Cara Pasang SSD Laptop yang Benar Dengan Mudah dan Work 100%

Cara Pasang SSD Laptop yang Benar Dengan Mudah dan Work 100%

Laptop Anda sering mengalamai penurunan performa. Sering lambat dan lelet saat buat kerja? Ini sinyal-sinyal bahwa hardisk Anda bermasalah. Saatnya ganti SSD dan rasakan speed (kecepatan) SSD yang luar biasa. Speed SSD puluhan kali lebih cepat dari hardisk biasa. Tetapi Anda perlu tahu bagaimana cara pasang SSD laptop yang tepat.

Apakah SSD laptop itu? SSD laptop adalah SSD yang terpasang di laptop sebagai media penyimpanan internal. Sehingga membantu pekerjaan Anda lebih cepat, efektif dan efisien.

Mau tahu bagaimana cara pasang SSD pada laptop yang benar? Simak panduannya dalam artikel ini hingga selesai agar Anda tidak gagal paham.

Cara pasang SSD laptop 

Sebagai orang yang setiap hari bekerja di depan laptop, Anda memerlukan laptop yang punya performa cepat, hAndal, speed dewa dan tahan panas. Maka, solusinya Anda perlu beralih dari hardisk ke SSD.

Tetapi terkadang Anda merasa bingung bagaimana cara pasang SSD laptop yang benar?

Tenang saja, Anda akan belajar bagaimana cara memasang SSD pada laptop Anda dengan mudah dalam artikel ini.

Walaupun Anda tidak punya keahlian dasar bongkar pasang laptop, Anda punya peluang untuk bisa memasnag SSD laptp Anda sendiri. Buktikan!

Mengapa upgrade ssd laptop 

Anda perlu mengupgrade penyimpanan laptop Anda dari hardisk ke SSD. Mengapa peru upgrade ke SSD?

Agar laptop Anda performanya naik dan meningkat.

Sehingga pekerjaan Anda cepat selesai dalam waktu singkat saja.

Mengenal apa itu ssd pada laptop 

SSD merupakan temuan teknologi penyimpanan data dan informasi terbaru. Sehingga rugi sekali bila Anda tidak memanfaatkannya. Secara umum komputer dibagi menjadi dua:

Personal Computer PC

PC atau Personal Computer yaitu komputer yang terdiri dari desktop dan CPU.

Desktop merupakan alat yang berfungsi untuk menampilkan apa yang ada di dalam sistem komputer atau CPU. Sedangkan CPU ringkasan dari Central Processing Unit. 

Merupakan  kumpulan berbagai macam hardware. Mulai dari processor, memori grafis, dan hardware yang lainnya. Semua terbentuk menjadi satu sistem yang  mampu memproses input menjadi data yang bermanfaat untuk pengguna.

Laptop atau notebook

Notebook atau laptop merupakan temuan dari perkembangan CPU terbaru. Sehingga dengan memanfaatkan laptop Anda bisa bekerja dari manapun, kapanpun Anda mau.

Laptop cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Sehingga Anda bisa membawa pekerjaan Anda tanpa kendala, tempat dan waktu.

Fungsi ssd laptop 

Salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop adalah media penyimpanan (storage). Orang menggunakan media penyimpanan bagi laptop dengan hardisk. Harddisk dikenal dan digunakan selama puluhan tahun hingga sekarang.

Baru-baru ini telah ditemukan media penyimpanan yang lebih efektif, cepat tanpa gangguan (noise) karena tanpa menggunakan piringan magnetis. Orang mengenalnya dengan SSD. 

Fungsi SSD pada laptop  sama dengan fungsi hardisk. Yaitu sebagai media penyimpanan data dan informasi.

Menyimpan software yang terinstal di dalamnya. Kelebihan SSD mampu melakukan proses puluh. Akhirnya Anda lebih produktif dalam bekerja.

Mengapa perlu beralih dari HDD ke SSD

Adakalanya performa laptop Anda menurun drastis. Sehingga pekerjaan semakin menumpuk dan terbengkalai. Saat dalam kondisi seperti ini, maka Anda perlu mencari solusi terbaik.

Salah satunya adalah mengganti hardisk dengan SSD. Mengapa perlu mengganti hardisk menjadi SD? berikut alasannya:

  1. Waktu booting  SSD  jauh lebih cepat dibanding menggunakan hardisk biasa
  2. Data dan informasi lebih aman dan terlindungi
  3. Proses pemasangan  sangat mudah

Langkah penting sebelum berpindah dari hardisk ke SSD adalah dengan memindahkan semua data penting dari hardisk ke SSD.

Harga upgrade ssd laptop 

Bila Anda ingin bekerja lebih efisien, efektif dan produktif. Anda bisa segera beralih ke SSD. Peralihan dari hardisk ke SSD memerlukan biaya, waktu dan tenaga. Jika Anda bisa melakukannya sendiri, maka tentu lebih baik lagi.

Tetapi jika Anda tidak punya basik teknik membongkar laptop, tentu beresiko dan berpeluang merusak laptop Anda. Nggak mau kan, maunya hemat tetapi malah merugi?

Untuk meng-upgrade  laptop Anda ke SSD ada beberapa tahapan yang perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan laptop Anda kompatibel dengan SSD
  • Cek harga SSD
  • Anda bisa datang ke service center laptop terdekat untuk memperoleh informasi harga SSD terbaik. Pahami jenis-jenis SSD yang support dan compatible dengan laptop Anda.
  • Cari tukang service laptop terpercaya

Berapa biaya dan Harga upgrade SSD laptop ? Biaya dan harga SSD dan pemasangan bervariasi. Tergantung seberapa besar nilai kapasitas SSD yang akan Anda gunakan.

Semakin tinggi spesifikasinya, semakin mahal harganya. Bila Anda merasa tidak mampu memasang SSD sendiri ke laptop Anda bisa mencari jasa service laptop. Pastikan mereka adalah orang terpercaya.

Cara pasang SSD laptop 

Bila Anda merasa mempunyai skill teknik membongkar laptop, Anda bisa mencoba memasang SSD sendiri. Pastikan Anda memperoleh SSD dengan spesifikasi yang cocok dengan laptop Anda.

Cek apakah SSD kompatibel dengan laptop Anda. 

Bisakah laptop hdd diganti dengan SSD? Jawabannya bisa. Berikut tahapan cara pasang SSD di laptop dengan mudah:

  1. Lepaskan kabel daya dari power supply
  2. Biasanya laptop selalu terhubung dengan sumber daya menggunakan kabel. Maka Anda perlu memastikan bahwa laptop Anda sudah terlepas dari sumber daya.
  3. Lepas baterainya.
  4. Buka casing laptop Anda
  5. Anda bisa menggunakan obeng  untuk membuka baut yang terdapat pada laptop.
  6. Pastikan semua baut sudah terlepas.
  7. Lepaskan hardisk lama
  8. Caranya pun mudah lepas kabel soket.  Lepas baut yang mengikat hardisk dengan body laptop.
  9. Lepaskan dalam pemasangan penyangga hardisk pasangkan pada SSD baru
  10. Masukkan SSID ke laptop Anda. Kuatkan dengan sekrup.
  11. Pasang kembali baterai yang tadi sempat Anda lepas

Tara! SSD sudah terpasang ke laptop Anda. Berikutnya, Anda bisa memasang batery laptop pada tempatnya. Hidupkan laptop Anda. Maka, Anda akan merasakan beda antra mengunakan penimpanan hardisk dan SSD. Nah jika Anda ingin membeli ssd ada artikel kami mengenai merk ssd terbaik yang bisa Anda baca sebelum membeli.

Akhir kata

Mengganti storage hardisk laptop Anda dengan SSD adalah solusi terbaik agar laptop Anda speednya kenceng dan bandel. Dalam artikel ini Anda sudah belajar bagaimana cara pasang SSD laptop dengan benar. Selanjutnya, Anda bisa bereksperimen sendiri untuk mengganti hardisk dengan SSD. Memasang SSD sendiri, tentu membuat Anda lebih hemat biaya.

Recommended For You

About the Author: Abidaril Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!