Di tahun 1918 foto siswa berlatih di depan sekolah, netizen: pasti ketahuan

Para siswa ini memadukan gaya lokal dan Eropa.

1918-1919 Foto siswa berlatih di depan gedung sekolah. (Perpustakaan Universitas Leiden melalui Facebook Indonesia Tempo Doloi)

Duniateknologi.info – Foto jadul memiliki nilai sejarah tersendiri bagi generasi selanjutnya. Di tahun Sebuah foto lama siswa yang berlatih pada tahun 1918 telah menarik perhatian netizen.

Seorang pengguna Facebook dengan nama akun Wouter Nasiboe membagikan foto hitam putih itu kepada Tempo Doloye Indonesia.

Foto siswa yang memakai sarung dengan rumbai di atasnya sangat keren. Mereka datang bersama dengan seorang manajer strategi Eropa.

Pengguna Facebook mengunggah ulang arsip yang tersimpan di situs web Perpustakaan Universitas Leiden.

Praktikum Landmeten ber opleren van de Opleidingsschool voor Inlandse Ambtenaren (OSVIA) di Madioen. [Kegiatan Praktikum oleh siswa Sekolah Pelatihan Pegawai Negeri Sipil (OSVIA) di Madiun]”Membaca pernyataan di halaman perpustakaan online Perpustakaan Universitas Leiden.

1918-1919 Foto siswa jadul yang berlatih di depan gedung sekolah.  (Perpustakaan Universitas Leiden melalui Facebook Indonesia Tempo Doloi)
1918-1919 Foto siswa jadul yang berlatih di depan gedung sekolah. (Perpustakaan Universitas Leiden melalui Facebook Indonesia Tempo Doloi)

Foto itu diambil antara tahun 1918 dan 1919. Meski belum diketahui secara pasti lokasi bangunan tersebut, namun informasi dari perpustakaan online menyebutkan bahwa lokasinya berada di Madiun.

Gedung OSVIA mirip dengan gedung OSVIA di Probolingo dan Magelang. Dikutip dari Wikipedia: OSVI adalah sekolah pendidikan bagi para pekerja Bumiputra yang masuk pada masa Hindia Belanda.

Setelah lulus, ia dipekerjakan sebagai pegawai negeri kolonial. Sekolah ini termasuk dalam Sekolah Menengah Keterampilan dan mempelajari masalah administrasi publik. Siswa yang diterima biasanya berusia antara 12 dan 16 tahun.

1918-1919 Foto siswa berlatih di depan gedung sekolah.  (Perpustakaan Universitas Leiden)
1918-1919 Foto siswa berlatih di depan gedung sekolah. (Perpustakaan Universitas Leiden)

Banyak jaringan menganggap penampilan siswa terlalu istimewa. Bagaimana tidak, mereka memadukan pakaian tradisional dengan gaya Eropa. Postingan foto lama ini pun menuai reaksi beragam dari netizen.

Yang tengah terlihat seperti Bertrand Petokata Ann *** sebagai *** f.

Karena mereka termasuk orang kaya pada waktu itu. Wajahnya bersih dan rapi” dan *** son M *** de berkomentar.

1918-1919 Foto siswa jadul yang berlatih di depan gedung sekolah.  (Perpustakaan Universitas Leiden melalui Facebook Indonesia Tempo Doloi)
1918-1919 Foto siswa jadul yang berlatih di depan gedung sekolah. (Perpustakaan Universitas Leiden melalui Facebook Indonesia Tempo Doloi)

Tebak kenapa topinya aneh. Masih pakai blanko di dalamnya, ya. Di luar, topi gaya Eropa, sangat bagusPuri***ngd***g opini.

Baju dan sarungnya bagusjawab Ha***fi.

Kalau menurut kalian lucu, ya. Memakai jas dasi/beskap tapi tetap kain dan celana dalam (tanpa sepatu). Apakah memang ada regulasi dari pihak penjajah atau karena faktor budaya?” kata Suan.*** Itu foto jadul siswa di depan sekolah tahun 1918, bagaimana menurutmu?

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!