Doa Mencari Keberkahan Rezeki Usai Membaca Surat Al Waqiah

Surat Al Waqiah

Setiap manusia mempunyai rezekinya tidak sama dan tak akan tertukar. Jalan yang ditempuh untuk mendapatkan rezeki pun berbeda-beda. Ini Doa Mencari Keberkahan Rezeki Usai Membaca Surat Al Waqiah.

Dalam Islam, terdapat amalan yang dianjurkan agar rezeki terus mengalir. Bahkan bisa datang dari mana saja dan jumlahnya melimpah.

Salah satu amalan tersebut yaitu membaca Surat Al Waqiah di pagi atau sore hari. Surat ini dapat menjadi pengantar agar Allah SWT melancarkan rezeki kita.

Riwayat Hadis Surat Al Waqiah

Dalam Alquran, ada beberapa surat istimewa. Salah satunya Al Waqi’ah artinya Hari Kiamat. Para ulama mengatakan keutamaan membaca surat ini akan dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

Surat ini termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, dijelaskan Abu Ishaq telah meriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa sahabat Abu Bakar pernah bertanya, “Wahai Rasulullah, engkau kelihatan telah beruban.

” Rasulullah Saw menjawab: Telah membuatku beruban surat Hud, surat Al-Waqiah, surat Al-Mursalat, surat An-Naba, dan surat At-Takwir”. Imam Turmuzi telah meriwayatkan hadis ini, dan ia mengatakan bahwa predikat hadis ini hasan garib.

Al-Hafiz ibnu Asakir telah mengatakan dalam biografi Abdullah ibnu Masud lengkap dengan sanadnya sampai kepada Amr ibnur Rabi ibnuTariq Al-Masri, telah menceritakan kepada kami As-Sirri ibnu Yahya Asy-Syaibani, dari Abu Syuja, dari Abu Zabyah yang mengatakan bahwa Abdullah ibnu Masud dalam sakitnya yang mengantarkan kepada kematiannya dijenguk oleh Usman ibnu Affan, lalu Usman bertanya.

“Sakit apakah yang engkau rasakan?” Ibnu Masud menjawab, “Dosa-dosakulah yang membuatku sakit.” Usman bertanya, “Apakah yang engkau inginkan?” Ibnu Masud menjawab, “Rahmat Tuhanku.” Usman bertanya, “Maukah engkau kudatangkan seorang tabib?” Ibnu Masud menjawab, “Tabib akan membuatku bertambah parah.

” Usman bertanya, “Maukah aku perintahkan agar kuberikan ata (pemberian) untukmu?” Ibnu Masud menjawab, “Saya tidak memerlukannya.

” Usman berkata, “Itu nantinya untuk anak-anak perempuanku sesudah kamu tiada.” Ibnu Masud menjawab, “Apakah aku mengkhawatirkan anak-anak perempuanku jatuh fakir? Sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada semua anak perempuanku agar setiap malam membaca surat Al-Waqiah karena aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

“Man qoraa suratal Waqi’ah kulla laylatin, lam tusibhu faaqotan abadan”.

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al Waqi’ah tiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya.” Wallahu A’lam Bissawab.

Agar keberkahan Surat Al Waqiah semakin berlimpah, dianjurkan untuk membaca doa ini.

Doa Al Waqiah

Surat Al Waqiah

Allohumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-‘i.

Allohumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya:

“ Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!