Inilah Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone Anda yang Paling Akurat

Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone

Apakah Anda adalah pengguna iPhone? Jika iya, apakah Anda pernah merasa kondisi kesehatan baterai iPhone Anda semakin menurun? Tidak perlu khawatir, bagi pengguna iPhone, masalah ini seringkali terjadi.

Penyebab baterai hp cepat habis salah satunya adalah usia baterai iPhone mempengaruhi kondisi kesehatan baterai iPhone itu sendiri. Semakin lama usia baterai iPhone, maka akan semakin menurun kondisi baterainya.

Apple juga mengakui bahwa penurunan kesehatan baterai menyebabkan kinerja iPhone kian melambat. Nah, untuk mengantisipasinya, pengguna iPhone dapat mengecek sendiri kondisi kesehatan baterai iPhone kemudian tahu cara merawat baterai hp.

Untuk iPhone 6 dan versi yang lebih baru atau iOS 11.3 dan versi yang lebih baru, Apple menambahkan fitur untuk mengecek kesehatan baterai iPhone dan memberitahukan apabila baterai harus diganti. Bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Simak berikut ini.

Cara Mudah Memastikan Kesehatan Baterai iPhone

Cek Kesehatan Baterai Iphone Ac68f

Bagi anda pengguna HP iPhone terbaru maupun yang lama, Anda bisa dengan mudah mengecek kesehatan baterai iPhone baik langsung melalui menu Settings.

Akan tetapi bagi pengguna iPhone lawas seperti iPhone 5s ke bawah, Anda harus download aplikasi tambahan seperti Battery Life atau Battery Saver.

Berikut ini kami akan membahas lengkap soal cara mengecek kesehatan baterai di iPhone kamu. Cek, yuk!

Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone 6 ke Atas

Bagi pengguna pengguna iPhone 6 dan versi yang lebih baru atau iOS 11.3 dan versi yang lebih baru, berikut ini adalah cara cek kesehatan baterai iPhone yang bisa Anda coba.

Langkah 1: Buka menu Settings

Buka menu Settings atau Setelan dalam pengaturan bahasa Indonesia untuk memulai cara mengecek kesehatan baterai iPhone kamu.

Langkah 2: Pilih Battery

Cara Cek Kesehatan Baterai Iphone 6 Plus 0f5ad

Pilih menu Battery yang berada di bagian paling bawah dalam menu Settings. Di iphone 6 terbaru dan ke atas, menu ini berada di atas menu Privacy.

Langkah 3: Pilih Battery Health

Cara Cek Kesehatan Baterai Iphone 7 6bd77

Setelah Anda masuk ke dalam menu Battery, pilih opsi Battery Health untuk melihat kondisi kesehatan baterai iPhone Anda.

Langkah 4: Cek kesehatan baterai

Cara Cek Kesehatan Baterai Iphone 6 Eff74

Di menu Battery Health, terdapat segala informasi mengenai kondisi kesehatan baterai iPhone Anda, termasuk kapasitas maksimum baterai iPhone tersebut.

Kapasitas maksimum terbaik baterai iPhone adalah 100%, maka jika kapasitas maksimum baterai Anda sudah menurun hingga 90% atau bahkan 80%, berarti kondisi kesehatan baterainya sudah menurun.

Kondisi 100% menyatakan bahwa kesehatan baterai iPhone Anda sangat prima. Jika kondisi baterai di bawah 80%, tandanya baterai iPhone Anda sudah tidak sehat.

Nah, itulah cara mengecek kesehatan baterai iPhone Anda. Jika Anda pengguna iPhone 6 atau iOS 11.3 ke bawah, Anda juga bisa mengecek kondisi kesehatan baterai Anda dengan cara-cara berikut ini.

Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone 5s ke Bawah

Bagi pengguna iPhone 5s atau versi yang sebelumnya, cara mengecek kesehatan baterai iPhone Anda dapat dilakukan dengan download aplikasi pihak ketiga, misalnya saja Battery Life. Aplikasi tersebut bisa Anda unduh secara gratis di App Store.

Cara Cek Kesehatan Baterai Iphone Aplikasi Battery Life Bf191

Antarmukanya pun sangat user friendly. Selain untuk mengetahui kadar penggunaan baterai, aplikasi ini juga mempunyai menu-menu lainnya yang dapat dipakai buat mengetahui data-data mengenai iPhone Anda.

Cara Cek Kesehatan Baterai Iphone Battery Life Bc901

Apple memang senantiasa meningkatkan daya tahan baterai pada setiap iPhone seri terbaru miliknya. Namun, tetap saja masih banyak yang mengeluh bahwa baterai iPhone mereka cepat habis.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, disamping mengulas tentang cara cek kesehatan baterai iPhone, berikut ini juga akan dijelaskan beberapa cara untuk menghemat baterai iPhone, baik untuk iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 7, maupun iPad.

BONUS: Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai Iphone 1ab4a

Sumber foto: support.apple.com

Agar baterai iPhone Anda selalu dalam keadaan sehat dan prima, maka sebaiknya Anda butuh menghemat baterainya. Sebab, terkadang kita lupa menghemat baterai karena terlalu asyik menggunakan iPhone kita.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai iPhone, antara lain:

1. Aktifkan Low Power Mode

Cara menghemat baterai iPhone yang pertama yaitu mengaktifkan Low Power Mode. Mode ini akan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, mengurangi kecerahan layar, dan mengurangi efek lainnya di iPhone Anda. Disamping itu, kinerja prosesor juga akan ditekan agar hanya mengonsumsi sedikit baterai.

Jika Anda sedang bepergian lama, silahkan aktifkan mode ini untuk menghemat baterai. Namun, jika dalam penggunaan sehari-hari, Anda tidak harus mengaktifkannya karena akan menghambat kinerja iPhone. Untuk mengaktifkannya, buka Settings > Battery > aktifkan Low Power Mode.

Cara Menghemat Baterai Iphone 6 Adf58

2. Matikan AirDrop

AirDrop adalah fitur iPhone yang membutuhkan koneksi Bluetooth. AirDrop biasanya dipakai buat mentransfer foto dan file lainnya ke iPhone terdekat yang sama-sama sedang mengaktifkan AirDrop.

Cara Menghemat Baterai Iphone 6s 5a9f0

Sayangnya, fitur ini membuat iPhone Anda boros baterai. Untuk itu, pastikan Anda telah menonaktifkan fitur AirDrop dan hanya mengaktifkannya ketika dibutuhkan.

3. Matikan Raise to Wake dan Reduce Motion

Raise to Wake adalah salah satu fitur di iPhone yang memungkinkan iPhone menyala otomatis ketika diangkat. Jadi, Anda tidak perlu menekan tombol apapun. Sayangnya, fitur ini lebih sering membangunkan iPhone Anda, akibatnya konsumsi baterai meningkat dan membuatnya menjadi boros.

Maka dari itu, menonaktifkan fitur Raise to Wake dapat membantu Anda menghemat baterai iPhone. Untuk menonaktifkannya, buka Settings > Display & Brightness > nonaktifkan Raise to Wake.

Cara Menghemat Baterai Iphone 7plus 2221e

Selain Raise to Wake, ada pula fitur Reduce Motion yang wajin Anda nonaktifkan untuk menghemat baterai iPhone. Beragam efek animasi yang ditampilkan iPhone memang memanjakan mata. Namun sayangnya, Anda harus menebusnya dengan borosnya baterai.

Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menonaktifkannya dengan cara, buka Settings > Accessibility > Motion > nonaktifkan Reduce Motion.

Cara Menghemat Baterai Iphone 7 5413f

Kesimpulan

Nah, itulah cara cek kesehatan baterai iPhone Anda. Cara-cara di atas juga bisa digunakan untuk mengetahui kesehatan baterai pada iPad terbaru. Selain itu, pada artikel ini juga telah dijelaskan bagaimana cara menghemat baterai iPhone maupun iPad.

Semoga tips atau cara tersebut bisa bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda mempunyai tips tambahan, share lewat kolom komentar di bawah ini, ya!

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!