DualSense Controller PS5 Telah Di Ungkap Oleh Sony

DualSense Controller PS5 Telah Di Ungkap Oleh Sony

Setelah Sony resmi mengumumkan bocoran PS5 beberapa waktu lalu kini wujud baru controller PlayStation (PS) 5, yang diberi nama DualSense. Berbeda dengan DualShock 4 pada PS4, Sony mengusung desain baru yang terkesan lebih modern pada DualSense.

Dualsense Controller PS5 ini akan hadir bergantung pada teknologi baru yang memanfaatkan motor haptic, daripada motor rumble. Sony menyatakan memakai sensor dan motor haptic ini bakal menawarkan sentuhan dan rasa yang realistis bagi pengguna ketika Anda bermain game. Misalnya, Anda akan merasakan ketegangan ketika menggambar busur untuk menembakkan panah berkat umpan balik haptic canggih pada controller.

Dalam sebuah artikel dari Wired telah menjelaskan dengan tepat bagaimana umpan balik haptic ini diterjemahkan. Ketika seseorang memainkan berbagai jenis permainan di PS5 dan tampaknya menghasilkan pengalaman yang sangat mendalam.

DualSense Menambahkan Fitur Baru

Desain baru tentu memiliki dunia yang terbagi. Campuran warna Putih dan Hitam sangat terlihat menarik. Integrasi lampu LED yang memakan lebih dari setengah panel depan dan juga terlihat cantik. Ini juga merupakan pengontrol pertama dari Sony yang menampilkan port USB Type-C. DualSense ini juga dilengkapi dengan baterai isi ulang built-in.

Karena motor dan sensor yang luas, pengontrol tentu terlihat lebih tebal. Microsoft berusaha menghindari masalah ketebalan ini dengan menawarkan stik analog gamer di pengontrolnya. Namun, DualSense dari PS5 berlanjut dengan tata letak dual-stick bawah, sama seperti varian sebelumnya.

Sambil melihat controller, ini akan memberi  getaran yang lebih futuristik mengisyaratkan apa yang PS5 mungkin pegang di bawah desainnya. Mungkin, ini menyerupai rendering yang diungkapkan oleh LetsGoDigital. Sony juga telah menghapus tombol share dan menggantinya dengan tombol create di controller PS5. Meskipun fungsinya tetap sama yaitu membiarkan pemain mengunggah klip atau menyiarkan langsung game mereka.

Untuk pemain yang memainkan game online multiplayer, controller PS5 memang menghadirkan fitur penyelamat dengan penambahan array mikrofon. Ini berarti pemain tidak akan tergantung pada headphone mereka setiap saat. Terutama ketika mereka ingin membalas dengan cepat ke pemain lain selama sesi permainan.

Sekilas, DualSense mempunyai desain yang hampir mirip seperti controller Xbox X Series, dengan sudut-sudut yang lebih membulat pada tepian bodinya sehingga terkesan ramping, meskipun Sony menambahkan beberapa komponen baru. Controller PlayStation sebelumnya hanya berwarna tunggal, namun DualSense tampil beda dengan konsep duo-tone paduan hitam dan putih.

Light Bar yang tadinya diposisikan di bagian depan DualShock 4 berganti posisi ke sela-sela touchpad untuk memberikan kesan lebih mewah. Perbedaan lainnya, tombol “Share” kini diganti menjadi tombol “Create”. Fungsinya masih belum dirinci secara mendetil oleh Sony. “DualSense menandai perubahan radikal dari controller sebelumnya, untuk menunjukkan lompatan besar yang dilakukan melalui PS5,” ujar President dan Sony Interactive Entertainment Jim Ryan di Blog PlayStation, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (8/4/2020).

Kata “Sense” dari DualSense mengacu pada tambahan fitur anyar macam haptic feedback untuk memberikan sensasi berbeda-beda lewat controller saat bermain game, misalnya getaran ketika mengendarai mobil melalui lumpur. Tombol L2 dan R2 pada DualSense turut dibekali adaptive trigger sehingga pemain bisa merasakan sensasi feedback lebih kentara, seperti saat menarik busur sebelum melepaskan anak panah.

Controller PS5 ini juga hadir dengan microphone bawaan, sehingga pemain tak perlu repot- repot menggunakan headset untuk melakukan obrolan singkat dengan gamer lain. Untuk mengobrol dalam waktu lama, Sony tetap merekomendasikan headset. Dalam pernyatan di Blog PlayStation, Ryan kembali menegaskan bahwa konsel PS5 sendiri akan dirilis pada musim liburan akhir tahun 2020. “Kami akan membagikan detil lebih lanjut mengenai desain PS5 dalam beberapa bulan ke depan,” pungkasnya.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!