Jenis Tanaman Sirih Gading Yang Harus Kita Ketahui

Jenis Tanaman Sirih Gading

Selama pandemic covid-19, tren tanaman hias semakin naik daun, sama halnya dengan tren bersepeda. Banyak sekali jenis tanaman yang mendadak jadi incaran banyak orang, salah satunya adalah sirih gading. Kali ini kita akan membahas Jenis Tanaman Sirih Gading Yang Harus Kita Ketahui

Banyak orang memilih sirih gading karena mudah dirawat dan juga punya banyak manfaat. Untuk para pemula yang ingin memulai hobi tanaman hias atau para pemulai yang baru aktif. Sirih gading bisa menjadi rekomendasi karena sirih gading ini sangat mudah ditanam dan tidak butuh perawatan khusus.

Tanaman sirih gading bahkan bisa tumbuh lebih lama saat bagian tubuhnya mendapatkan sumber air yang cukup. Sirih gading ini dapat kamu simpan di luar ruangan atau menanamnya dalam pot dan menaruhnya di rumah. Yuk kita baca manfaat dari dari tanaman sirih gading berikut ini:

  • Menyegarkan ruangan dengan memberikan lebih banyak oksigen ke dalam ruangan
  • Menyerap racun dan polusi yang ada di sekitar tanaman
  • Membantu melancarkan pernapasan dengan menyegarkan udara
  • Membantu menetralkan aroma tidak sedap di dalam ruangan
  • Membantu menetralkan asap rokok
  • Membantu menurunkan kadar stres dan menenangkan diri

Berikut adalah jenis tanaman sirih gading

1. Sirih Gading Varigata

Sirih gading Varigata merupakan salah satu yang cukup populer. Daunnya sedang dengan perpaduan corak warna hijau-putih. Warna putih yang ada di tanaman ini lebih banyak dan besar dibandingkan dengan sirih gading jenis lainnya.

2. Sirih Gading Kuning

Sama hal dengan namanya, sirih gading kuning mempunyai warna kuning cerah yang memukau. Daunnya kecil, tapi cukup banyak dalam satu tangkai. Jenis sirih gading kuning ini terbilang cukup mudah dirawat di dalam pot. Cukup siram dengan air yang cukup untuk membuat tanahnya lembap.

3. Sirih Gading Silver

Jenis sirih gading silver bisa dibilang termasuk tanaman hias cukup langka dan sulit ditemukan. Maka dari itu, harga tanaman sirih gading silver ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya. Cirinya daunnya didominasi dengan warna silver dan goresan hijau tua.

4. Sirih Gading Ungu

Tanaman sirih gading ungu ini memiliki aksen warna ungu pada daunnya dan menjadi daya tarik terbesar untuk pecinta tanaman. Tapi, sirih gading ungu hanya bisa tumbuh di wilayah lembap dan dingin seperti dataran tinggi. Maka dari itu tanaman ini cukup langka di beberapa daerah.

5. Sirih Gading Marble Queen

Jenis sirih gading yang marble queen ini sangat suka dengan cahaya matahari. Maka dari itu, sebaiknya menaruhnya di luar ruangan. Kalau kamnju mau menaruhnya indoor, simpan di lokasi yang dekat dengan jendela supaya tetap dapat cahaya matahari yang banyak. Marble Queen cukup mudah dijumpai di pasaran dengan tampilan menarik layaknya kumpulan daun berwarna putih-hijau yang dirajut.

6. Sirih Gading Hijau

Daun dari sirih gading hijau ini memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan jenis yang berwarna ungu dan silver. Tapi, daunnya paling lebat di antara jenis tanaman sirih gadinglainnya. Warnanya hijau tua polos terlihat sangat pas untuk dimasukkan ke dalam warna apa pun dalam dekorasi rumah. Kamu bisa menaruhnya di atas meja atau menggantungkannya, sirih gading hijau ini daoat memberi aksen hijau yang menyegarkan.

7. Sirih Gading Philo Brazil

Sirih gading philo brazil ini memiliki kelebihan berupa corak warnanya yang unik. Warna hijau yang dipadukan dengan warna kuning di bagian depan membuat daunnya mirip dengan bendera negara Brazil. gading philo brazil ini butuh air lebih banyak dan ada baiknya disimpan di tempat yang teduh serta sedikit terkena cahaya matahari langsung.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!