Inilah Kiat Tentang Cara Mengetahui Kata Sandi Yang Diretas

Inilah Kiat Tentang Cara Mengetahui Kata Sandi Yang Diretas

Inilah Kiat Tentang Cara Mengetahui Kata Sandi Yang Diretas – Pembajakan adalah hal yang telah umum terjadi di Internet. Dan, salah satu kesalahan terbesar yang selalu terjadi adalah pemikiran bahwa itu hanyalah akan terjadi pada orang-orang lain saja. Bahwa, jika Anda tidak melakukan apa pun, maka tidak akan pernah memiliki masalah. Sayangnya, permasalahannya tidak akan bakal sesederhana itu.

Begitulah, peretasan akun tidak hanya akan terjadi pada orang-orang lain saja. Sedikit saja terjadi kesialan, dan Anda akan menjadi salah satu dari korbannya juga. Bahkan, nama-nama besar seperti Apple dan Yahoo pun pernah merasakan bagaimana tidak enaknya sampai diretas. Tapi, bagaimana Anda bisa mengetahui bahwa akun Anda sedang atau pun telah diretas?

Saya tidak berpikir Anda pernah mencari atau mencari sesuatu yang aneh pada dunia maya. Tapi apakah Anda benar-benar kondusif dari pembajakan? Tidak konfiden selama Anda selalu menjelajahi Internet, tidak terdapat jaminan bahwa Anda akan kondusif. Bisa jadi, terdapat pihak yang tak bertanggung jawab yang meretas (hack) kata sandi Anda, dan Anda tidak mengetahuinya sama sekali.

Baiklah, kali ini, saya akan menjelaskan beberapa langkah buat menjaga istilah sandi dan akun Internet Anda permanen aman.

Kiat tentang cara mengetahui kata sandi yang diretas

1. Cek Keamanan Password Anda! Sudah Maksimal atau Belum?

Ini adalah langkah termudah berdasarkan artikel ini. Jadi, sudahkah Anda mengaktifkan keamanan akun Anda? Atau belum? Untuk fakta Anda, beberapa platform memiliki prosedur verifikasi 2 langkah. Jadi, jika Anda memakai mekanisme ini, itu akan meminimalkan kemungkinan bahwa akun Anda diretas. Misalnya, saat Anda kurang beruntung dan diretas, Anda akan selalu menerima pemberitahuan bahwa seorang terhubung dengan akun Anda pada gadget lain.

2. Periksa tingkat keamanan kata sandi Anda!

Pernahkah Anda memperhatikan ini? Jika Anda mendaftar buat menciptakan akun baru, pada poly platform Anda akan diberi tahu bahwa istilah sandi yang Anda gunakan lemah atau tidak. Nah, terdapat baiknya Anda mengikuti saran itu. Tentu saja, Anda sudah memahami bahwa banyak sekali platform umumnya merekomendasikan menggabungkan alfabet & angka untuk kata sandi. Ini supaya orang yang tidak bertanggung jawab kesulitan meretas akun Anda, karena mereka harus mencoba banyak kombinasi terlebih dahulu.

Jadi, cobalah lebih kreatif dalam membuat kata sandi Anda, ya!

3. Perhatikan tanda-tanda peretasan!

Secara teori, akun Anda mungkin saja telah diretas tanpa Anda sadari. Namun, pada prakteknya, ini kurang jelas karena jika seseorang telah repot-repot mendapatkan rincian akun Anda, maka ia pasti telah merencanakan sesuatu dengan akun Anda itu. Entah mereka akan menggunakan akun Anda secara langsung, misalnya mengganti kata sandi Anda, membeli barang lewat akun Anda, atau mengirim e-mail palsu ke kontak Anda.

Dipastikan bahwa akan terlihat bahwa akun Anda terkena hack, karena ada hal-hal yang pastinya diinginkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab itu dari akun Anda. Entah itu hanya berdasarkan keisengan untuk mem-posting foto-foto aib, membeli berbagai barang mahal, menjelek-jelekkan pihak lain, atau malah mengambil informasi-informasi tertentu dari akun Anda.

Nah, pada langkah ini, Anda diharuskan untuk peka dengan adanya perubahan-perubahan yang mungkin terjadi pada akun Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk mengecek history atau pun notifikasi dari akun Anda dengan lebih sering. Siapa tahu, Anda mungkin menemukan adanya keanehan-keanehan.

Bisa jadi juga, mereka akan menggunakannya secara tidak langsung untuk mengais informasi lain yang mereka temukan di akun Anda dengan tujuan untuk dipakai atau dijual kepada pihak lain, dan lain sebagainya.

4. Coba Cek Akun Anda! Sudah Pernah Terkena Hack atau Belum di Internet?

Berkat kemajuan dunia teknologi, Anda sekarang sudah bisa mengecek apakah akun Anda pernah terkena hack melalui sebuah website. Nama website tersebut adalah Have I been pwned? Cobalah untuk membuka website tersebut, lalu Anda tinggal memberikan e-mail Anda. Dan, website tersebut bakal memberitahukan apakah ada yang telah mengetahui password Anda atau tidak. Anda juga bisa menguji password Anda. Apakah sudah cukup aman atau belum?

Pada akhirnya, ada baiknya bagi Anda untuk lebih peduli sekaligus waspada dengan password Anda sejak kini. Sudah banyak kejadian hack terhadap berbagai akun sekarang ini. Janganlah membuat password yang gampang untuk diingat saja, tapi pikirkan juga keamanan dari akun Anda. Anda tidak ingin data-data pribadi Anda yang harusnya menjadi privasi Anda malah diketahui oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab itu, bukan?

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!