Jenis Sensor Kamera HP dan Beragam Kelebihannya

Jenis Sensor Kamera HP dan Beragam Kelebihannya

Jenis sensor kamera HP memiliki kelebihan masing-masing dengan ragamnya. Ketika mendengar kata kamera sebuah ponsel, yang terlintas pertama di benak kita tentang jenis smartphone atau besarnya resolusi yang disediakan.

Namun, pernahkah terlintas mengenai sensor kamera canggih yang terdapat pada hp yang digunakan?

Sebetulnya salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas kamera pada smartphone bukanlah dari besarnya ukuran megapixel, tampilan layar ataupun produsen dari kamera tersebut. Sensor kamera mempunyai peran penting dalam menentukan kualitas kamera dari perangkat HP.

Jenis Sensor Kamera HP

Sekarang ini hampir sebagian produsen smartphone saling beradu dalam menawarkan kualitas kamera terbaik pada smartphone miliknya. Dengan kualitas kamera yang baik, diyakini dapat meningkatkan nilai penjualan dari sebuah perangkat HP.

Saat ini perkembangan kamera smartphone pun mengalami peningkatan yang cukup pesat. Mulai dari jenis kamera VGA, megapixel, hingga mengenai penggunaan sensor pada kamera smartphone yang cukup beragam.

Berikut ini jenis sensor kamera smartphone yang dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi, antara lain:

1. Exmor atau IMX 1855

Salah satu jenis sensor kamera HP dari Sony yang mempunyai kualitas sangat baik. Dimana sensor tersebut memiliki spesialisasi dalam pengambilan gambar serta tingkat cahaya yang sangat rendah. hal ini juga didukung adanya cek sensor kamera oleh bagian Quality Control (QC) sebelum dipasarkan.

Pada smartphone yang memakai sensor ini sanggup mengambil gambar secara lebih jelas serta tajam meskipun berada dalam lokasi yang minim cahaya. Sensor IMX 1855 tersemat pada beberapa jenis smartphone dengan ukuran kamera minimal 20MP.

Dengan demikian, bisa dibayangkan betapa bagusnya kualitas gambar yang diberikan. Sensor ini terbukti dapat mendukung pengambilan gambar pada cahaya yang redup.

2. Omnivision

Kehadiran dari sensor kamera Omnivision yang memiliki keunggulan yang terletak pada teknologi untuk mengurangi benturan antar warna. Lalu mampu mengurangi noise pada saat penggunaan kamera dalam kondisi minim cahaya.

Perlu diketahui, untuk menggunakan kamera pada tempat yang mempunyai cahaya kurang, maka anda membutuhkan adanya lampu Flash guna menunjang performa kamera.

Pada saat penggunaan tambahan lampu Flash, seringkali terdapat noise serta terjadi tabrakan antar warna. Akan tetapi, Anda tidak perlu kuatir, masalah ini dapat anda atasi dengan menggunakan sensor kamera Omnivision.

3. IMX

IMX juga adalah jenis sensor kamera HP besutan Sony selain Exmor yang memberikan kemampuan pengambilan gambar pada cahaya yang redup.

Perbedaan antara IMX dan Exmor (IMX 1855) terletak pada batas besaran ukuran kamera yang digunakan. Jika pada Exmor batas minimal adalah 20MP, sedangkan pada seri IMX dapat mendukung penggunaan kamera dengan resolusi 13MP hingga 18MP saja.

Dalam hal ini, kombinasi sensor IMX dengan kamera 13MP hingga 18MP tetap dapat masuk dalam kategori sangat baik. Dari segi keunggulan pada kedua sensor kamera buatan Sony pada dasarnya mempunyai spesifikasi yang sama. Dimana mampu memberikan hasil gambar dengan kualitas sangat prima, meskipun dalam kondisi yang minim cahaya.

4. ISOCELL

Isocell merupakan jenis sensor kamera HP buatan Samsung yang resmi rilis pada tahun 2013 silam. Jenis sensor ini banyak tersemat pada beberapa ponsel Samsung Galaxy seri A, S, dan J.

Tidak ingin kalah dari IMX 1855, sensor ISOCELL bukan hanya anda temukan pada perangkat Samsung saja, akan tetapi juga dalam beberapa merk smartphone lain. Seperti Lenovo, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Kelebihan dari sensor ISOCELL dari Samsung ini adalah mempunyai kelebihan dalam memisahkan pixel yang tertangkap oleh kamera ponsel dalam kelompok kecil. Dengan demikian, pengguna akan memperoleh hasil yang lebih tajam serta jelas.

Disamping itu, jenis sensor kamera HP ini juga dapat memberikan reproduksi warna yang lebih jernih dan menyerupai aslinya jika padupadan dengan panel layar yang mempunyai kualitas sebanding.

Pemilihan sensor dalam sebuah perangkat HP sesuai dengan ukuran kamera serta kualitas panel layar yang tersemat. Dengan demikian, dapat menjadi perpaduan yang sinkron serta menghasilkan kualitas gambar maksimal. 

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!