Cara mudah dan efisien menginstal XAPK di ponsel Android!

Ingin membuka XAPK di ponsel Android Anda tetapi tidak tahu caranya? Jangan khawatir, di sini Anda akan menemukan cara menginstal XAPK di Android dengan mudah, cepat dan lengkap.

Secara umum diketahui bahwa format file aplikasi Android adalah APK. Namun masih ada format lain yang bisa digunakan untuk menginstal aplikasi Android yaitu XAPK.

XAPK biasanya ditemukan saat Anda mencari aplikasi atau game Android dari Internet. Hal ini dikarenakan game atau aplikasi yang kita cari tidak tersedia di Google PlayStation.

Anda dapat dengan mudah dan gratis mengunduh aplikasi dan game yang tidak ada di Google PlayStation dengan file XAPK di Internet.

Apa itu XAPK?

Sebelum masuk ke pembahasan cara install XAPK, ada baiknya kita pahami dulu apa itu XAPK dan cara kerjanya.

XAPK adalah aplikasi atau penginstal game Android berformat APK yang dipasangkan dengan file OBB.

OBB adalah kumpulan file pendukung atau data tambahan yang harus dijalankan oleh suatu aplikasi. Inilah sebabnya mengapa XAPK selalu lebih baik daripada file APK rata-rata.

Ini ditujukan bagi pengguna Android untuk menginstal aplikasi atau game karena file OBB akan dimuat secara otomatis saat Anda menginstal XAPK.

Bagaimana cara menginstal XAPK di ponsel Android

Meskipun pada dasarnya ditujukan untuk menginstal aplikasi tanpa memindahkan file XAPK OBB, Anda dapat membuka file XAPK suatu hari nanti jika Anda membutuhkannya OBB.

Anda dapat memutuskan metode mana yang ingin Anda gunakan. Apakah Anda ingin menginstal XAPK secara otomatis atau ingin membuka XAPK secara manual.

1. Pemasang XAPK

Cara instal xapk di hp android

XAPK Installer adalah aplikasi yang secara otomatis menginstal file XP di ponsel Android. Meskipun aplikasi ini kecil dan sederhana, installer XAPK dapat dengan cepat membuka file XAPK di ponsel Android.

Cara Menginstal XPK di Ponsel Android

  1. Unduh aplikasi penginstal XAPK disini.
  2. Kemudian instal aplikasi di ponsel Android Anda.
  3. Jalankan aplikasi, lalu berikan izin yang diperlukan.
  4. Aplikasi ini kemudian akan secara otomatis mendeteksi XAPK di ponsel Anda.
  5. Sentuh opsi instalasi pada file XAPK yang Anda cari.
  6. Kemudian instalasi XAPK akan dimulai.
  7. Jika sudah selesai, XAPK sudah terinstall.
  8. Selesai.

File OBB dengan langkah-langkah secara otomatis dimuat untuk menginstal XAPK di atas. Jadi, Anda sekarang dapat menjalankan game atau aplikasi. Tidak begitu mudah?

2. Cara membuka file XAPK secara manual

Cara menginstal xapk secara manual

Cara manual sering digunakan ketika ingin mengekstrak isi file XAPK. Ini karena memisahkan file XAPK menjadi file APK dan folder OBB.

Cara menginstal XAPK secara manual

  1. Cari file XAPK melalui aplikasi File Manager.
  2. Beri nama atau konversi format file XAPK ke Zip.
  3. Kemudian ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi ZArchiver.
  4. Buka folder Ekspor.
  5. Anda kemudian akan menemukan file APK dan folder OBB.
  6. Instal APK, misalnya APK game PUBG.
  7. Kemudian pindahkan folder OBB ke folder Android/OBB.
  8. Selesai, Anda telah berhasil menginstal XAPK secara manual.

Pastikan Anda memindahkan folder OBB ke folder yang benar. Pasalnya, jika OBB tidak berada di tempat yang tepat, Anda perlu mengunduh file pendukung atau data tambahan.

Mengapa XAPK tidak dapat diinstal

Cara menginstal XAPK sangat sederhana tetapi beberapa orang masih memiliki beberapa masalah. Berikut adalah beberapa masalah dan ulasan untuk menyelesaikannya

1. Instalasi gagal.

Jenis kesalahan ini umumnya disebabkan oleh ketidakmampuan untuk memuat dari sumber yang tidak dikenal. Untuk mengaktifkan opsi ini, Anda harus masuk ke fitur keamanan di menu Pengaturan Ponsel Android.

2. File XAPK rusak

File XAPK yang rusak tidak akan berfungsi, Anda bahkan tidak akan dapat menginstalnya. Hal ini dikarenakan file XAPK tidak stabil saat mendownload file XAPK yang rusak saat mendownload file XAPK.

3. Memori penuh

File XAPK umumnya berukuran lebih besar karena sudah memiliki folder OBB atau informasi tambahan. Jadi sebelum menginstal XAPK di ponsel Android Anda, pastikan penyimpanannya masih cukup besar.

4. Tidak mengaktifkan sumber lain.

Jika Anda ingin menginstal atau menginstal aplikasi di luar PlayStation, Anda harus mengaktifkan fitur Sumber Tidak Dikenal di pengaturan Android. Atau Anda bisa membaca artikel cara mengatasi aplikasi unloaded karena alasan lain.

Nah itulah beberapa cara install XAPK di HP Android kamu. Kami berharap dengan informasi di atas Anda dapat mengunduh file XAPK ke ponsel Android Anda tanpa masalah.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!