Ini Dia 6 Cara Jitu Mempercepat Koneksi Internet Android

DuniaTeknologi.Info – Penggunaan Smartphone Android kini telah berubah menjadi kebutuhan pokok yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Begitupula dengan kehadiran internet yang kini telah banyak diaplikasikan atau dimanfaatkan di berbagai segi kehidupan manusia.

Baca Juga :9 Kemudahan Hidup Di Era Digital

Dan saat ini, android dan internet bisa dibilang merupakan dua hal yang sangat familiar dan dekat dalam kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat kita di daerah perkotaan. Dan terkait dengan internet, pastinya kita semua berharap kecepatannya selalu stabil dan makin baik.

Cara Jitu Mempercepat Koneksi Internet Android

1. Blokir Iklan

Iklan dapat membuat kuota mudah boros karena mampu menyedot hingga 80% kuota internet Anda. Selain itu, keberadaan iklan pada sebuah halaman web akan mengakibatkan internet menjadi lambat. Iklan mempengaruhi proses pemuatan data menjadi lebih banyak dalam sistem android. Oleh karena itu, blokirlah iklan-iklan di internet agar koneksi smartphone android Anda semakin cepat. Proses pemblokiran dapat dilakukan dengan menggunakan browser yang dilengkapi dengan Ad Blocker yakni UC Browser atau Opera Browser. Jika ingin melakukan pemblokiran semua jenis iklan di Android, Anda bisa memanfaatkan Adway.

2. Kompres Gambar

Setiap browser biasanya sudah dilenhkapi dengan fitur Data Saving. Fitur tersebut berperan dalam upaya penghematan kuota sehingga koneksi internet pada android Anda dapat semakin cepat. Matikanlah muatan gambar terlebih dahulu atau lakukanlah kompres gambar pada browser sehingga gambar berubah ke ukuran yang lebih kecil. Cara ini terbukti ampuh membuat loading halaman menjadi lebih cepat.

3. Menghapus Cache

Smartphone Android memiliki lebih dari 80% aplikasi yang memerlukan koneksi internet agar fungsinya dapat bekerja dengan baik. Semakin sering Anda gunakan, aplikasi-aplikasi ini dengan sendirinya akan menyimpan Cache yang menjadi semakin besar jika didiamkan. Bahkan, hal tersebut akan mengakibatkan performa smartphone semakin berat dan melambat.

Selain itu, tumpukan Cache juga menyebabkan proses muatan data menjadi semakin berat. Oleh karena itu, rutinlah membersihkan Cache agar koneksi internet di Android Anda semakin cepat. Anda bisa membersihkan cache dengan mudah melalui menu Settings-Storage-Cache, selanjutnya pilih Clear Cache.

4. Menggunakan Bantuan VPN

Bantuan VPN untuk melakukan koneksi dengan alamat IP negara lain dapat membantu Anda mengatasi lambatnya koneksi internet di Smartphone Android. Pengubahan alamat IP dengan VPN terbukti mampu membantu Anda mempercepat koneksi internet Android.

5. Mengatur User Agent

Agar dapat secara otomatis melakukan penyesuaian tampilan saat dibuka di smartphone, banyak website kini dbuat responsif. Nah, agar internet di Android Anda semakin cepat, aturlah User Agent pada browser menjadi Mobile. Hal ini bertujuan agar data dapat dikompres sesuai dengan tampilan mobile.

6. Menggunakan Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer

Sebelum menggunakan cara ini sebaiknya lakukanlah root pada smartphone android Anda. Koneksi internet Anda dapat mencapai 200% dengan menggunakan bantuan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer. Cara kerja aplikasi ini dengan melakukan tweak khusus sehingga Anda akan lebih leluasa memilih dan mengatur kecepatan koneksi internet yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah, demikianlah diatas ulasan terkait 6 cara jitu mempercepat koneksi internet android. Selain cara di atas Anda juga dapat secara rutin mengurangi data-data baik foto maupun video Anda di dalam file Android. Hal ini juga akan membantu koneksi internet di Android agar bekerja semakin cepat.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Penyebab Baterai, Kuota, Dan Memori Cepat Habis

Cukup mudah bukan? Anda dapat langsung mempraktekkan cara-cara di atas untuk mempercepat koneksi internet di Android. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!