Cubi 2 Mini PC Perdana MSI, Berprosesor Intel Terbaru Kaby Lake

DuniaTeknologi.infoProsesor terbaru Intel sudah lama ditunggu-tunggu namun tidak kunjung diumumkan juga, prosesor yang akan menjadi generasi ke-7 itu hingga saat ini memang  tak kunjung diumumkan oleh Intel. Prosesor yang akan menyandang kode penamaan sebagai Kaby Lake tersebut rumornya sudah banyak terdengar di internet, bocoran mengenai detail dari beberapa varian prosesor generasi ke-7 tersebut sudah beredar beberapa waktu yang lalu.

MSI Usung Prosesor Kaby Lake untuk Komputer Terbaru

Setelah banyak rumor beredar, kini ada juga salah satu pabrikan komputer yang akhirnya benar-benar memperkenalkan perangkat komputer terbaru mereka dengan prosesor Kaby Lake besutan Intel generasi ke-7 tersebut.
Sebagaimana yang telah diberitakan oleh Tom’s Hardware beberapa waktu yang lalu, MSI resmi mengumumkan perangkat komputer terbaru buatan mereka yang mengusung prosesor generasi ke-7 Intel, yaitu Kaby Lake. Perangkat komputer tersebut sendiri diberi nama Cubi 2. 
 
Komputer Cubi 2 ini unik dan tidak seperti perangkat komputer pada umumnya, MSI mendesainnya dengan ukuran yang kecil, sehingga bisa dikatakan bahwa Cubi 2 adalah sebuah mini PC. Dimensi Cubi 2 sendiri memiliki panjang 147,9 mm, lebar 155,3 mm dan memiliki ketebalan 58,6 mm.
Bobot Cubi 2 pun terbilang cukup ringan, Cubi2 memiliki bobot hanya sekitar 390 gram saja. Penamaan Cubi 2 sendiri menurut kami cukup unik karena Cubi 2 mengingatkan kita pada kata Chuby (tembem), jadi mungkin nama ini cocok untuk komputer mini PC.
Dapur pacu Cubi 2 sendiri mengusung prosesor Intel Kaby Lake yang diklaim lebih hemat daya, Prosesor ini sendiri terdiri dari tiga varian, mulai dari Core i3 7100U, Core i5 7200U dan Core i7 7500U. Untuk ukuran RAM yang dapat dipadukan pada komputer mini Cubi 2 sendiri bisa hingga berukuran 32GB.

Cubi 2 mini PC Hadir dengan Spesifikasi serba Ada

Soal penyimpanan pun mini PC Cubi 2 ini tergolong praktis, karena sudah terdapat slot SATA dan M.2 untuk penggunaan SSD yang super ngebut. Dari spesifikasi, Cubi 2 nampaknya khusus ditujukan untuk menunjang aktivitas pekerja kantoran ataupun digunakan untuk aktivitas multimedia yang ringan. Hal ini ditunjukkan oleh penggunaan Intel HD 620 sebagai pengolah grafisnya, yang mana Intel HD 620 mampu menyuguhkan musik video maupun film hingga resolusi 4K.
Slot yang digunakan pada Cubi 2 ada dua, yakni slot HDMI dan Mini DisplayPort, Ada juga port USB 3.1 sebanyak tiga buah, satu buah port USB 3.1 tipe C. Dan tidak ketinggalan teentunya juga ada port Gigabit Ethernet serta konektivitas WiFi Intel Wireless AC 3168. Cubi 2 juga sudah dilengkapi dengan konektifitas Bluetooth untuk transfer data tanpa kabel dan internet dengan lebih mudah.
Berbicara soal Harga, MSI tidaklah memasang harga yang terlalu mahal bagi konsumen untuk dapat membawa pulang seperangkat Cubi 2 ini. Untuk varian dengan prosesor Intel Core i3 Cubi 2 dibanderol mulai dari US$ 299 atau sekitar Rp 3,9 Juta. Sedangkan untuk Cubi 2 varian lebih tinggi dengan prosesor Intel Core i5 MSI memasang harga mulai dari US$ 379 atau sekitar Rp 5 Juta, dan untuk  Intel Core i7 US$ 499 atau sekitar Rp 6,5 Juta Saja.
Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan komputer dengan Prosesor Generasi ke-7 yang merupakan generasi terbaru dari Prosesot Intel, maka Cubi 2 dengan Prosesor Kaby Lake mungkin bisa Anda jadikan salah satu alternatif pilihan. [DT]

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!