7 Cara Mengetahui HP Disadap Orang Lain dengan Mudah, Akurat!

Cara Mengetahui HP Disadap

Cara Mengetahui HP Disadap Orang Lain dengan Mudah, Akurat! – Sekarang, keamanan memang masih jadi perkara susah dalam dunia teknologi, termasuk pada gadget atau HP yang Anda gunakan.

Anda juga pasti sering mendengar masalah hacking yang terjadi pada perusahaan besar. Tapi, bukan tidak mungkin kejahatan cyber nggak terjadi padamu.

Apalagi, sekarang ini telah banyak cara menyadap HP yang dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa pun, termasuk Anda.

Untuk berjaga-jaga dari kejahatan cyber atau penyadapan HP ini, sebaiknya Anda mengecek sendiri HP Anda untuk mengetahui HP disadap atau tidak, guys.

Lalu, bagaimana cara mengetahui HP disadap? Gak usah bingung, langsung aja simak penjelasannya di bawah ini!

Ciri-ciri HP Disadap

Kalau Anda merasa HP milikmu disadap, pastinya akan ada ada tanda-tanda yang tidak biasa sehingga membuatmu curiga.

Nah, sebelum mencoba cara mengecek HP disadap, lebih baik baca dulu artikel berikut ini mengenai ciri-ciri smartphone disadap, guys. Beberapa Tanda Smartphone Anda Disadap Hacker, Cek HP Anda Sekarang! Curiga HP mu dibajak? Mau tahu ciri-ciri HP disadap atau dihack? Cek di sini! LIHAT ARTIKEL

Cara Mengecek HP Disadap

Setelah mengetahui ciri-ciri HP disadap, Anda dapat memastikannya dengan beberapa cara yang terbilang cukup mudah, lho!

Untuk tahu apa saja cara mengetahui HP disadap atau tidak, Anda bisa simak triknya berikut ini, guys!

1. Tidak Bisa Login

Salah satu cara mengetahui HP disadap adalah dengan mengecek aktivitas di WhatsApp. Ketika Anda memakai HP lagi setelah meninggalkannya, coba buka aplikasi WA.

Jika HP mendadak log out dari aplikasi WhatsApp, kemungkinan ada pihak lain yang sedang memakai nomor HP Anda untuk login di aplikasi WhatsApp pada HP lain.

Hal Ini juga bisa terjadi ketika nomor HP sudah digandakan, sehingga hacker bisa dengan mudah membuka pesan yang berisi kode OTP untuk login WhatsApp.

2. Pesan Terbaca Padahal Belum Dibuka

Cara cek HP disadap selanjutnya adalah dengan mengecek pesan masuk, dari SMS, WhatsApp, Line, atau aplikasi chatting lainnya, guys.

Ketika Anda menemukan ada pesan yang terbaca padahal Anda nggak membuka pesan tersebut, kemungkinan besar HP Anda memang disadap.

Betul, guys, ketika Anda belum membuka pesan masuk tetapi notifikasnya tiba-tiba hilang, kemungkinan ada orang lain yang membuka pesan di HP milikmu.

3. Pesan Teks Aneh

Pernah menerima pesan teks aneh berisi nomor, simbol, atau karakter acak? Kalau pernah, berhati-hatilah! Sebab, Anda mungkin saja sedang dimata-matai, guys.

Pesan teks aneh ini berasal dari fitur remote control dalam software penyadapan yang mengirimkannya ke HP milikmu.

Untuk mengamankan HP agar tidak disadap dan menghapus aplikasi penyadap yang diam-diam diinstall di HP,Anda dapat melakukan factory reset.

Tapi sebelum melakukan cara tersebut, pastikan anda telah membackup data-data penting di HP agar bisa di-restore.

4. HP Sulit Dimatikan

Pernah mengalami aktivitas aneh di HP ketika sedang menggunakannya dan Anda mencoba untuk restart HP tapi sulit, guys? Waspada!

Ketika ingin mematikan HP tapi anda memerlukan waktu yang lama untuk bisa mematikan HP, kemungkinan ada yang sedang menyadap HP Anda.

Sulitnya mematikan HP biasanya terjadi karena ada aktivitas mengirim informasi dari HP milikmu ke orang yang menyadap atau pihak ketiga.

5. Cek WhatsApp Web

Ketika ada yang menyadap HP dan menggunakan WhatsApp milikmu, Anda bisa segera mengetahuinya dengan fitur WhatsApp Web, guys.

Caranya, cek WhatsApp Web melalui HP. Jika ternyata Anda login di perangkat yang tidak Anda kenali dengan lokasi yang juga tidak dikenal, berarti memang ada yang menyadap.

Agar orang lain nggak bisa lagi menyadap WhatsApp jarak jauh, Anda dapat langsung logout atau keluar dari semua perangkat yang terhubung dengan WhatsApp di HP milikmu.

6. Cek dengan Nomor *#21#

Cara mengetahui HP kita disadap juga bisa melakukan pengecekan melalui nomor rahasia, guys. Cara ini dilakukan dengan melakukan panggilan ke nomor *#21#.

Kode rahasia ini bisa anda gunakan untuk mengetahui HP disadap dengan mengecek apakah ada pengalihan panggilan di HP yang Anda gunakan, guys.

Jika tidak merasa mengaktifkan pengalihan panggilan tapi layanan ini aktif, bisa dipastikan ada pihak yang sedang menyadapmu.

Caranya, ketik *#21# di HP lalu tekan tombol Call. Setelah itu akan muncul keterangan apakah ada panggilan yang dialihkan atau nggak.

7. Cek dengan Nomor *#61#

Selain *#21#, Anda juga bisa mencoba cara mengetahui HP disadap dengan melakukan panggilan telepon ke nomor *#61#, guys.

Setelah melakukan panggilan ke nomor tersebut, nantinya akan ada informasi apakah HP disadap atau tidak.

Kalau HP Anda tidak disadap, maka akan tertera tulisan “Not Forwarding”. Sebaliknya, ketika HP disadap maka akan tampil tulisan “Forwarding” disertai nomor yang menyadap.

Kesimpulan

Nah, itu tadi cara mengetahui HP disadap yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa bantuan seorang ahli ataupun hacker, guys. Karena kebanyakan hacker mengunakan Linux tanpa tahu mengapa hacker menggunakan linux.

Dengan cara-cara tadi, Anda pun bisa melakukan tindakan pencegahan sekaligus mengatasinya agar HP yang Anda gunakan tidak bisa disadap lagi.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!