkan data seluler yang aktif, tetapi tidak dapat dieksplorasi keesokan harinya. Bisa dibilang cara ini merupakan cara alternatif yang umumnya bekerja dengan baik.

Dalam kebanyakan kasus, setelah mencoba metode ini, data seluler akan dikembalikan ke normal dan Internet akan dapat berfungsi dengan baik seperti biasa. Saat melepas SIM, periksa juga status kartu SIM Anda yang ada.

Pastikan pelat kuning pada kartu SIM bebas dari goresan atau kotoran. Ini karena koneksi internet sering tidak berfungsi dengan baik jika ada goresan di bagian itu.

4. Nyalakan ulang ponsel cerdas

Mulai ulang HP

Cara lain untuk menangani data seluler yang aktif adalah dengan mencoba me-root smartphone Anda terlebih dahulu. Disarankan juga untuk melanjutkan mode pesawat.

Setelah smartphone dihidupkan, Anda dapat mematikan mode pesawat yang telah diaktifkan sebelumnya. Walaupun kelihatannya sederhana, cara ini sudah banyak digunakan dan banyak yang terbukti cocok dan berhasil.

Cara ini juga bisa bermanfaat bagi orang yang koneksi internetnya sangat tidak stabil. Tapi ingat, rooting untuk smartphone juga tidak baik karena mempengaruhi keamanan perangkat.

5. Hubungi Operator Pusat Panggilan

Jika Anda telah mencoba beberapa solusi di atas tetapi masih tidak dapat menemukan internet secara efisien, masalah ini biasanya disebabkan oleh operator yang Anda gunakan.

Harap dicatat bahwa ada kalanya pengguna layanan Internet yang disediakan oleh operator seluler mungkin tidak dapat mengakses Internet.

Jadi solusinya adalah dengan mencoba mencari operator seluler yang Anda gunakan. Mungkin melalui akun media sosial di Facebook, Twitter dan Instagram.

Dengan menanyakan masalah yang sedang Anda hadapi, Anda akan menemukan jawaban dan solusi mengapa data internet Anda tidak bisa digunakan seperti biasanya.

Kata terakhir

Sekarang Anda tahu cara mengatasi data seluler yang aktif tetapi Anda tidak dapat menjelajahi internet. Jadi, ketika ada masalah, Anda tidak bingung untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Cara-cara di atas dapat diterapkan pada perangkat apapun, seperti ponsel Android, iPhone, iPad, dan perangkat desktop, seperti PC dan laptop.

Dan jika ini terjadi pada teman atau keluarga Anda, Anda dapat mengatakan bahwa ada cara untuk menyelesaikannya sekarang.

Ini bisa berguna!

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!