Site icon Dunia Teknologi

Jangan Biarkan Debu Menumpuk, Begini Cara Membersihkan Laptop!

Jangan Biarkan Debu Menumpuk, Begini Cara Membersihkan Laptop!

Jangan Biarkan Debu Menumpuk, Begini Cara Membersihkan Laptop!

DuniaTeknologi.Info – Kebersihan layar dan keyboard laptop sangat penting. Karena kalau layar monitornya kotor akan mengganggu tampilan dan keindahannya. Sedangkan kalau keyboardnya dipenuhi debu mengakibatkan kerusakan pada perangkat ini. Bagaimana cara membersihkan laptop?

Cara Membersihkan Monitor Laptop

Sebelum Anda melakukan perawatan dengan membersihkan bagian layar, pastikan laptop dalam kondisi mati. Tujuannya supaya mencegah kerusakan pada bagian monitor tersebut. Kalau tidak cermat, bisa saja memicu munculnya titik cahaya mati atau dead pixel pada layar. Kondisi ini bisa mengakibatkan kerusakan cukup serius, kalau tidak segera tertangani.

Alasan lainnya adalah saat laptop dalam kondisi mati, maka kotoran pada monitor akan lebih gampang terlihat. Nah, apa saja alat yang bisa digunakan dalam membersihkan layar laptop?

Kain bertekstur lembut. Salah satu kain yang direkomendasikan adalah kain katun. Dengan kain lembut ini, maka layar bisa terhindar dari risiko tergores. Termasuk tidak ada serabut halus dari kain yang tertinggal. Seperti ketika Anda memakai handuk dalam pembersihannya. Akan lebih bagus lagi kalau Anda memakai kain, yang digunakan untuk membersihkan kacamata. Karena memang kain itu dirancang khusus untuk pembersihan lensa, jadi teksturnya sangat lembut dan halus.

Cairan pembersih khusus. Anda bisa membelinya di toko aksesoris komputer. Paket penjualannya terdiri atas cairan pembersih laptop, kuas kecil dan kain halus. Saat membersihkan layar laptop jangan mengusapkan cairan dengan kandungan amonia. Sebab bisa mengakibatkan monitor terlihat menghitam. Jadi sangat penting untuk senantiasa memerhatikan cara membersihkan laptop ini.

Pasang alat anti gores atau screen protector. Pemasangan alat ini dengan tujuan untuk memelihara lapisan utama dari monitor. Sekaligus bisa meminimalisir risiko goresan pada layar laptop. Selain itu, anti gores ini juga baik untuk mata. Karena bisa mengurangi efek buruk dari paparan sinar blue light yang dikeluarkan oleh layar laptop. Jadi cara ini sekaligus untuk melindungi kesehatan indera penglihatan Anda.

Cara Membersihkan Keyboard

Keberadaan keyboard pastinya sangat penting bagi sebuah laptop. Karena itu, Anda juga harus melakukan perawatan khusus pada perangkat ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut ini.

Matikan laptop. Menonaktifkan laptop ini tujuannya supaya mencegah risiko keyboarad mengalami korseleting. Sebab pembersih cair biasanya digunakan dalam pembersihan keyboard. Jadi perlu hati-hati dalam melakukannya, jangan sampai mendatangkan dampak buruk bagi keyboardnya.

Jangan minum atau makan. Jangan membersihkan keyboard sambil menyantap makanan atau minuman. Termasuk ketika Anda sedang menggunakan laptop. Sebab remah-remah halus dari makanan bisa saja terjatuh dan masuk bagian dalam keyboard. Kotoran ini sudah pasti akan mendatangkan masalah bagi papan ketik. Minuman yang tumpah di atas keyboard sudah pasti mengakibatkan permasalahan serius. Laptop bisa saja mati atau mengalami kerusakan parah, sehingga harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaikinya.

Gunakan kuas kecil. Anda bisa membersihkan keyboar memakai kuas kecil. Gunakan dengan posisi terbalik, supaya debunya tidak masuk ke dalam keyboardnya. Tujuan dari cara ini adalah mengurangi debu yang tertumpul di sela-sela tombol papan ketik ini.

Pakai kain lembut basah. Menuangkan cairan pembersih langsung sangat berisiko. Karena bisa langsung merusak laptopnya. Sebaiknya pakailah kain halus yang telah dibasahi cairan tersebut. Lalu gunakan untuk membersihkan permukaan keyboard. Sesudahnya bisa aplikasikan lap kering untuk tahapan akhirnya. Nah, pastikan Anda melakukan cara membersihkan laptop dengan benar. Supaya laptop lebih awet dan performanya terjaga.

Exit mobile version