Inilah 14 Karya Ikoni ZAHA HADID seorang arsitek wanita yang terkenal didunia

Inilah 14 Karya Ikoni ZAHA HADID seorang arsitek wanita yang terkenal didunia

Inilah 14 Karya Ikonik ZAHA HADID seorang arsitek wanita yang terkenal didunia – Zaha Hadid yang bernama lengkap Mohammad Dame Zaha Hadid (31 Okt 1950-1931 Marer 2016) adalah seorang arsitek Inggris asal Irak. Dia adalah wanita pertama dan yang pertama Muslim untuk memenangkan Pritzker Architecture Prize (hadiah tahunan bergengsi diberikan kepada seorang arsitek yang masih hidup, dan telah memberikan kontribusi bagi kemanusiaan dan lingkungan dibangun melalui seni arsitektur) pada tahun 2004. Ia memenangkan Hadiah Stirling pada tahun 2010 dan 2011.

Berikut adalah 14 Karya Ikonik ZAHA HADID arsitekturnya :

1. Heydar Aliyev Centre, Baku Azerbaijan.

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerdestinasian.co.id

Negara pecahan Uni Soviet mengadakan kompetisi pada tahun 2007 untuk menemukan arsitek yang tepat untuk merancang bangunan budaya paling penting di kotanya. Zaha Hadid telah menjadi salah satu peserta yang akhirnya memenangkan persaingan.

Bangunan ini memiliki struktur yang fleksibel melambangkan desain optimisme dan harapan bahwa negara Azerbaijan akan meninggalkan komunisme gaya kaku pemerintah di masa lalu.

Bangunan ini memiliki sebuah auditorium untuk pertunjukan, galeri dan ruang museum. Sejauh ini, Heydar Aliyev Pusat menjadi pusat budaya dan pendidikan yang bermanfaat bagi kota dan penduduknya.

2. Library and Learning Center, University of Economics Vienna, Austria

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkeraasarchitecture.com

Bangunan milik universitas perekonomian ini memiliki banyak elemen unik yang komplemen. Namun, titik utama dari bangunan ini adalah struktur kantilever yang terlihat di seluruh lanskap seluruh sekolah.

3. Dongdaemun Design Plaza (DDP) Seoul, South Korea

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerheydayswithhanna.com

Terletak di pusat budaya Seoul, proyek ini menampilkan busur indah yang merupakan karakteristik dari setiap proyek Hadid. Ketika desain RFP, Hadid berusaha untuk menciptakan struktur yang mencerminkan nilai modern dan futuristik.

Ini menjadi bangunan bersejarah penting di Seoul dan meningkatkan jumlah bangunan di kota sebagai pusat mode terkemuka.

Proyek ini terdiri dari ruang konferensi, ruang pamer, toko-toko dan taman atap yang indah, proyek ini telah menjadi daya tarik wisata utama saat berkunjung ke Korea Selatan.

4. Vitra Fire Station, Jerman

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerarchitectural-review.com

Pada tahun 1981, insiden kebakaran lumpuh Kampus Vitra Design. Satu dekade kemudian, Hadid telah ditetapkan peran kunci untuk memastikan bahwa ini tidak pernah terjadi lagi. Vitra Fire Station dibangun. Selesai pada tahun 1993, proyek ini disebut-sebut sebagai penanda nama-nama besar di dunia arsitektur.

Ada dekonstruktivisme mengesankan lapangan dan saling ketergantungan ruang, kekosongan dan garis. Zaha Hadid telah menciptakan apa yang akan dianggap sebagai struktur yang penting dalam karir seorang arsitek besar.

5. Galaxy Soho Beijing, China

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerhuftonandcrow.com

Scrap kompleks terdiri dari gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan pusat hiburan di Beijing. The Zaha Hadid untuk merancang bangunan dengan empat saling terkait. Masing-masing dilengkapi dengan sebuah halaman batin ciri bangunan tradisional Cina.

6. Maxxi Museo Roma, Italy

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkere-architect.co.uk

proses konstruksi Maxxi Museo menghabiskan lebih dari 10 tahun. Kombinasi bentuk melengkung dan oval yang unik terdiri dari dua bangunan: museum seni kontemporer dan museum arsitektur.

Selain itu, ada juga beberapa bagian lain yang bertemu di auditorium, perpustakaan, toko buku, kafe, restoran dan ruang publik. Hadid menggambarkan proyek sebagai “kampus seni” dan bukan hanya sebuah wadah sederhana.

7. London Aquatics Centre, London, England

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerdomusweb.it

Karya Ikonik ZAHA HADID selanjutnya adalah salah satu fasilitas utama untuk Olimpiade tahun 2012, London Aquatic Centre memfasilitasi berbagai olahraga air seperti berenang, menyelam dan berenang serta untuk kompetisi internasional.

Konsep bangunan ini terinspirasi oleh gerakan air, menggunakan lebih dari 600 kaca jendela untuk memaksimalkan cahaya alami ke dalam gedung.

8. Guangzhou Opera House, Guangzhou China

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkernytimes.com

Selama beberapa dekade, opera house adalah representasi besar gaya arsitektur kontemporer. Dari Paris ke Sydney setiap Mewujudkan UNSUR unik untuk usia mereka; Guangzhou Opera House tidak terkecuali. Sebagai sisi batu kristal besar, rumah opera jalan-jalan kota. Kaca sudut lancip baja, kulit interior beton cerah dan berombak. Sebagai sayap keras kumbang menyembunyikan tubuh lembut, sehingga bagian penutup luar yang di tawarkan. Lampu-lampu berkelap-kelip dari langit-langit dan desain akustik, membuat situs ini sempurna untuk tujuan sebagai pusat opera.

9. Bergisel Ski Jump Tower, Innsbruck, Austria

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerhyperallergic.com

Karya Ikonik ZAHA HADID melalui Bangunan ini merupakan kombinasi dari bangunan raksasa dan jembatan. Berdiri 164 kaki tinggi, proyek tersebut memiliki fasilitas olahraga, kafe dan teras balkon.

Dua lift yang tersedia dapat menyebabkan pengunjung untuk pergi ke kafe di bagian atas bangunan. Anda dapat menonton atlet yang bermain sambil menikmati pemandangan pemandangan Alpine.

10. The Riverside Museum, Skotlandia

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerarchdaily.com

Seperti namanya, museum ini terletak di sebelah sungai di Glasgow. The Riverside, seperti yang tertulis theculturetrip.com, adalah salah satu yang paling bangunan indah Hadid. zigzag atap tampak menyatu dengan riak air di dekat Sungai Clyde. Dinamis pencetakan Hadid menyentuh Museum Transportasi. Undulations dari desain yang sama terletak di bagian dalam bangunan dan eksternal. Berkelok-kelok di sekitar gedung. Pendekatan yang tidak biasa Hadid membuat ikon baru Glasgow Riverside Museum.

11. Ordrupgaard Extension, Kopenhagen

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkerinexhibit.com

Selain desain yang futuristik, karya Zaha Hadid selalu berbaur dengan lingkungan. Zaha Hadid adalah seorang arsitek yang mendengarkan lingkungan. Dengan Riverside, dia meniru Sungai Clyde. Ordrupgaard Museum ekstensi di Kopenhagen, ia bingung riak sekitarnya lanskap. Taman juga di dalam panel kaca semi-transparan yang menawarkan privasi dan koneksi dengan alam. Ini tidak menurun proporsi bangunan aslinya sudah ada sejak 1918, namun melahirkan sebuah karya baru yang modern dan elegan.

12. Phaeno Science Centre, Wolfsburg

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkeren.wikipedia.org

Sebuah karya arsitektur yang menyerupai gunung es. Hanya beberapa orang dapat mengubah beton, baja dan kaca di “sepotong hipnotis arsitektur. “Sukses Zaha Hadid dengan itu. Jendela beton dingin dan es putih, menawan, tapi di dalam, grid langit-langit memaksakan kolom beton besar memberikan ruang perasaan monumental.

13. Pierresvives, Montpellier

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkermimoa.eu

Dalam karya ini, Hadid bertemu tiga identitas dalam sebuah karya. Bangunan ini rumah arsip, perpustakaan, perpustakaan dan olahraga. Kualitas beton dan geometris Pierresvives penampilan yang meyakinkan untuk arsip dan perpustakaan, tetapi hal ekstensi dan proyeksi menyadari aspek olahraga.

14. Hungerburgbahn, Innsbruck, Austria

14 Karya Zaha Hadid, Arsitek Perempuan Pertama yang Raih Penghargaan Pritzkeraustria.info

Hungerburgbahn adalah rel kereta api yang elok. Masing-masing dari empat stasiun dirancang oleh Zaha Hadid. Stasiun Hungerburg pada umumnya tergambar megah dengan latar belakang gunung bersalju di Innsbruck. Bangunannya menyerupai setengah jamur dan setengah es berenamel.

Nah itulah 14 karya ZAHA HADID seorang arsitek wanita yang terkenal didunia yang dunia teknologi bagikan kali ini.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!