Cara Meningkatkan Penjualan dengan Strategi Data-Driven Marketing

Data-Driven Marketing

Pemasaran berbasis data yang lebih popular disebut Data-driven marketing  sebetulnya bukan hal yang baru bagi para pemasar digital. Perkembangan teknologi begitu pesat, secara alami aktivitas pemasaran berbasis data pun ikut berkembang. Jika dahulu hubungan teknologi dan pemasaran adalah sebuah teka-teki, kini keduanya telah menjadi kombinasi yang harmonis untuk pemasaran perusahaan yang lebih efisien.

Data-driven marketing sendiri memang lahir untuk mengoptimalisasi proses pemasaran dan strategi yang dipakai agar mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang apa yang diinginkan pelanggan. Keberhasilan aktivitas ini pun akan bergantung pada penggunaan informasi (dalam bentuk data) untuk mendorong aktivitas pemasaran.

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Strategi Data-Driven Marketing

Personalisasi Pemasaran: Pemasaran berbasis data memungkinkan perusahaan untuk membuat pesan yang tepat untuk customer yang tepat, pada waktu yang tepat. Di era digital seperti sekarang ini, satu pesan yang cocok untuk semua memang sudah tidak efektif lagi. Dengan data, Anda bisa mendapatkan pemahaman mendalam tentang profil pelanggan. Hal ini akan membantu Anda dalam menciptakan kampanye yang disesuaikan untuk menjangkau pasar dengan cara yang lebih relevan.

Peningkatan Pengalaman Pelanggan dan Pengembangan Produk: Dengan data driven marketing, alih-alih bekerja pada keseluruhan pengalaman, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperbaiki aspek spesifik yang penting bagi pelanggan Anda. Di samping itu, ketika Anda memahami target pasar Anda, produk yang Anda kembangkan bisa menjadi lebih cocok untuk pasar tertentu.

Pembelian media yang efisien: Dengan menggunakan algoritma dan pembelajaran mesin, pemasar dapat yakin tentang perencanaan dan pembelian media mereka. Anda tidak lagi harus menebak di mana audiens Anda ingin menerima konten Anda.

Peningkatan Efisiensi Saluran: Pemasaran berbasis data membantu Anda mengidentifikasi konten mana yang mendistibusikan pembeli ke saluran penjualan dan mengoptimalkan kampanye. Ini dapat menyebabkan tingkat konversi yang lebih baik dan ROI positif.

Efektif Cross-Selling: Pemasaran berbasis data memberi Anda wawasan luas untuk membantu mengidentifikasi di mana produk Anda dapat dijual kepada pelanggan lebih sering. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi segmen pasar yang mendapatkan manfaat. Entah itu dari kampanye khusus yang dibuat dengan memahami preferensi mereka maupun produk yang dinikmati.

Temukan kebiasaan terbaik dari tim sales Anda: Mulailah dengan cara memecah semua aktivitas dalam proses penjualan seperti meeting, melakukan panggilan dan email. Buatlah kebiasaan tersebut lebih mudah dilacak dan dapat dipusatkan pada dasbor setiap departemen.

Setelah Anda mampu memecah atau mengkategorikan hal tersebut, gunakan metrik tersebut untuk membandingkan kinerja-kinerja tim sales Anda. Ketika Anda dapat melihat perbedaan kinerja tim sales, tuntunlah tim sales yang memiliki prestasi lebih rendah dalam penjualan untuk mengikuti cara tim-tim yang sukses dalam menjual lebih banyak. 

Gambaran data prospek lebih sempurna; Mengidentifikasi siapa yang memenuhi syarat prospek berkualitas adalah tahap awal yang layak dilakukan oleh perusahaan untuk melanjutkan proses. 

Menganalisa keterlibatan dan jangkuan pelanggan;

Perusahaan tentu mengharapkan informasi sebanyak mungkin tentang keterlibatan dan jangkauan pelanggan terhadap produk maupun perusahaan. Misalnya seperti apakah pelanggan datang dari situs, media sosial atau metode marketing lainnya. Data-driven marketing disini dapat membantu tim sales untuk melakukan pendataan yang lebih mudah, sehingga dapat berkolaborasi dengan tim marketing untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih baik dengan memaksimalkan pemasaran.

Menerapkan pemasaran berbasis data berarti memahami data yang sudah Anda miliki dan kumpulkan. Kemudian menganalisis dan menerapkan data ini untuk meningkatkan upaya pemasaran Anda. Dengan kata lain, ini berarti menerjemahkan wawasan data ke dalam keputusan yang dapat ditindaklanjuti yang bermanfaat dalam mengoptimalkan proses pemasaran dan menjawab tuntutan unik dari konsumen.

Kemampuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui personalisasi dan manfaat lainnya yang ditawarkan oleh pemasaran berbasis data, menjadikannya strategi yang tepat sasaran untuk dipilih bagi organisasi mana pun. Khususnya untuk aktivitas pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!