class="post-template-default single single-post postid-22507 single-format-standard unselectable group-blog">

MASUKKAN HPK DI SINI dan PISAHKAN DENGAN KOMA (hpk 1, hpk 2, hpk 3, dst)

Cara Mengotomatiskan Penyimpanan Windows Buat Menghemat Ruang Penyimpanan

Cara Mengotomatiskan Penyimpanan Windows

Jika Anda sering kehabisan ruang penyimpanan di komputer Anda, sudah waktunya untuk mengambil beberapa langkah untuk menyelesaikan masalah Anda. Seperti dengan Cara Mengotomatiskan Penyimpanan Windows Anda.

Banyak dari kita cenderung menumpuk banyak sampah di komputer atau laptop kita, dan meskipun Anda mungkin berpikir untuk membeli lebih banyak penyimpanan, Anda juga harus mempertimbangkan untuk mengambil beberapa langkah saja untuk mengajari komputer Anda cara membersihkan kekacauan Anda secara gratis.

Cara Mengotomatiskan Penyimpanan Windows

Gunakan fitur bawaan Windows untuk menghapus sampah

Windows dikirimkan dengan fitur yang disebut Storage Sense, yang dapat menangani pembersihan file yang tidak diinginkan. Ini dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk berjalan sesuai jadwal, dan juga dapat berjalan sendiri setiap kali komputer Anda kehabisan ruang penyimpanan.

Storage Sense akan secara otomatis menghapus file lama di Recycle Bin, menyingkirkan file sementara, dan membantu Anda mengidentifikasi jenis file mana yang menempati banyak ruang di setiap drive Anda. Untuk mengaturnya di mesin Windows Anda, buka

1. Buka Pengaturan

2. Lanjut Sistem

3. Kemudian Penyimpanan.

Anda akan melihat informasi lebih lanjut tentang file atau folder besar di panel kanan jendela.

Cara mengonfigurasi Storage Sense di Windows

Anda dapat mengonfigurasi Storage Sense dengan mengklik opsi berlabel Configure Storage Sense atau menjalankannya sekarang. Anda dapat mengklik tombol “Off” di bawah Storage Sense untuk mengaktifkannya (tombol berubah menjadi “On” saat diaktifkan). Di bawah Jalankan Storage Sense, pilih kapan Anda ingin membersihkan komputer Anda secara otomatis. Anda juga dapat memilih Selama ruang disk kosong rendah untuk menjalankan Storage Sense saat komputer Anda kehabisan penyimpanan.

Halaman ini juga mempunyai pilihan opsi bagus lainnya seperti semua fitur baru di Windows akhir-akhir ini, pilihannya terbatas:

  • Anda dapat memilih untuk menghapus File Sementara yang tidak digunakan.
  • Anda dapat klik menu untuk menghapus file 30 + hari yang lama di dalam Recycle Bin, atau tidak dengan tombol on dan off seperti diatas. dan itu akan secara otomatis menghapus recycle bin dalam interval itu.
  • Anda juga bisa memilih untuk menghapus file-file itu sekarang, atau tidak

Tidak ada banyak kontrol tapi saya pikir itu lebih baik daripada tidak sama sekali. berpikir biner. Maaf saya seorang geek dan opsi ini tidak memenuhi kebutuhan saya untuk kontrol penuh atas PC saya – Microsoft White-hat terkutuk! Cukup untuk membuat Anda bahagia jika Anda adalah orang normal.

Lupakan

Buat orang normal entah bagaimana bisa mengatur dan melupakan segalanya. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa saya lakukan sendiri. Tetapi dengan kredit yang baik Anda bisa mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Mungkin Anda tidak terkena kekerasan? Ini benar-benar membingungkan…

Setelah Anda memiliki pengaturan ini Anda bisa melupakannya. Windows dengan senang hati menyimpan file besar Anda sekecil mungkin tanpa kelebihan beban. Ini hanyalah salah satu contoh upaya setengah hati Microsoft untuk memperbaiki masalah umum pada sistem operasi. Dia seharusnya memutuskan itu beberapa dekade yang lalu. Ada pepatah:

Intel memberi Microsoft menerima.

Cara mengotomatiskan disk cleanup

Anda juga dapat menggunakan utilitas Pembersihan Disk Windows untuk mengosongkan ruang penyimpanan secara otomatis. Metode ini mengharuskan Anda mengetikkan satu baris kode sederhana di Command Prompt, tetapi jangan biarkan hal itu menghalangi Anda karena ini semudah metode sebelumnya. Anda hanya perlu hak administrator di akun Anda agar bisa berfungsi.

Tekan Windows Key + X dan pilih Windows Powershell (Admin) dari menu. Ini akan membuka prompt perintah, di mana Anda dapat mengetikkan perintah ini: cleanmgr /sageset:9000. Anda dapat mengubah nomor ke nilai yang berbeda jika Anda suka, selama bilangan bulat dari nol hingga 9999.

Ini akan membuka kotak dialog, di mana Anda dapat memilih file mana yang ingin Anda bersihkan secara otomatis. Ketika Anda telah memilih file yang Anda butuhkan, klik OK dan tutup jendela Powershell. Gunakan kotak pencarian di Windows untuk membuka Task Scheduler di komputer Anda dan buka Action > Create Basic Task. Beri nama dan deskripsi tugas ini, dan ikuti petunjuk di layar untuk mengatur jadwal untuk ini (harian, mingguan, bulanan, saat komputer dinyalakan, dll.).

Saat jadwal diputuskan, Anda akan mencapai tab Tindakan. Di sini Anda dapat memilih Start a program dan pada halaman berikutnya, ketik C:\Windows\system32\cleanmgr.exe, klik Next, periksa apakah jadwalnya terlihat bagus, dan klik Finish. Sekarang Disk Cleanup akan secara otomatis menghapus file yang ditentukan sesuai dengan jadwal yang Anda atur.

Cara menghapus file dari folder Windows tertentu

Jika masalah ruang penyimpanan Anda berasal dari folder tertentu seperti Unduhan atau Dokumen, maka Anda dapat Cara Mengotomatiskan Penyimpanan Windows sebagai metode alternatif lainnya untuk menghilangkannya. Buka Notepad di PC Anda dan rekatkan perintah ini di catatan baru: fforfiles -p “C:\Users\YOURUSERNAME\Downloads” -s -m . /c “cmd /c Del @path” /d -60..

Ini telah dikonfigurasi sebelumnya untuk menghapus semua file yang lebih lama dari 60 hari dari folder Unduhan di komputer Anda. Anda dapat mengganti YOURUSERNAME dengan nama pengguna akun Anda, dan Anda siap melakukannya.

Cara menyesuaikan prompt perintah Anda

Untuk mengubah folder mana yang dibersihkan secara otomatis, Anda dapat mengubah jalurnya. Itu bagian yang bertuliskan C:\Users\YOURUSERNAME\Downloads. Anda dapat membuka folder apa pun di Windows Explorer dan menyalin jalurnya dari bilah alamat. Bit -s dalam perintah meminta otomatisasi Anda untuk juga mempertimbangkan sub-folder di dalam folder Unduhan saat menghapus file. Anda dapat menghapus ini jika Anda tidak ingin menghapus apa pun di sub-folder.

Bagian yang paling menarik adalah parameter -m *.*, yang memungkinkan Anda memilih jenis file tertentu dari folder. Anda dapat mengubahnya menjadi -m *.jpg* untuk hanya menghapus file JPG, atau mengubahnya menjadi .pdf, .png, atau jenis file lain yang ingin Anda targetkan. Perhatikan bahwa meninggalkan *.* dalam perintah memintanya untuk menghapus semua file dari folder.

Terakhir, istilah /D memungkinkan Anda memutuskan berapa usia file yang harus dipertimbangkan untuk dihapus. /D -30 berarti itu akan menghapus file yang lebih lama dari 30 hari, dan Anda dapat mengubah nomornya ke apa pun yang Anda inginkan.

Ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan perintah dengan kebutuhan Anda; setelah selesai, buka File > Save As dan simpan file sebagai DeleteAutomatically.bat. Nama file itu sendiri tidak terlalu penting, tetapi ekstensi .bat tidak, jadi pastikan untuk menghindari menyimpan ini sebagai file txt biasa.

Anda sekarang dapat menggunakan Penjadwal Tugas sekali lagi untuk menjalankan program pada interval tetap, seperti yang dijelaskan di bagian sebelumnya. Saat memilih program, Anda dapat menggunakan opsi Browse untuk mencari file bernama DeleteAutomatically.bat atau apa pun yang Anda beri nama.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!