Inilah Penjelasan Mengapa PlayStation 5 Memiliki Bentuk yang Besar

Minggu lalu Sony Interactive Entertainment telah mengkonfirmasi bentuk konsol terbaru miliknya, PlayStation 5 (PS5). Dalam acara live streaming bertajuk PS5: The Future of Gaming, Sony mengungkap tabir misteri penampilan konsol penerus PS4 tersebut. Dari tampilan, PS5 tampil dengan bentuk yang futuristik, unik, dan berbeda dari desain konsol milik Sony sebelumnya.

Konsol tersebut diperlihatkan mengusung desain vertikal atau berdiri seperti generasi pendahulunya sehingga tampil lebih menarik. PlayStation 5 mempunyai tampilan lebih mewah dan futuristik dengan balutan warnah dominan putih dengan sedikit warna hitam di bagian tengah bodi dan lampu LED berwarna biru. Namun konsol ini masih bisa ditaruh dalam posisi horizontal.

Jadi jika dilihat, salah satu sisinya memiliki bagian melengkung alias tidak rata yang merupakan bagian atasnya. Baru diperkenalkan, Meme Playstation 5 bertebaran di twitter dari desain bentuknya.Sisi satu lagi punya permukaan rata yang menjadi bagian bawahnya. Nah pasti Anda bakal bertanya-tanya, mengapa konsol PlayStation 5 memiliki bentuk dan ukuran yang besar? Padahal konsol generasi sebelumnya, PlayStation 4 Pro memiliki ukuran yang lebih kecil. 

Lewat sebuah pengukuran yang dilakukan oleh pengguna reddit memakai komparasi USB dan disk drive memang menunjukkan Playstation 5 mempunyai ukuran massive. Ukurannya bahkan lebih besar dari pendahulunya PS3 yang sudah dianggap sangat ‘gemuk’ dimasanya. 

Namun, ukuran yang besar dari Playstation 5 ini ternyata punya alasan penting. Mengutip halaman VG247.com, Vice President UX Design Playstation, Matt MacLaurin menyebutkan kalau PlayStation 5 menggunakan spesifikasi baru yang dapat menghasilkan panas ketika menjalankan sebuah game. 

Ia juga menyebutkan kalau PlayStation 5 merupakan sebuah komputer super berukuran kecil, di mana tersemat prosesor dengan fabrikasi 7nm yang mampu menghasilkan performa grafis yang memukau untuk sebuah konsol. Performa yang diberikan juga menghasilkan suhu yang tinggi, sehingga diperlukan sebuah ‘tempat’ yang lebih besar untuk mengurai suhu panas tersebut. 

Nah melihat yang sudah-sudah, generasi pertama PlayStation memang selalu hadir dengan bentuk yang lebih besar. Hingga akhirnya PlayStation mengembangkan kembali PlayStation yang berukuran lebih kecil dan memiliki performa yang lebih baik. 

Gimana gaes, apakah Anda tertarik untuk memiliki lebih dulu PlayStation 5 yang berukuran lebih besar atau bersabar hingga Sony merilis versi Slim-nya? Ikuti terus Dunia Teknologi untuk informasi menarik seputar game lainnya ya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!