Ide Bisnis Kreatif Yang Belum Ada Di Indonesia Tapi Ramai Di Luar Negeri

Ide Bisnis Kreatif Yang Belum Ada Di Indonesia Tapi Ramai Di Luar Negeri

Ingin memulai bisnis tapi tak mau yang biasa-biasa saja atau pasaran di Indonesia? Gak usah kuaatir, Anda bisa mencoba rekomendasi 12 ide bisnis kreatif yang belum ada di Indonesia ini tapi ramai di luar negeri loh.

Menariknya lagi, bisnis kreatif ini ternyata laku keras lho di luar negeri. Misalnya, sebuah kafe di New York City pada pada tahun 2017 menyajikan hidangan adonan kue yang tertata seperti es krim.

Bisnis tersebut ternyata berhasil, dan terkenal. Hingga pada akhirnya banyak sekali yang meniru bisnis tersebut di seluruh penjuru negeri.

Nah penasaran apa saja ide bisnis kreatif ini? Yuk, langsung simak di sini yang kami ambil melalui situs qanitafamily.com

Ide Bisnis Kreatif Yang Belum Ada Di Indonesia Tapi Ramai Di Luar Negeri

1. Anger Room

Ide Bisnis Kreatif
Anger room, bisnis yang sukses banget di luar negeri (Telegraph)

Sering kali kita menahan rasa marah dan stres. Pengalaman berulang itu lama-lama membuat rasa amarah  memuncak hingga membuat kita emosi yang cenderung ingin merusak sesuatu ketika marah.

Perasaan itu tentu saja bertentangan dengan keinginan kita. Sehingga, akan membuat kita berusaha menyembunyikan rasa amarah.

Namun, sekarang kita tak perlu lagi kuatir. Karena, ada sebuah ruangan khusus untuk kita bisa merusak barang sepuasnya melampiaskan rasa marah, tanpa ada konsekuensi yang ditimbulkan

Adalah Anger Room, ruangan yang diciptakan pria bernama Shawn Baker, di Texas, Amerika Serikat. Ruangan ini diciptkannya untuk melampiaskan amarah. Jadi jika Anda sedang kesal gak perlu melampiaskan kemarahan kepada orang lain kan.

2. Tanaman yang tumbuh dengan listrik

Ide Bisnis Kreatif
Tertarik bikin tanaman yang bisa tumbuh dari listrik ini? (Indonesian.alibaba)

Perusahaan startup Click & Grow di Amerika bikin terobosan dengan menciptakan ide bisnis kreatif tanaman yang dapat tumbuh dengan listrik. Bahkan, tersedia juga kapsul yang mengandung biji, pupuk, dan tanah.

Stoples penumbuh tanaman herbal dan rempah-rempah hanya dengan air dan sinar light emitting diode (LED) secara otomatis, tanpa tanah

Stoples bernama Smart Herb Garden ini sanggup menyuplai oksigen, air, dan nutrisi yang diperlukan tanaman setiap saat dengan material nanoteknologi. Bahan material nanoteknologi itu menggantikan fungsi tanah sebagai medium penyerapan nutrisi bagi akar.

Cahaya dari dua lampu LED pada stoples itu memerlukan listrik enam watt. Stoples seberat 850 gram itu pun dapat diisi tiga tanaman sekaligus.

3. Makanan duka cita

Ide Bisnis Kreatif
Gak perlu kirim karangan bunga lagi, di Amerika ada bisnis makanan duka cita loh! (Mutiarasoftindo)

Jika Indonesia identik dengan karangan bunga saat ada kerabat yang meninggal, di luar negeri ada makanan duka cita yang tak lain adalah makanan sehat buat mereka yang lagi berkabung.

Banyak orang mengirimkan rangkaian bunga sebagai ucapan duka cita pada keluarga orang yang telah meninggal dunia. Tapi, rangkaian bunga ternyata terkadang justru merepotkan keluarga tersebut untuk membersihkannya.

Karena itu, sekarang ini muncul ide untuk memberikan makanan sebagai ucapan duka cita pada orang yang ditinggalkan.

Belum ada restoran maupun usaha bakery yang menawarkan makanan khusus untuk mengungkapkan rasa duka cita ini. Anda bisa membuka bisnis kreatif yang lebih bermanfaat ini agar keluarga yang sedang berduka bisa mendapat manfaat dari pemberian tersebut.

4. Hangover helpers

Ide Bisnis Kreatif
Hangover helpers (Theberry)

Hangover merupakan kondisi badan yang disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan yang membuat seseorang akan mengalami mabuk yang berlebihan. Gejalanya adalah pusing, mual, haus, dan peningkatan kepekaan terhadap cahaya atau suara.

Namun beberapa orang yang mabuk berlebihan juga akan mengalami jantung berdebar lebih cepat dari biasanya, vertigo, dan tekanan darah naik.

Itu membuat ketika seseorang dalam kondisi tersebut butuh hangover helpers untuk membantunya kembali ke tempat asalnya.

Meski tidak separah di luar negeri, tapi di Indonesia sepertinya seru jika membuka jasa hangover helpers atau penyelamat di saat mabuk. Bisnis ini sangat laku keras lho di luar negeri.

5. Sopir pengganti

Ide Bisnis Kreatif
Supir pengganti bisa jadi ide bisnis kreatif yang laris manis lho (Carmudi)

Sopir pengganti juga sangat laris manis di beberapa negara di luar negeri. Pasalnya, jasa ini sangat membantu Anda yang lelah dan tidak sanggup membawa kendaraan pulang.

Ini bisa menjadi peluang usaha menjanjikan untuk Anda yang berkeinginan memulai wirausaha. Selain kebutuhan modal minim, ternyata para pemain di bisnis ini juga masih terbilang sedikit.

Tapi, karena bisnis jasa ini sangat bersentuhan dengan aspek kepercayaan dan keamanan, maka penting untuk memikirkan baik-baik mengenai kedua faktor tersebut.

6. Jual cincin pertunangan atau pernikahan bekas

Ide Bisnis Kreatif
Jangan sedih saat gagal nikah, jual aja cincinnya (Epsyclinic)

Sedih karena gak jadi tunangan atau menikah? Mau jual cincinnya juga pasti harganya turun karena ada ukiran nama di dalamnya.

Nah, di luar negeri ternyata ide bisnis kreatif jual cincin tunangan atau nikah justru banyak dilirik orang. Pasalnya, daripada cincin pertunangan atau pernikahan yang gagal tersemat di jari tidak bisa diapa-apakan, karena malas untuk memakainya. Maka lebih baik dimanfaatkan dengan menjualnya kembali agar menghasilkan.

Toh cincin itu pun masih memiliki nilai jual. Apalagi dengan history di baliknya, tentu Anda enggan melihat lama-lama tersimpan di laci.

7. Pom bensin berjalan

Ide Bisnis Kreatif
Pom bensin keliling juga laku banget lho di luar negeri (keepo)

Jika di Indonesia Anda harus mengantri untuk beli bensin. Nah, di luar negeri justru ada lho jasa pom bensin berjalan yang membuat warganya sangat terbantu dengan bisnis itu. Berbeda dengan di Indonesia yang sekarang hanya tersedia pom mini bensin dibeberapa tempat.

Begitu sibuknya dengan aktivitas, terkadang kita sering lupa untuk mengecek tangki bahan bakar kendaraan. Maka kendaraan yang kita gunakan otomatis tak bisa berjalan. Hal itu pasti membuat kesal dan jengkel. Apalagi jika lokasi pom pengisian bahan bakar jauh.

Melihat kondisi tersebut, start up baru Silicon Valley menciptakan sebuah layanan premium berbasis aplikasi dengan nama WeFuel.

Peluncuran WeFuel ini sontak menjadi perdebatan para pengguna jejaring sosial. Mereka sangat senang dengan ide yang memberi keuntungan bagi orang yang kehabisan bensin dengan hanya memiliki aplikasi daripada harus membuang waktu untuk mencari pom bensin.

Gimana, tertarik mengikuti langkah Silicon Valley menciptakan pom bensin berjalan?

8. Tambal ban berjalan

Tukang Tambal Yang Bisa Dihubungi (liputan6.com)

Jika di Indonesia Anda akan kebingungan jika ban anda kempes atau bahkan bocor apalagi ditempat yang jauh dari tambal ban. Parahnya lagi jika ini terjadi malam tentu banyak tambal ban yang tutup. Sebagian orang akan lebih memilih bayar lebih daripada harus mendorong kendaraan hingga sampai ke tukang tambal ban.

Nah, di luar negeri justru ada lho jasa tambal ban berjalan yang membuat warganya sangat terbantu dengan bisnis itu. Namun di Indonesia seperti di Jawa Anda bisa menemukan tukang tambal ban yaang bisa Anda hubungi jika ban Anda bocor. Itu saya alami sendiri waktu saya bekerja di Cilacap- Jawa Tengah.

Namun sayangya belum ada yang membuat dalam bentuk aplikasi android yang tentunya pasti akan lebih menguntungkan. Saya yakin sangat senang dengan ide yang memberi keuntungan bagi orang yang bocor ban dengan hanya mempunyai aplikasi daripada harus membuang waktu untuk mencari tambal ban.

9. Rental curhat

Ide Bisnis Kreatif
Suka dengerin curhatan teman? Mendingan buka jasa curhat aja (Yukepo)

Rental curhat? Apa itu? Nah, di Jepang ada seorang pemuda yang membuka jasa curhat alias mendengarkan cerita orang dan memberikan solusi. Tanpa disangka, ternyata jasa itu laris manis banget.

Adalah Takanobu Nishimoto yang pertama kali menjalankan bisnis tidak biasa ini. The Straits Times melaporkan, konsultan fesyen tersebut memulai layanan online bernama “Ossan Rental” pada 2012 dari rumahnya di Tokyo. ‘Ossan’ adalah istilah referensi yang agak menghina bagi ‘paman’ atau pria setengah baya.

Cara kerja “om-om” ini cukup sederhana, kok. Jadi, pria paruh baya ini siap mendengarkan keluhanmu, melakukan pekerjaan rumah, atau menawarkan nasihat hidup. Untuk menikmati jasanya, Anda cukup merogoh kocek Rp 134 ribu per jam.

10. Penyewaan ayam ternak

Ide Bisnis Kreatif
Kocak juga ya kalau bikin penyewaan ayam ternak (Hipwee)

Ide bisnis kreatif yang sudah berkembang di 17 negara bagian lain di Amerika, yaitu penyewaan ayam ternak ternyata laku keras lho.

Kebanyakan dari mereka memelihara ayam ternak untuk mengambil telurnya sebagai menu sarapan. Kalau sudah bosan, ayam ternak bisa dikembalikan kapan pun. Tertarik?

11. Buka kursus anti gaptek

Ide Bisnis Kreatif
Biar para orangtua gak gaptek, bikin kursus anti gaptek seru juga ya (Shutterstock)

Perkembangan teknologi emang memicu elektronik canggih bermunculan dengan cepat, salah satunya smartphone. Biasanya para orangtua sering mengalami kesulitan nih alias gaptek.

Di luar negeri, bisnis berupa kursus untuk mengajari orang soal teknologi laris manis lho. Mau nyobain bikin bisnis ini juga?

12. Jasa bikin Anak

Di beberapa daerah ada keluarga yang tidak bisa hamil namun ingin memiliki anak kandung sebagai penerus keturunan. Nah muncul ide kreatif dan gila ini yakni jasa bikin anak.

Namun jelas secara agama Islam yang saya anut adalah haram jika berhubungan bukan dengan suami. ini tentunya sangat bertentangan dengan budaya kita di Indonesia dan lebih baik jangan di buka di Indonesia kecuali Anda buka diluar negeri juga.

Pentingnya menjadi pengusaha kreatif

Utarakan ide dengan atasan salah satu cara kamu bisa menyenangkan hati atasan
Utarakan ide dengan atasan salah satu cara kamu bisa menyenangkan hati atasan, (Pixabay).

Di zaman yang serba cepat seperti hari ini, kita dituntut untuk menjadi orang yang mudah beradaptasi dengan perkembangan. Sebut aja seperti perusahaan rintisan atau biasa dikenal dengan startup. Salah satu hal yang membuat startup berkembang belakangan ini adalah memberikan dampak positif terhadap kehidupan sosial masyarakat.

Ini menandakan bahwa sekarang itu bukan eranya mencari untung semata ketika memutuskan terjun menjadi pengusaha. Anda butuh alasan yang kuat untuk menyelesaikan permasalahan sosial di tengah masyarakat, khususnya di Indonesia.

Industri kreatif menawarkan berbagai macam hal yang mungkin sebelumnya terpikirkan oleh siapapun, namun sekaligus bisa menjadi peluang usaha yang bagus untuk diri Anda jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Tips menjalani ide bisnis kreatif

Guna memulai usaha kreatif di Indonesia memang gampang-gampang sulit, gampangnya karena berbagai kebijakan yang didukung oleh pemerintah, tapi sisi lainnya sulit karena masih minim informasi yang didapatkan. Oleh karena itu Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini yang mungkin bermanfaat:

  • Usahakan bisnis yang Anda pilih punya dampak sosial
  • Memberdayakan SDM di lingkungan sekitar
  • Menjaga kualitas produk atau jasa
  • Mendengarkan keluhan dan saran dari pelanggan
  • Pasarkan melalui media sosial
  • Persiapkan modal dan detail pengeluaran

Itulah 6 tips yang bisa Anda gunakan saat membangun usaha kreatif di atas. Tidak harus semua Anda coba, namun bisa pilih yang kira-kira sesuai dengan industri yang digeluti.

Nah, tadi adalah 12 ide bisnis kreatif yang belum ada di Indonesia tapi sukses di luar negeri. Siapa tahu, Anda juga bisa sukses dengan bisnis-bisnis di atas. Berani coba? 

Sumber: usaha di luar negeri yang belum ada di indonesia

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!