Cara Menggunakan GPS

cara menggunakan gps

DuniaTeknologi.Info – Pernahkah Anda merasa bingung, atau tidak tahu arah mana yang harus dilewati ketika bepergian ke suatu tempat? Nah di era serba digital, hal ini akan mudah teselesaikan dengan bantuan sebuah alat pendeteksi lokasi, dan juga sebuah aplikasi yang telah tersedia pada ponsel pintar bernama GPS. Caranya sangat mudah. Yang terpenting Anda tahu cara menggunakan GPS tersebut dengan baik.

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System, atau yang dalam bahasa Indonesianya Sistem Pemosisi Global. Aplikasi ini merupakan alat yang berfungsi untuk menunjukkan arah atau lokasi tujuan. Dengan adanya GPS di ponsel, tentunya akan sangat memudahkan Anda saat tidak tahu harus menuju ke arah mana ketika ingin pergi ke suatu tempat.  

GPS yang disematkan pada setiap perangkat ponsel memiliki beragam jenis. Namun untuk penggunaan dan pengoperasiannya sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan perangkat GPS.

Cara Menggunakan GPS

  1. Rata-rata ponsel pintar telah dilengkapi dengan perangkat aplikasi GPS atau direction. Namun jika belum ada, silakan unduh terlebih dahulu di play store.
  2. Jika di ponsel sudah ada aplikasi GPS, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan lokasi, yang dapat diaktifkan melalui menu setelan pada ponsel.
  3. Langkah berikutnya adalah mengklik ikon “Map”. Ponsel akan menampilkan sebuah halaman berupa map yang berisi lokasi. Di map ini biasanya posisi Anda akan berada di bagian tengah yang ditandai oleh titik berwarna biru. Periksa apakah maps ini versi terbaru atau tidak. Jika belum, maka Anda bisa memperbaruinya melalui play store. Tujuan adalah agar Anda mendapatkan fitur-fitur terbaru, yang pastinya akan semakin memudahkan dan memaksimalkan penggunaan GPS di ponsel Anda.
  4. Cara menggunakan GPS selanjutnya adalah dengan mengklik tulisan My Location, kemudian klik gambar seperti kompas atau panah navigasi, untuk mengetahui letak posisi atau lokasi Anda saat ini. Posisi Anda biasanya akan muncul di bagian sebelah bawah tulisan “where am I / Current”.
  5. Setelah itu masukkan alamat yang ingin dituju, pada kolom kotak yang muncul di bagian atas GPS. Tetapi ada beberapa merek ponsel yang tidak tersedia kolom pencarian seperti ini. Biasanya GPS ponsel-ponsel tersebut menggunakan tombol “Get Directions”. Jika alamatnya tidak dapat terdeteksi, Anda bisa menggunakan jari untuk menggeser arah kursor pada peta, hingga menemukan titik tepat lokasi yang ingin Anda tuju.
  6. GPS kemudian akan mulai bekerja menunjukkan arah jalan yang harus Anda lewati.  Ikuti saja setiap arahan yang ditunjukkan oleh perangkat GPS ini. Anda tidak perlu merasa takut salah arah atau keliru mengambil jalan. Karena GPS biasanya akan mengembalikan Anda untuk kembali ke jalur yang benar.
  7. Jika Anda merasa bingung dengan arahan GPS, coba masuklah ke pengaturan dan atur “Turn Warning Frequency” menjadi lebih lama. Tujuannya adalah agar Anda bisa punya waktu lebih untuk mendengar atau memahami petunjuk berikutnya.
  8. Jika Anda sudah berhasil mendapatkan arah yang pas, silakan simpan peta tersebut. Dengan cara ini, Anda pun bisa tetap melihat peta, meskipun ponsel dalam keadaan sedang tidak terkoneksi dengan internet. Caranya dengan memilih tombol option, dan pilih tulisan “Make Available Offline”. Setelah itu Anda bisa menggeser, memperbesar, atau pun memperkecil sampai kotaknya tidak berwarna merah. Kemudian baru pilih tulisan “Done”.

Demikianlah cara menggunakan GPS yang ada di perangkat ponsel pintar. Semoga ulasan ini bermanfaat dan membantu Anda memahami penggunaan GPS tersebut.

About the Author: Andi Setiawan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!