3 Jenis Kayu Jati Jepara Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Kayu Jati Jepara dan Harganya terbaru 2020

3 Jenis Kayu Jati Jepara Yang Perlu Anda Ketahui – Banyak orang pasti sudah tahu apa itu kayu jati. Tetapi, tidak semua tahu jenis dan macamnya. Kayu Jati dibagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan fungsi, ciri tekstur, manfaat dan kelebihannya. Kayu jati ini sendiri merupakan kayu favorit sebagai bahan utama pembuatan berbagai funiture di Jepara. Daftar harga terbaru tahun 2020 untuk kayu jati jepara ini ditawarkan bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya mengenai harga yang dibanderol untuk kayu jati akan dipengaruhi berbagai faktor kemungkinan. Mulai dari kualitasnya, lokasi tempat tumbuhnya, tinggi rendahnya lokasi penanaman pohon, kadar kapur, zat lain yang mempengaruhi serta cara perawatannya. Untuk mengetahui jenis kayu jati mana yang cocok untuk kebutuhan Anda, setidaknya Anda harus tahu ciri kayu jati jepara yang bagus berdasarkan jenisnya.

Mengetahui secara lebih jelas dan lengkap terkait bahan kebutuhan rumah tangga yang akan digunakan seperti halnya mebel, akan membantu Anda lebih teliti memastikan bahan yang diambil cocok dan berkualitas baik. Dengan pembahasan dibawah ini Anda akan tahu terkait perbedaan setiap jenis kayu jati, harga atau biaya update yang ditawarkan serta kegunaan yang tepat untuk masing-masing kayu jati. Mari perhatikan dengan saksama Dunia Teknologi akan mencoba menginformassikannya untuk Anda.

Jenis Kayu Jati Jepara Yang Perlu Anda Ketahui

1. Kayu Jati Perhutani

Kayu jati Perhutani adalah jenis pertama pada kayu jati yang sering dirawat oleh dinas perhutani. Tahukah Anda? Kayu jati jenis ini adalah jenis kayu jati yang paling spesial dan istimewa. Mengapa bisa disebut demikian? Sebab kayu tersebut dirawat secara langsung oleh Dinas Perhutani. Sehingga kita sudah tahu pasti perawatannya sangat baik sehingga menghasilkan kayu yang berkualitas bagus.

Kayu Jati Perhutani sendiri mempunyai lama tumbuh yang berbeda dengan jenis lainnya. Sebab masa tumbuh dan berkembang pohon kayu Jati Perhutani cukup lama yakni dari mulai 20 tahun sampai dengan ratusan tahun lamanya. Bahkan untuk pemotongannya sendiri nantinya akan mengalami proses seleksi dengan tujuan untuk memastikan apakah kayu jati memenuhi standar sesuai Perhutani yang bagus atau belum.

Anda mungkin juga bertanya tanya apa saja kelebihan dari kayu jati perhutani ini? Manfaat dan keunggulan yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai serat kayu yang sangat padat.
  • Kayu jati perhutani mempunyai sifat yang cenderung lebih kuat dibandingkan jenis kayu jati yang lainnya.
  • Kayu Jati Perhutani mempunyai warna dan tekstur yang bagus dan terkesan lebih hidup dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Batang kayu yang dimilikinya lebih besar dan lurus.
  • Kayu jati perhutani mempunyai banyak minyak alami.
  • Mempunyai sifat yang cenderung terjaga dan terkontrol kualitasnya.

Namun, ada kelebihan pasti ada kekurangan. Meskipun kita melihat kayu jati Perhutani mempunyai banyak sekali keunggulan ternyata ada hal lain yang menjadi kekurangannya. Apakah itu? Sebagai berikut adalah kelemahannya :

  • Karena kualitasnya yang bagus dan sangat baik dibandingkan dengan jenis kayu jati yang lainnya maka, tidak menutup kemungkinan harga yang ditawarkannya akan lebih mahal dari jenis kayu yang lainnya.

Untuk harganya sendiri bisa bervariasi dan beragam disetiap daerah. Anda bisa mulai mendapatkannya dari harga 2 sampai 10 jutaan tergantung kebutuhan Anda. Hal ini akan berbeda lagi jika Anda membeli berbagai produk jadi yang dihasilkan dari bahan tersebut. Jadi untuk masalah harga Anda diharapkan untuk bijak melihat kondisinya di daerah Anda.

2. Kayu Jati Emas

Selanjutnya jenis kayu jati jepara yang perlu Anda ketahui adalah jenis kayu jati emas. Berbeda dengan kayu jati sebelumnya yang kita bahas, kayu jati emas mempunyai masa pertumbuhan yang lebih pendek dan cepat yakni dalam kurun waktu 7 sampai dengan 15 tahun saja. Karena kelebihannya juga membuatnya menjadi salah satu jenis kayu jati yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat.

Dengan usia yang relatif singkat, kayu jati emas bisa langsung digunakan untuk berbagai bahan karya seperti furniture meja, kursi, almari, bedframe dan lain sebagainya. Berbeda dengan kayu jati perhutani yang harus melalui proses seleksi terlebih dahulu untuk menentukan apakah kayu jati telah siap digunakan atau tidak. Hanya saja memang kayu jati emas mempunyai pori pori yang lebih besar.

Untuk mengetahui secara lebih lengkap apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Kayu Jati Emas sebagai berikut adalah beberapa keunggulannya yang disebutkan :

  • Kayu Kati Emas mempunyai kayu dan batang yang lurus.
  • Harga untuk kayu jati emas lebih murah apabila dibandingkan dengan kayu perhutani

Dari kelebihannya tersebut terdapat juga kekurangannya yakni sebagai berikut :

  • Dibagian kayu jati emas terdapat banyak gubal atau bagian kayu yang bercekung. Biasanya kondisi ini kerap dialami pada pangkal pohon jati. Oleh sebab itu biasanya kayu jati emas tidak sampai dipotong sampai pangkal bawah melainkan hanya dipotong pada bagian yang bisa dimanfaatkan saja.
  • Dari segi keawetannya kayu jati emas dalam taraf sedang dibandingkan dengan jenis kayu jati yang lainnya.
  • Kadar air yang cukup tinggi dalam kayu jati emas.

Kayu jati emas untuk harga yang ditawarkan sebenarnya bervariasi dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun secara umum harga untuk kayu jati emas adalah berkisar 2 jutaan sampai 7 jutaan berdasarkan ukuran yang dibutuhkan.

3. Kayu Jati Rakyat

Kayu jati Rakyat adalah jenis ketiga dari kayu jati yang kita mungkin temukan. Terdapat beberapa perbedaan yang bisa Anda perhatikan untuk membedakan kayu jati rakyat dengan kayu jati yang lainnya. Salah satu ciri yang membedakannya begitu mencolok adalah adalah kayu rakyat yang mempunyai batang bengkok bukan lurus. Untuk masa pertumbuhannya sendiri lebih lama dari kayu jati emas. Prosesnya sampai dengan siap tebang adalah mencapai umur 15- 25 tahun.

Tetapi tahukah Anda? Dengan lama proses pertumbuhannya tersebut maka bisa membuat pori pori pada kayu jati rakyat ini lebih padat apabila kita bandingkan dengan kayu jati emas. Sedangkan untuk gubal yang terdapat pada kayu jati emas, akan lebih sedikit ada pada kayu jati rakyat.

Apa saja kelebihan dari kayu jati rakyat? Ini adalah beberapa kelebihan dari kayu jati rakyat yang perlu Anda ketahui :

  • Harganya akan lebih murah dibandingkan dengan harga jenis atau kayu jati jenis lainnya.

Sedangkan untuk kelemahan yang dimilikinya adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai gubal dan kadar air yang cukup tinggi
  • Kayu jati rakyat memiliki warna yang lebih pucat dibandingkan dengan kayu jati lainnya.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya terkait macam macam kayu jati jepara yang menarik buat Anda ketahui. Sebab sebagaimana yang kita tahu menentukan jenis kayu jati jepara yang tepat sangat penting agar Anda mendapatkan produk furniture yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian Anda juga bisa menyesuaikan dengan harga kayu jati jepara yang berbeda beda. Untuk mendapatkannya anda juga bisa melihatnya di Mebel Jepara.

Tidak hanya dari jenis dan kualitasnya ternyata tarif untuk harga kayu jati jepara juga bisa dibedakan berdasarkan daerah Anda. Anda bisa perhatikan bahwa harga di setiap daerah bisa berbeda beda. Jadi nantinya Anda juga perlu menyesuaikan dengan harga masing-masing daerah. Namun, jangan khawatir umumnya akan ada promo atau diskon pada tiap kesempatan jika memungkinkan didaerah Anda. Semoga bermanfaat.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!