Cara Menjadi Star Seller Shopee 2021

Cara Menjadi Star Seller Shopee

Shopee menjadi salah satu marketplace e-commerce populer dan terlaris di Indonesia, sehingga nama Shopee semakin dikenal oleh banyak orang bukan hanya bagi pembeli namun juga penjual. Sehingga banyak yang mencari cara menjadi star seller shopee yang sukses di tahun 2021 ini.

Sekarang ini ada sangat banyak seller yang telah beralih ke Shopee, tentu ada cukup banyak alasan kenapa Shopee menjadi pilihan utama bila dibandingkan dengan lainnya. Salah satu alasan kuat adalah kemudahan bagi siapapun untuk membuka toko yang disertai program-program yang menguntungkan bagi seller/penjual.

Saya pribadi pun mencoba peruntungan di shopee dan tokopedia melalui toko online banjarmasin yang dimasukkan juga kedalam marketplace shopee dan tokopedia yang bisa Anda lihat dibawah sebagai tempat jual online hp original, gadget dan barang menarik lainnya.

Jual HP Original di Shopee

Jual HP Original di Tokopedia

Jika berbicara tentang program dari Shopee, pasti setiap seller sudah tidak asing lagi dengan Star Seller Shopee. Untuk menjadi anggota Star Seller memang cukup mudah, penjual cukup meningkatkan penjualan dan mempunyai rating dan chat dibalas lebih dari 80 % di bulan sebelumnya.

Untuk memenuhi semua kriteria tersebut, seller dapat melakukan beberapa promo. Adapun untuk membuat promo terdapat BIAYA LAYANAN yang dikenakan setiap seller. Untuk mengetahui lebih jelas dan detail acara menjadi Star Seller Shopee, simak rangkuman dari DuniaTeknologi seperti berikut.

Panduan Cara Menjadi Star Seller Shopee Beserta Syaratnya

Syarat dan Cara Menjadi Star Seller Shopee

Seperti sudah kami sebutkan diatas, ada beberapa syarat yang harus And penuhi jika ingin menjadi Star Seller Shopee. Berikut detail jika Anda salah satu seller di Shopee yang penasaran dengan program Star Seller Shopee.

Apa Itu Star Seller Shopee

Star Seller Shopee adala sebuah apresiasi dari Shopee terhadap penjual yang aktif dan memiliki pelayanan terbaik terhadap setiap pelanggannya. Untuk mengikuti program Star Shopee, pastikan setiap seller sudah memenuhi semua persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pihak Shopee.

Program Star memberikan keuntungan kepada Penjual yang dipilih secara eksklusif oleh Shopee sebagai pengakuan atas penjualan dan layanan Pembeli yang sangat baik. Anda bisa mendapatkan tag Star yang akan ditampilkan di toko dan produk Anda jika menjadi Penjual Star.

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

Ada berbagai keuntungan jika Anda telah menjadi anggota dari Star Seller Shopee, dari sekian banyak pengalaman menjadi Star Seller Shopee memang sangat menguntungkan sekali, berikut ini beberapa keuntungan yang dapat kalian dapatkan.

1. Mendapatkan Kredibilitas toko (kepercayaan pembeli)

Tag Star adalah tanda jaminan untuk kualitas produk dan layanan Anda yang akan ditampilkan di:

1. Bawah foto profil toko
2. Setiap foto produk
3. Setiap halaman produk

2. Mendapatkan “Filter Pencarian Star

Pada halaman kategori atau pada halaman koleksi, Pembeli dapat filter tipe Penjual dengan klik Filter > aktifkan pilihan Star > klik Pakai.

3. Prioritas akses ke program dan fitur baru.

4. Biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA yang lebih rendah.

Lihat informasi lebih lanjut mengenai biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA di sini.

5. Bonus Saldo Iklan 3% (maks. Rp50.000/bulan) untuk setiap top up Saldo Iklan Shopee.

Batas maks. bonus dihitung berdasarkan waktu top up & bonus akan masuk sebelum hari Jumat di minggu berikutnya.

6. Maksimal produk yang dapat diunggah lebih banyak dari Penjual lainnya, yakni hingga 10.000 produk.

Dengan Anda bisa menambah produk ebih banyak tentunya keuntungan maupun omzet yang akan Anda dapatkan akan bertambah.

Syarat Menjadi Star Seller Shopee

Syarat Menjadi Star Seller Shopee

Untuk menjadi Penjual Star Shopee, Anda harus melakukan yang terbaik sebagai Penjual layaknya pelayan melayani raja. Berikut adalah kriteria untuk menjadi Penjual Star Shopee:

  1. Telah membangun rekor penjualan yang kuat
  2. Memberikan layanan Pembeli yang sangat baik
  3. Memenuhi semua pesanan dengan cepat dan andal
  4. Mematuhi kebijakan Penjual Shopee dan tidak memiliki poin penalti
  5. Meraih persentase performa toko dan produk yang tinggi

1. Telah Melakukan Verifikasi Identitas KTP

Cara Menjadi Star Seller Shopee tentunya Anda telah melakukan verifikasi KTP dan sudah disetujui oleh pihak Shopee. Jika belum melakukan verifikasi, maka segera lakukan terlebih dahulu, agar proses lebih mudah dan cepat.

Apabila Anda belum tahu bagaimana cara proses verifikasi silahkan hubungi pusat bantuan atau juga bisa melalui Shopee Seller. Melalui fitur tersebut Anda bisa melakukan verifikasi KTP.

2. Toko Memiliki Presentase Chat Dibalas Tinggi

Untuk syarat kedua pastikan jika toko Anda mempunyai persentasi chat dibalas cukup tinggi, dalam ketentuan pada tahapan ini. Setiap toko harus memiliki presentase lebih dari 75%, sebaiknya masih dibawah angka 80% maka segera perbaiki.

Caranya cukup mudah, seller cukup membalas beberapa chat yang masuk dan usahakan dalam membalas chat dari customer cepat dan ramah. Karena ini bisa menjadi penilain dari pihak Shopee.

3. Toko Memiliki Penilaian Lebih Dari 4.5 Star

Jika toko kalian memiliki rating penilain bagus, maka kesempatan besar menjadi star seller terbuka lebar. Usahkan toko kalian selalu mendapatkan nila ulsan lebih dari 4.5 star.

Agar selalu mendapat nilai tinggi, selalu melayani customer dengan ramah, respon cepat, lakukan packing bagus dan lainnya. Dengan melakukan hal demikian, maka kemungkinan besar customer akan merasa puas dan memberikan nilai tinggi.

4. Toko Memiliki Presentase Produk Pre-order Lebih Dari 20%

Pastikan jika toko kalian memiliki presentase lebih dari 20% selama 5 hari dengan perhitungan hanya dilakukan jika toko kalian memiliki lebih dari 300 produk pada bulan sebelumnya.

Untuk mengetahuinya, kalian semua bisa lihat pada akun toko kalian, silahkan pilih saja riwayat penjualan. Nantinya akan muncul riwayat transaksi yang masuk pada toko kalian.

5. Toko Memiliki Transaksi Berhasil Lebih Dari 30 Pesanan

Lalu untuk syarat yang berikutnya, setidaknya toko telah berhasil melakukan transaksi penjualan lebih dari 30 pesanan pada bulan sebelumnya.

Atau tidak pendapatan bersih yang kalian dapatkan (tidak termasuk biaya lainnya) lebih dari 100 juta pada bulan sebelumnya. Oleh karena itu pastikan jika kalian sudah memenuhi tahap ini.

6. Toko Sudah Melayani Lebih Dari 10 Pembeli yang Berbeda

Setidaknya toko kalian telah melayani lebih dari 10 pembeli yang berbeda-beda, misalnya toko kalian memiliki 100 produk berbeda dan kalian menerima orderan dengan jumlah produk lebih dari 10. Masing-masing produk dipesan oleh orang yang berbeda-beda.

Untuk memenuhi syarat satu ini terbilang mudah, karena akan dihitung perbulannya. Jika toko kalian mempunyai rata-rata penjualan lebih dari 30 setiap bulannya, maka kemungkinan besar pembelinya akan berbeda-beda.

7. Toko Tidak Memiliki Poin Penalti

Untuk syarat menjadi star seller selanjutnya ialah toko tidak memiliki poin penalti alias 0 poin penalti. Oleh karena itu usahakan kalian selalu mematuhi semua kebijakan menjadi seller Shopee.

8. Pastikan Toko Tidak Memiliki Riwayat Pesanan Tidak Wajar

Untuk poin yang terakhir, pastikan seller tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar maupun penyalahgunaan program dari Shopee yang bertujuan untuk kepentingan/keuntungan pribadi.

Cara Menjadi Star Seller Shopee

Cara Menjadi Star Seller Shopee

Setelah melihat beberapa syarat menjadi Star Seller Shopee seperti diatas, lalu kalian sudah memastikan telah memenuhi semua persyaratan. Maka langkah selanjutnya tinggal daftarkan menjadi Star Seller Shopee, lalu bagaimana cara menjadi Star Seller Shopee? Berikut caranya.

  1. Pastikan toko Anda telah memenuhi semua persyaratan
  2. Kemudian cek secara berskala apakah ada notifikasi undangan menjadi Star Seller Shopee
  3. Jika sudah menerima notifikasi, silahkan kalian balas Bersedia
  4. Undangan akan muncul setiap hari Kamis pukul 16.00 WIB

Tips Agar Tetap Menjadi Star Seller Shopee

Tips Agar Tetap Menjadi Star Seller Shopee

Setelah berhasil menjadi Star Seller, maka Anda wajib mempertahankan beberapa kriteria yang telah menjadi ketentuan dari Shopee. Berikut ini beberapa kriteria yang wajib dipertahankan.

  1. Toko memiliki persentase chat dibalas lebih dari 70%
  2. Toko mempunyai penilaian lebih dari 4.5
  3. Toko memiliki persentase dan jumlah produk Pre-order lebih dari 20% selama makssimal 5 hari (perhitungan dilakukan jika ada lebih dari 300 produk Pre-order di toko) dibulan sebelumnya
  4. Toko memiliki minimal jumlah transaksi berhasil sebanyak lebih dari 15 pesanan ataupun pendapatan bersih (tidak termasuk biaya lain-lain) yakni lebih dari 50 juta dibulan sebelumnya
  5. Toko memiliki poin penalti kurang dari 3 poin (alangkah baiknya 0 poin penalti)
  6. Pastikan toko tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan di aktivitas akun atau penyalahgunaan program Shopee demi kepentingan pribadi
  7. Toko melayani lebih dari 9 Pembeli yang berbeda dibulan sebelumnya

Produk yang Dilarang Setelah Menjadi Star Seller Shopee

Produk yang Dilarang Setelah Menjadi Star Seller Shopee

Adapun beberapa barang atau produk yang dilarang setelah menjadi program Star Shopee, berikut detail produknya.

  • Barang, deskripsi produk maupun kemasan mengandung unsur barang palsu atau KW
  • Produk perawatan berupa kecantikan, obat, makanan yang tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  • Produk-produk yang berkaitan dengan kesehatan seperti obat racikan/resep Dokter, obat bius, obat perangsang, obat kuat dan sejenisnya
  • Bukan merupakan produk seperti minuman keras, rokok dan obat-obatan terlarang
  • Produk Share in jar atau produk yang dijual dengan kemasan lain (repack)
  • Produk bermerk yang tidak memiliki izin dari pihak yang berkaitan
  • Barang Bekas
  • Bibit parfum dan parfum oles
  • Produk MLM
  • Lensa kotak yang tidak memiliki izin dari BPOM
  • Voucher fisik
  • Pesanan khusus, nota dan produk pelunasan
  • Jasa yang tidak sesuai dengan kebijakan Shopee

FAQ

Apa Itu Program Star Shopee?

Star Seller Shopee adalah sebuah apresiasi dari Shopee yang ditujukan kepada setiap penjual yang aktif dan memiliki pelayanan terbaik terhadap pelanggannya

Bagaimana Cara Mendapat Notifikasi Undangan Star Seller?

Seller cukup pastikan saja sudah memenuhi semua syarat menjadi Program Star Shopee

Setelah Keluar Program Star Shopee Apakah Dapat Bergabung Kembali?

Bisa, kalian dapat mendaftar kembali dengan cara menghubungi Pusat Bantuan Shopee

Nah itulah pembahasan mengenai syarat dan cara menjadi Star Seller Shopee yang dapat kami sampaikan kepada semua penjual di Shopee. Semoga saja ulasan seperti diatas bisa membantu semua yang sedang membutuhkan.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!