Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Dengan Mudah

cara menyembunyikan aplikasi di android

DuniaTeknologi.Info – Android adalah sistem operasi atau OS kelas dunia, yang sudah digunakan oleh banyak orang. Saat ini, android sudah diaplikasikan di merek-merek HP terkenal yang dapat Anda temukan dengan mudah di pasar elektronik. Diantaranya 5 aplikasi android terbaik 2018 yang sering dipakai juga banyak digunakan orang. Sistem operasi yang satu ini juga memudahkan penggunaanya memakai banyak aplikasi dalam satu ponsel sekaligus. Namun karena alasan privasi, beberapa orang sering mencari cara menyembunyikan aplikasi di android yang mereka miliki.

Biasanya ada beberapa orang yang ingin menyimpan rahasia di aplikasi favoritnya seperti aplikasi SMS, chatting dan media sosial. Hal ini dilakukan supaya aktivitas percakapan pribadinya tidak diketahui oleh orang lain yang sering meminjam maupun melihat android miliknya.

Atau, ada juga yang ingin menyembunyikan aplikasi karena merasa terganggu dengan adanya aplikasi bawaan HP yang dinilai tidak terlalu penting. Aplikasi bawaan android ini sering disebut dengan istilah blotware. Dan beberapa orang menyembunyikan aplikasi di android dengan alasan ingin menyederhanakan jumlah aplikasi yang ditampilkan pada layar android.

Apapun alasannya, sebenarnya menyembunyikan aplikasi di perangkat android merupakan hal yang mudah. Hanya saja beberapa orang belum mengetahui caranya. Bahkan, beberapa launcher pada perangkat android itu sendiri dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi, sehingga Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Lalu bagimana cara menyembunyikan aplikasi di android yang Anda miliki, simak ulasan berikut ini ya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Android

1. Menggunakan Launcher Bawaan Android

Menyembunyikan aplikasi menggunakan launcher ini adalah cara yang paling mudah, karena Anda hanya perlu masuk ke daftar aplikasi yang ada, kemudian menahan ketukan menggunakan jari pada aplikasi yang akan Anda sembunyikan. Ada beberapa launcher yang dapat mendukung Anda untuk menyembunyikan aplikasi. Misalnya Smart Launcher, CM launcher dan beberapa launcher lainnya.

Setelah itu, jika launcher bawaan perangkat android Anda mendukung fitur menyembunyikan aplikasi, maka nantinya akan muncul pilihan sembunyikan aplikasi dan Anda tinggal mengekliknya kemudian selesai. Aplikasi sudah disembunyikan di HP Anda.

2. Menggunakan Aplikasi PrivateMe

Aplikasi PrivateMe ini direkomendasikan karena memiliki segudang fitur yang dapat menyimpan privasi dengan baik. Ini adalah aplikasi kontainer yang dikhususkan untuk perangkat android. Aplikasi ini nantinya akan membuat ruang atau lingkungan tersendiri dan mendukung aplikasi lain tetap berjalan dengan baik meskipun kondisinya di sembunyikan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi PrivateMe ini tanpa perlu melakukan root HP terlebih dahulu. Dan kabar baiknya adalah aplikasi ini sangat compatible terhadap hampir semua jenis perangkat android. Tidak memandang apakah android yang Anda miliki adalah keluaran jenis terbaru maupun keluaran lama. Biasanya android yang memiliki processor jenis ice cream, jelly bean, lillipop, kitkat, dan marshmallow dapat menjalankan aplikasi ini dengan baik. Berikut ini caranya.

  • Download dan install aplikasi PrivateMe di Google Play Store, kemudian buka dan tap tanda + yang ada di bagian kanan atas, lalu pilih menu Hide Local Apps.
  • Arahkan dan pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Sebagai catatan aplikasi yang Anda pilih nantinya seolah di-uninstall dari sistem, namun Anda tetap bisa menjalankan fungsi aplikasi tersebut melalui aplikasi PrivateMe.
  • Selesai, Anda juga bisa mencoba beberapa pengaturan lain yang ada di aplikasi ini.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, maka Anda bisa memahami dengan mudah bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di android. Sebagai tambahan, jangan lupa juga untuk mempelajari bagaimana cara mengembalikan aplikasi yang Anda sembunyikan agar dapat ditampilkan lagi seperti semula, Anda bisa mempelajarinya dengan cara browsing melalui internet. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

About the Author: Andi Setiawan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!