Kelebihan dan Kekurangan Realme Smart TV

Kelebihan dan Kekurangan Realme Smart TV

Realme Indonesia belum lama ini membawa produk terbarunya realme Smart TV. TV pintar berbasis Android tersebut menyediakan kenyamanan menikmati ribuan jam konten dari berbagai platform. Dijual dengan harga kompetitif dan bisa Anda cek harga realme smart tv dibawah ini:

HARGA REALME SMART TV

Nah, untuk Anda yang dalam waktu dekat berencana ingin membeli realme Smart TV sebagai pusat hiburan baru di ruang keluarga, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan realme Smart TV

Desain ramping dengan bezel tipis

Dengan bezel yang amat tipis, hanya 8,7mm, realme Smart TV sanggup menawarkan pengalaman yang lebih impresi untuk memikat konsumen. Langkah yang patut diapresiasi karena di kelas harganya masih ada smart TV yang menggunakan bezel cukup tebal. Bukan cuma itu, penggunaan bezel yang tipis sekaligus membuat realme Smart TV lebih ramping.

Sangat keren ketika dipajang di ruang tamu karena akan memberi kesan lebih mewah dibandingkan tv dengan bezel tebal yang terlihat kuno. Desain dengan bezel tipis juga bisa menghadirkan pengalaman imersif saat menonton TV.

realme Smart TV mempunyai dua ukuran yang sesuai dengan pilihan layar, yakni 32” (80cm) dan 43 inci (108cm). Untuk ruangan besar, tentu lebih nyaman memiliki ukuran 43” apalagi buat menonton ramai-ramai. Sedangkan jika ukuran ruangan kecil, termasuk seperti di kamas kos, maka pilihan paling realistis adalah 32”. Tapi tentu ini kembali ke selera masing-masing pengguna.

Terlepas dari desain bezel-less yang premium, realme Smart TV juga memperhatikan perihal kualitas dan reliabilitas. Dari informasi yang kami terima, perangkat ini telah melewati tes kualitas yang ketat, termasuk tes di temperatur rendah -20 ℃, tes jatuh dari ketinggian 760mm, tes tekan tombol sebanyak 5000 kali, tes nyala-mati sebanyak 5500 kali dan lainnya.

realme Smart TV juga lolos standar test internasional ISTA. PCB di realme Smart TV mengintegrasikan modul daya, Bluetooth, Wi-Fi, prosesor dan komponen lainnya. Desain yang terintegrasi dan mungil membuat penyusunan kabel lebih sederhana dan mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan keandalan.

Kualitas visual cukup baik di kelasnya

realme Smart TV meluncur di Indonesia dengan dua opsi ukuran layar, yaitu 32 inci (80cm) dengan resolusi 1366 x 768 pixel, dan 43 inci (108cm) dengan resolusi Full HD alias 1920 x 1080 pixel. Aspect ratio-nya 16:9 dan sanggup memberikan hingga 16,7 juta warna plus dukungan Chroma Boost Picture Engine sehingga gambar terlihat lebih cerah dan menawan.

Teknologi Chroma Boost Picture Engine tersebut kini diterapkan pula di realme Smart TV. Tentu bukan di kamera karena televisi tidak punya kamera, melainkan untuk meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan. Chroma Boost meningkatkan kecerahan, warna kontras serta kejelasan untuk menghasilkan visual yang menakjubkan.

Panel realme Smart TV sendiri memiliki tingkat kecerahan lebih dari 400 nits. Itu artinya, gambar akan tetap terlihat jelas meski kondisi ruangan terang, atau ada sinar matahari yang masuk dari jendela. Sudut pandangnya juga luas, 178 derajat. Menonton dari posisi yang agak ke samping (bukan tepat di tengah) tidak akan terasa ada penurunan kualitas gambar.

24W Quad Stereo Speakers dan Dolby Audio

realme Smart TV dipasangkan 24W Quad Stereo Speakers yang menurut kami menjadi nilai plus dibandingkan produk pesaing di kelas yang sama. Dua pasang speaker diletakkan di bawah realme Smart TV. Setiap pasangnya terdiri dari satu speaker full-range dan satu tweeter.

Ukuran tiap pasang speaker mencapai 183.346.845.2mm untuk TV 43” (108cm) dan 1204742.5mm untuk 32” (80cm). Total daya dari ke-empat speakers mencapai 24W, jelas lebih bertenaga dibandingkan dengan kompetitornya.

Kombinasi tersebut terbukti mampu menghasilkan audio yang lantang dan bertenaga. Hentakan bass-nya juga cukup terasa, sehingga membuat realme Smart TV tidak hanya asyik saat digunakan menonton film, tetapi juga untuk mendengarkan musik misalnya dari YouTube.

Berbasis Android, bisa mengunduh banyak aplikasi dari Google Play Store

realme Smart TV merupakan TV pintar dengan sistem operasi Android TV (Android 9.0), yang artinya Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi menarik yang tersedia di Google Play Store. Satu keunggulan yang membuat perangkat ini ideal sebagai paket hiburan yang praktis untuk seluruh anggota keluarga dengan 100,000+ jam konten tak terbatas dari berbagai sumber.

Remote praktis

Remote control dari realme Smart TV mengadopsi desain ergonomis, melalui pengukuran yang presisi dan pegangannya didesain khusus untuk lekukan telapak tangan. Secara keseluruhan remote control realme Smart TV menggunakan bahan polimer komposit untuk mengurangi berat dan menghaluskan permukaan sehingga sentuhan tetap natural dan nyata.

Remote control menyediakan beberapa tombol utama saja untuk keperluan navigasi. Pada remote control ini Anda akan menemukan tombol khusus (hot key) untuk memudahkan akses ke layanan streaming favorit seperti YouTube, Netflix, dan Prime Video.

Port/input cukup komplit dan Bluetooth 5.0

TV pintar ini menawarkan 3 port HDMI, 1 AV, 1 untuk Tuner, 2 port USB, 1 LAN, dan tidak ketinggalan Audio Out SPDIF 1. Cukup komplit! realme Smart TV juga dibekali teknologi Bluetooth versi 5.0. Anda bisa dengan mudah menghubungkan beragam perangkat nirkabel dengan koneksi Bluetooth seperti mouse, keyboard, hingga gamepad.

Kekurangan realme Smart TV

Software masih perlu dioptimalkan lagi

Walaupun secara keseluruhan pengalaman yang ditawarkan sudah amat baik, kami merasa masih ada ruang untuk mengoptimalkan software dari realme Smart TV. Kami sempat menemukan beberapa bug yang sifatnya minor. Contohnya: kami sudah mengaktifkan game mode, tapi ternyata saat game dimainkan mode tersebut belum menyala dan harus diaktifkan kembali.

Performa cast kurang mulus

Untuk Anda yang gemar melakukan casting alias menampilkan konten dari smartphone ke TV, pada realme Smart TV fungsi tersebut terasa kurang mulus.

Ada sedikit ghosting, terutama saat bermain game dengan adegan cepat

Kami sempat mencoba memainkan konsol PlayStation 4 di realme Smart TV. Secara keseluruhan pengalaman yang ditawarkan masih lumayan, tapi terkadang kami menemukan ghosting (seperti berbayang) pada adegan-adegan aksi dengan gerakan yang cepat.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari realme Smart TV. Memang belum sempurna, tapi kami menilai realme Smart TV merupakan salah satu opsi paling menggiurkan yang bisa Anda beli di pasaran Indonesia saat ini. Kualitasnya dari segi visual maupun audio layak disebut sebagai yang terbaik di kelasnya.

Dijual dengan harga Rp 2 jutaan untuk 32 inci dan Rp 3 jutaan untuk 43 inci serta gratis 1 bulan berlangganan Vidio Premier Platinum hingga Desember 2020, realme Smart TV sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali ingin membeli smart TV.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!