Cara Menggunakan Google Meet Di Laptop Dan HP Dengan Mudah

Cara Menggunakan Google Meet Di Laptop Dan HP Dengan Mudah

Sekarang ini memang kita sering diharuskan untuk bertatap muka secara virtual. Salah satu aplikasi android terbaik dari beberapa aplikasi yang bisa menjadi alternatif untuk rapat virtual, video conference atau sekadar video call dengan teman maupun rekan kerja.

Google Meet bisa dibilang menjadi primadona aplikasi terpopuler untuk kategori ini. Yuk, kita simak apa itu Google Meet, kegunaan, keunggulan dan cara menggunakan Google Meet di artikel ini.

Apa Itu Google Meet

Cara menggunakan Google Meet

Google Meet adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google dan berfungsi sebagai sarana untuk menelepon dengan video, atau biasa disebut dengan Video Conference melalui browser dan aplikasi smartphone. Aplikasi yang sebelumnya bernama Hangouts ini menyediakan fitur gratis yang lebih menarik dibanding aplikasi lainnya dengan batas waktu meeting dengan maksimum 100 peserta selama 60 menit.

Tentunya ada beberapa paket dan harga untuk Anda yang memerlukan kapasitas dan durasi meeting yang lebih lama. Berikut ringkasan harga dan paket dari Google Meet:

  • Gratis: Semua pengguna Google dapat menggunakan layanan Google Meet secara gratis dengan batas waktu meeting 60 menit dengan hingga 100 peserta.
  • Google Workplace Essentials ($8 per pengguna per bulan): Menambahkan durasi meeting hingga 300 jam dengan batas 150 peserta. Paket ini menyediakan fitur simpan rekaman meeting otomatis ke Google Drive yang sudah di-upgrade ke 100GB dengan dukungan layanan pelanggan 24 jam.
  • Google Workplace Enterprise (harga khusus per perusahaan): Menambahkan durasi meeting hingga 300 jam dengan batas 250 peserta. Selain menambahkan kapasitas Google Drive menjadi unlimited, paket ini juga mendukung live streaming ke 100.000 penonton dan berbagai fitur keamanan data lainnya lengkap dengan dukungan layanan pelanggan 24 jam.

Penggantian nama dilakukan oleh Google secara mendalam dan rahasia sebelumnya pada bulan Maret 2017. Pada awalnya, Google Meet ditargetkan sebagai Hangout versi bisnis, dan lebih cocok untuk penggunaan dalam sebuah perusahaan. Tapi sekarang Google Meet dapat diakses oleh semua pengguna Google, dan jumlah pengguna tiap harinya terus meningkat.

Cara Menggunakan Google Meet di PC

Google Meet mendukung penggunaan di PC atau laptop melalui browser dan di Android atau iOS via aplikasi Google Meet. Mari kita bahas cara menggunakan Google Meet secara lebih lengkap.

Cara menggunakan Google Meet di PC atau laptop cukup mudah, karena Anda bisa menggunakan browser yang telah terpasang seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Opera, Firefox, Safari dan sebagainya. Berikut langkah-langkah menggunakan Google Meet di browser PC atau laptop:

1. Buka halaman Google Meet

Untuk menggunakannya, pertama-tama Anda tentu harus membuka Google Meet pada web browser-mu.

2. Login ke akun Google

Kemudian, login ke akun Google yang Anda punya. Pastikan alamat email dan password-nya sudah benar ya!

3. Pilih New Meeting untuk memulai video conference baru

Setelah berhasil login, Anda bisa memulai menggunakan Google Meet. Klik ‘New Meeting’ untuk memulai video conference baru.

Atau jika Anda ingin bergabung ke video conference yang sudah ada, tinggal masukkan link atau kode meeting dan password yang dimiliki oleh host pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik ‘Join’.

5. Lakukan pengaturan kamera dan mikrofon

Jangan lupa lakukan pengaturan pada kamera dan mikrofon. Klik pada tombol pengaturan pada bagian bawah layar video conference.

6. Selesai!

Catatan: Pada saat Anda memulai meeting baru, Anda bakal mendapatkan pilihan untuk meeting instan, terjadwal, atau mendapatkan link undangan meeting untuk dibagikan ke rekan meeting.

Selain cara menggunakan Google Meet yang sangat mudah dan praktis,Anda juga bisa memakai berbagai fitur yang pada umumnya bisa Anda temukan di aplikasi yang perlu Anda download terlebih dahulu. Anda bisa download google meet pada link: cara download google meet di laptop. Fitur-fitur di Google Meet browser ini meliputi:

  • Background virtual
  • Chat di dalam meeting
  • Persentasi atau screen sharing
  • Transkrip atau caption
  • Whiteboard Dengan Google Jamboard

Menggunakan Google Meet di HP Android dan iOS

Google Meet juga disediakan untuk dipakai di smartphone, baik Android atau iOS. Berikut cara menggunakan Google Meet di HP Android dan iOS.

1. Download Meet di Play Store atau App Store

Langkah pertama, download aplikasi Meet terlebih dahulu di Play Store atau App Store.

2. Buka aplikasi Meet

Setelah selesai download, buka aplikasi Meet untuk memulai.

3. Masuk ke akun Google

Selanjutnya, lakukan login ke akun Google untuk melanjutkan. Masukkan alamat email dan password dengan benar ya!

4. Izinkan penggunaan kamera dan mikrofon

Setelah itu izinkan penggunaan kamera dan mikrofon untuk memperlancar video conference pada aplikasi Meet.

5. Pilih New Meeting untuk memulai rapat baru

Untuk memulai meeting baru, klik ‘New Meeting’ yang terletak di sisi kiri atas.

6. Klik Join with a code untuk bergabung ke video conference yang sudah ada

Atau apabila ingin bergabung ke video conference yang sudah ada, klik ‘Join with a code’ dan masukkan kode meetingnya pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik ‘Join’ di pojok kanan atas.

Keunggulan Google Meet

Google Meet adalah salah satu aplikasi video conference terpopuler di dunia dengan 100 juta+ peserta rapat tiap harinya. Tentunya, ratusan juta orang tersebut tidak akan menggunakan Google Meet jika aplikasi ini tidak memiliki keunggulan.

Kelebihan Google Meet apa saja sehingga mendapatkan popularitas yang sangat besar ini? Mari kita bahas keunggulan dari Google Meet:

1. Integrasi dengan Akun Google

Google adalah akun utama untuk Android yang saat ini beroperasi pada 2.5 miliar perangkat. Tentunya integrasi akun Google untuk semakin meningkatkan pengalaman user dalam menggunakan ekosistem  aplikasinya, termasuk Google Meet.

Integrasi ini memudahkan para user untuk menjadwalkan meeting di Google Calendar, mengirimkan link undangan meeting melalui Gmail, menyimpan rekaman meeting di Google Drive, dan masih banyak lagi.

2. Proses Daftar Satu Klik

Penggunaan akun Google sebagai satu-satunya cara login Google Meet juga telah dimudahkan pengguna dalam mendaftarkan diri dan mengikuti meeting melalui aplikasinya. Anda bisa memakai Google Meet dalam waktu kurang dari satu menit, dengan catatan Anda telah mempunyai akun Google.

3. Interaksi yang Sederhana dan Langsung

Ketika Anda memasuki halaman web atau aplikasi Google Meet, Anda cuma bakal disuguhi 2 menu: mulai rapat atau gabung ke meeting. Kesederhanaan ini membuat semua orang, bahkan yang tidak terlalu paham dunia teknologi, dapat dengan cepat mengerti cara menggunakan Google Meet.

Cara pakai Google Meet Android

4. Aplikasi yang Ringan

Kesederhanaan tatap muka Google Meet memungkinkan ukuran aplikasi dan waktu muat website yang sangat optimal. Sebagai perbandingan, ukuran aplikasi Google Meet di Android adalah 55.37 MB, sedangkan ukuran aplikasi Zoom untuk Android adalah 155 MB.

5. Akses Meeting yang Mudah

Google Meet juga sangat memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasinya baik di PC atau Smartphone Android dan iOS. Khususnya di PC dan laptop, Anda bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, sehingga sangat memudahkan Anda untuk mengundang rekan atau bergabung ke ruang rapat dengan cepat.

Kesimpulan

Google Meet adalah salah satu solusi terbaik untukAnda yang sedang kerja dari rumah alias work from home atau mempunyai rekanan kerja yang berada di area lain. Dengan kemudahan akses yang disediakan, Google Meet dengan cepat menjadi pilihan ratusan juta pengguna tiap harinya.

Jika Anda mempunyai bisnis online, tentunya Google Meet menjadi salah satu aplikasi yang wajib dicoba untuk meeting dengan klien atau relasi bisnismu.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!