15 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Cara merawat laptop

DuniaTeknologi.Info – Tidak semua orang mengetahui bagaimana cara merawat laptop agar awet dan tahan lama. Kebanyakan malah mengabaikan masalah ini, dengan alasan harga laptop yang semakin murah sehingga kalau rusak tinggal beli yang lain.

Sebenarnya tidak ada yang salah. Namun kalau dihitung-hitung, jika laptop kita terus terjaga kesehatannya, berapa banyak budget yang bisa dihemat atau dialokasikan untuk kebutuhan yang lain? Nah, karena itulah cara merawat laptop yang benar adalah hal penting yang harus diketahui. Dengan pengetahuan akan hal ini, maka kerusakan laptop bisa diperlambat atau bahkan bisa dihindari.

Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar

Berikut ini 5 cara merawat laptop yang bisa Anda lakukan dalam upaya merawat laptop agar tahan lama. Cara ini bisa diterapkan pada semua mereka laptop seperti HP, Lenovo, Acer, Asus Rog ataupun laptop gaming lainnya.

 

1. Gunakan Tas yang tepat

Bagi para pelajar dan mahasiswa yang sering membawa laptop di dalam tas, utamakan tas yang digunakan sudah tepat. Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop. Gunakan tas yang ada penutup tas dari hujan Agar laptop anda tetap terlindungi dari luar dan dalam.

2. Hindari Makan dan Minum didekat Laptop

Buat Anda suka ngemil, perhatikan hal ini ya.. Hindarilah makan dan minum dekat laptop, karena cairan dan makanan yang tidak sengaja tumpah dan mengenai keyboard dan masuk ke komponen yang dapat mengganggu jalannya laptop.

3. Hindari Meletakkan Laptop di Lantai

Anda harus hindari meletakkan laptop bersentuhan langsung dengan lantai jika Anda ingin cara merawat laptop agar tahan lama. Banyak debu yang beterbangan yang memungkinkan akan masuk ke dalam laptop. serta jauhkan dari jangkauan dari anak kecil dan binatang peliharaan. Resiko terinjak akan sangat besar.

4. Jangan Gunakan Laptop Anda Untuk Bermain Game

Ini khusus untuk laptop non-gaming yang peruntukannya memang bukan untuk nge-game. kalau berniat membeli laptop untuk main game, maka belilah laptop yang spesifikasinya memang mendukung untuk kegiatan tersebut. Anda bisa memilih Asus ROG, atau juga laptop-laptop gaming lainnya.

Nah jika laptop Anda bukanlah laptop gaming, maka sangat dianjurkan agar Anda tidak menggunakannya untuk bermain game. Kalau memang tidak bisa menghentikan kebiasaan bermain game di laptop, maka mainkan hanya gamegame ringan yang tidak terlalu memaksa laptop untuk bekerja lebih berat.

Game yang berat bisa membuat komponen pembentuk laptop menjadi overheat. Kebiasaan nge-game ini jualah yang sebenarnya merupakan penyebab utama rusaknya baterai laptop.

5. Hindari Penggunaan di Atas Kasur

Ini mungkin terdengar sepele, namun jika dibiasakan, maka akan menyebabkan hal yang sama dengan kebiasaan bermain game di laptop. Menaruh laptop dan menggunakannya di atas kasur, dapat menyebabkan sirkulasi udara dari dalam bodi laptop tidak berjalan lancar. Hal ini akan membuat suhu panas akan menyerang perangkat keras yang ada di dalam body laptop itu sendiri.

Kalau Anda memang merasa sangat nyaman untuk bekerja dengan laptop di atas kasur, maka cara merawat laptop pada kondisi ini ialah dengan melapisi bagian bawah laptop dengan papan atau sejenisnya. Intinya jangan letakkan laptop secara langsung di atas kasur.

6. Bersihkan Keyboard Dan Layar Laptop Secara Rutin

Hal ini yang sering sekali dilakukan oleh pemiliki laptop, membiarkan laptop dalam keadaan kotor itu berarti memperpendek umur laptop. Usahakan secara rutin bersihkan layar dan keyboard laptop anda.

Keyboard dan LCD merupakan 2 komponen laptop yang harganya lumayan mahal. Kalau tidak ingin mengeluarkan biaya banyak untuk perbaikan atau penggantian kedua komponen ini, maka tidak ada cara lain selain merawatnya.

Caranya bisa dengan membersihkan keduanya dengan pembersih LCD dan keyboard khusus, atau juga dilapisi dengan screen dan keyboard protector. Harga pelindungnya juga tidak terlalu mahal, pengalaman kami bahkan tidak sampai ratusan ribu.

7. Jangan Sembarangan Mengunduh File Atau Aplikasi di Internet

Salah satu manfaat dari adanya jaringan internet adalah kita bisa mengunduh apapun yang kita inginkan hanya dengan sekali klik. Namun tunggu dulu, jangan sembarangan mengunduh.

Sebelum mengunduh, pastikan bahwa file atau aplikasi tersebut terbebas dari virus. Atau agar laptop Anda lebih kebal dari serangan virus, coba download dan install-kan aplikasi antivirus.

8. Hindari Penggunaan Laptop Yang Terlalu Lama

Laptop memang memiliki peran yang sangat penting untuk membantu kita dalam mengerjakan tugas sekolah ataupun pekerjaan kantor. Saking asiknya, kita kadang lupa bahwa laptop telah kita paksa untuk bekerja berjam-jam. Ada juga orang yang sering membiarkan laptopnya terus menyala selama 24 jam lebih. Ini sebenarnya tidak boleh dilakukan jika ingin laptop tersebut tidak cepat rusak.

Menyalakan laptop terlalu lama secara nonstop tentu bukannlah hal yang baik. Hal itu dapat membuat laptop anda overheat dan mengakibatkan daya tahan laptop semakin berkurang. Ada baiknya anda gunakan cool pads, untuk membuat suhu laptop anda tetap stabil.

Nah, jika memang pekerjaan menuntut kita untuk bekerja di depan laptop selama berjam-jam. Sebaiknya istirahatkan laptop setiap 1 atau 2 jam selama beberapa menit. Setelah dingin, baru nyalakan dan gunakan laptop untuk bekerja.

9. Jangan menaruh barang berat pada laptop

Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh kita. Padahal hal tersebut sangat fatal dan mengakibatkan kerusakan pada layar dan komponen lainnya.

10. Bersihkan Optical Drive laptop

Harus kita ketahui tempat bersarangnya debu lainnya adalah Optical Drive/DVD ROM. Jangan lupa untuk membersihkan debu-debu yang menempel didalamnya secara rutin.

11. Jangan gunakan koneksi internet saat hujan lebat

Pada umumnya setiap koneksi internet mempunyai pengaruh pada cuaca. Jika jaringan komputer tersambar petir hal tersebut juga berdampak pada laptop anda.

12. Matikan laptop sesuai dengan ketentuan

Jangan matikan laptop anda denagn cara menekan tombol power, usahakan matikan sesuai dengan ketentuannya.

13. Jangan gunakan laptop sampai baterai kosong hingga 0%

Hal tersebut bakal memperpendek umur baterai laptop. Jadi jika laptop hampir benar benar low usahakan lekas charger kembali.

14. Atur tingkat kecerahan layar monitor

Gunakanlah kecerahan yang anda rasa nyaman dilihat. Jika kita gunakan kecerahan secara berlebihan, hal tersebut akan membuat daya baterai laptop cepat turun.

15. Gunakan alas permukaan yang datar

Hal ini juga sangat penting, ketika laptop menyala otomatis piranti didalamnya akan berputar. Terlebih jika laptop dalam kondisi miring, dikhawatirkan piranti yang berputar dapat menggores komponen didekatnya. Hal tersebut sangat beresiko untuk laptop anda.

Demikianlah cara merawat laptop agar tidak lemot atau tidak cepat rusak. Cara-cara di atas cukup simpel sehingga bisa langsung Anda terapkan sekarang juga.

About the Author: Kontenmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!