Cara Mengatasi PS3 Overheat Dengan Ciri-Cirinya

Cara Mengatasi PS3 Overheat Dengan Ciri-Cirinya

Penyakit yang sering kita temukan pada PS3 adalah YLOD (Yellow Light Of Death) ini pun saya alami pribadi ketika bermain PS3 fat milik pribadi juga padahal baru beli belum kurang dua bulan. YLOD merupakan kondisi PS3 mengalami overheat (panas berlebihan) pada bagian prosesor atau GPU PS3.Kasus ini sering terjadi pada PS3 tipe fat dan slim. Untuk itu kita harus tau Cara mudah mengatasi masalah overheat pada ps3.

PS3 overheat juga sering kali terjadi dikarenakan YLOD, Brick dan RSOD. Hal yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya Anda merawak game konsol ps3 kesayangan Anda degan baik. Namun ini jarang ditemui pada ps3 baru dibeli.

Ciri-Ciri PS3 Overheat

Ciri-ciri PS3 Anda mengalami overheat adalah :

  1. Lampu PS3 Led berkedip-kedip ketika dinyalakan atau (ketika mati setelah dinyalakan sebentar).
  2. Kedip-kedip warna kuning pada PS3 Fat
  3. Kedip-kedip warna merah pada PS3 slim

Penyebab YLOD Yang Harus Diketahui

Penyebab dari YLOD adalah karena mesin yang terlalu panas atau kesalahan-kesalahan dalam meletakkan PS3 yang salah sehingga memicu cepatnya mesin PS3 mengalami overheat.Berikut penyebab PS3 mengalami overheat :

  1. PS3 yang sudah lama dan dipakai bertahun-tahun.
  2.  Adanya debu pada mesin PS3 sehingga menggangu kipas yang ada didalam mesin. debu yang menempel bisa saja mengeras.
  3. Pasta pendingin prosesor dan GPU yang mengering.
  4. Sirkulasi udara yang kurang baik (biasanya karena diletakkan di atas kain, papan atau tanpa alas)
  5. Seringnya mati lampu sehingga membuat arus listrik pada mesin berhenti mendadak dan tidak sebagaimana mestinya yng harusnya di shutdown.

Tindakan Pencegahan PS3 Agar Tidak Overheat

Disini saya mengingatkan kondisi PS3 tidak akan seperti baru lagi karena komponen sudah terkena YLOD.Namun setiap PS3 yang mengalami overheat mempunyai tingkat penyembuhan yang berbeda-beda.Untuk itu kita harus melakukan pencegahan-pencegahan yang bisa menyebabkan PS3 mengalami overheat berikut dibawah ini :

  1. Gunakan PS3 sewajarnya (jangan terlalu lama atau lebih dari 3 jam) pastikan jangan menggunakan nonstop.
  2. Penempatan PS3 dengan benar (Hindari meletakkan PS3 diatas karpet, kasur, kain atau apapun yang bisa menyebabkan sirkulasi udara berkurang sehingga mempercepat terjadinya overheat (suhu panas yang terhambat keluar) ketika digunakan.
  3. Thermal paste pastikan Anda ganti setiap enam bulan secara berkala yang ada pada IC Prosesor dan GPU.Usahakan beli thermal paste jangan yang murahan.
  4. Dinginkan PS3 ketika Anda bermain dengan menggunakan kipas laptop atau lebih baik lagi jika Anda bermain dalam ruangan berAC.
  5. Hindari bermain sambil makan karena bisa saja minyak atau cairan ang menempel di jari tangan menempel ke stick atau ke PS3 ketika Anda menyalakan atau menghidupkan ps3.
  6. Ketika ps3 sedang mati atau tidak dimainkan posisi kabel power wajib Anda lepas atau di off dan jika menggunakan steker atau stavolt untuk menghindari penyimpanan aliran listrik yang berlebihan jika mati lampu.
  7. berikan perawatan secara berkala seperti membersihan konsol game Anda dari debu itu lebih baik.
  8. Letakkan cooling fad atau cooling fan dibawahnya ini lebih efektif karena mendapatkan tambahan pendingin selain kipas yan ada didalam mesin..

Cara Mengatasi PS3 Overheat

Namun jika PS3 Anda sudah terlanjur mengalami YLOD menurut kami tidak akan bisa kembali seperti semula berikut langkah yang dapat Anda ikuti untuk memperbaikinya :

  • Coba diamkan konsol game playstation Anda selama 30 hingga 1 jam dalam keadaan mati agar prosesor dingin kembali. Lalu pindahkan ke playstation ke tempat yang berventilasi bagus dan dingin untuk dinyalakan kembali.
  • Periksa debu yang menempel dan mengeras melalui lubang ventilasi ps3 Anda. Kemudian bersihkan apabila terdapat debu yang tebal dan menghalagi sirkulasi udara.
  • Cara ketiga tekan tombol power kurang lebih 5 detik hingga terdengar bunyi bip. amun cara ini hanya berhasil jika kerusakan cuma pada software, setting ulang ini akan menghentikan masalah overheat yang terjadi.

Anda juga bisa mengkuti arahan perbaikan paada artikel → Penyebab ylod dan cara mengatasinya. Nah semoga artikel ini membantu dan bermanfaat.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!