CodeGuru, Machine Learning dari Amazon yang Bisa Review Kode

CodeGuru, Machine Learning dari Amazon yang Bisa Review Kode

CodeGuru, Machine Learning dari Amazon yang Bisa Review Kode – Dalam dunia teknoogi yang serba canggih seperti sekarang berbagai kemudahan telah disediakan. Kini salah satunya Amazon Web Services (AWS) telah merilis machine learning-nya yang disebut CodeGuru. Machine learning ini bisa membantu para developer ‘merampingkan’ aplikasi rancangannya dan meningkatkan kualitas kodenya.

AWS hari ini mengumumkan bahwa CodeGuru, seperangkat alat yang menggunakan pembelajaran mesin untuk secara otomatis meninjau kode untuk bug dan menyarankan potensi optimasi, sekarang umumnya tersedia. Alat diluncurkan ke pratinjau di AWS re: Invent Desember lalu.

CodeGuru terdiri dari dua alat, Reviewer dan Profiler, dan nama-nama itu menggambarkan apa yang mereka lakukan. Untuk membangun Reviewer, tim AWS sebenarnya melatih algoritme dengan bantuan kode dari lebih dari 10.000 proyek sumber terbuka di GitHub, serta ulasan dari basis kode internal Amazon sendiri.

“Bahkan untuk organisasi besar seperti Amazon, sangat menantang untuk mempunyai cukup pengembang yang berpengalaman dengan waktu luang yang cukup untuk melakukan tinjauan kode, mengingat jumlah kode yang ditulis setiap hari,” perusahaan mencatat dalam pengumuman hari ini. “Dan bahkan pengulas yang paling berpengalaman pun akan melewatkan masalah sebelum berdampak pada aplikasi yang dihadapi pelanggan, yang mengakibatkan masalah bug dan kinerja.”

Layanan ini terdiri atas Amazon CodeGuru Reviewer, sebuah pemindai bug yang berjalan bersamaan ketika mereview kode, dan CodeGuru Profiler, alat yang bisa mengidentifikasi tiap baris kode dan membantu mendeteksi penyebab penggunaan CPU yang berlebih.

AWS merilis preview-nya pada bulan Desember tahun lalu, dengan tujuan membantu pelanggannya dalam mengotomatisasi proses pengecekan kode, menemukan bug, dan menyarakan perbaikan kode sebelum aplikasi diluncurkan ke pengguna.

Untuk pemakaian layanan ini, AWS menyediakan trial CodeGuru secara gratis selama 90 hari, selanjutnya, pengguna diminta membayar USD 0,50 (sekitar Rp 7.200) untuk memeriksa 100 baris kode.

CodeGuru Profiler dihitung berdasarkan penggunaan per jam, dengan biaya USD 0,005 (sekitar Rp 72,15) per jam. Alat ini bakal berguna bagi para developer dengan kode yang kurang efisien dalam penggunaan CPU.

CodeGuru Reviewer merupakan model machine learning yang telah dilatih dengan lebih dari 10.000 projek open source pada GitHub, termasuk kode milik Amazon sendiri.

Untuk menggunakannya, developer bisa mengunggah kodenya ke GitHub atau repository lain, lalu menambahkan Amazon CodeGuru Reviewer sebagai salah satu code reviewers.

AWS mengklaim machine learning-nya bisa mengidentifikasi bug dan isu-isu lainnya dengan tingkat akurasi yang tinggi.

CodeGuru juga menyediakan dashboard dengan informasi tentang hasil review kode, jumlah baris yang dianalisa, serta rekomendasi perbaikan kode yang bisa diimplementasikan atau diabaikan oleh pengguna atau user.

Layanan CodeGuru saat ini baru tersedia di beberapa negara: Virginia Utara, Ohio, Oregon, Ireland, London, Frankfurt, Stockholm, Sidney, Singapura, dan Tokyo. AWS berencana untuk mengumumkan negara-negara lain dalam beberapa bulan ke depan.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!