Kenapa Baterai Hp Cepat Habis?

Kenapa Baterai Hp Cepat Habis? – Sekarang ini hampir semua orang memakai handphone. Baik untuk berkomunikasi, bekerja maupun eksis di dunia internet. Untuk melakukan semua hal itu, baterai menjadi komponen paling penting karena dialah yang menyuplai daya supaya hp dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Selain Smartphone Sering Panas, Kenapa ya baterai hp cepat habis? Mungkin pertanyaan itu sering muncul dalam benak kita.

Penggunaaan hp sekarang sudah menjadi kebutuhan, membuat kita lupa bahwa perangkat ini juga memiliki batasan – batasan dalam penggunaannya. Jika sudah melampaui batas maka hp akan bekerja dengan ekstra yang otomatis memerlukan sumber daya yang besar. Hal itu berdampak pada pengurangan daya baterai Nah dalam artikel ini kita akan cari tahu kenapa baterai hp cepat habis.

Ada banyak alasan kenapa baterai cepat habis. Berikut beberapa diantaranya yang menjadikan penyebab baterai hp android cepat habisnya :

Penyebab Baterai Cepat Habis

1. Sosial Media

Aplikasi sosial media yang sekarang ini banyak berkembang macamnya taentu saja ini memudahkan kita untuk berkomunikasi walau dengan jarak yang sangat jauh sekalipun. Namun konsekuensi dari aplikasi sosial media yang banyak berkembang macamnya itu membutuhkan jaringan internet yang harus selalu aktif.

Kenapa baterai hp cepat habis dalam penggunaan sosial media ini? Jawabannya seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa media sosial membutuhkan jaringan internet. Untuk mencari jaringan internet tersebut perangkat hp otomatis terkuras daya baterainya. Apalagi jika anda adalah orang yang sangat aktif di dunia sosial media. Selama masih ada paket data, jaringan internet akan terus bekerja meskipun tidak sedang kita pakai. Hal itulah yang menguras daya baterai dan menyebabkan baterai cepat habis.

2. Kerja Sistem Yang Berlebihan

Smartphone android mempunyai sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan semua fungsi aplikasi yang ada di hp tersebut. Sistem tersebut memang bisa menjalankan satu hingga dua aplikasi secara bersamaan yang biasa disebut dengan istilah multitasking. Namun jika lebih dari itu biasanya sistem akan mencapai batasnya dan tidak dapat bekerja dengan maksimal yang biasa kita sebut lag (ngelag). Nah penggunaan sistem yang sudah mencapai batasnya ini akan menguras tenaga baterai dan menyebabkan baterai cepat habis.

3. Kecerahan Layar Yang Berlebihan

Pengaturan kecerahan layar yang full dapat mengakibatkan baterai hp kita cepat habis. Maka dari itu pengaturan kecerahan layar jangan sampai full setidaknya setengah saja agar dapat menghemat daya baterai hp kita.

4. Sinyal

Sinyal ini menjadi hal yang utama dalam fungsi hp karena merupakan jaringan yang harus dioperasikan. Jika hp tidak menangkap sinyal maka tidak akan bisa dipakai untuk keperluan komunikasi atau yang lain sebagaimana mestinya. Pencarian sinyal inilah yang membutuhkan daya baterai yang cukup besar sehingga menyebabkan baterai hp cepat habis.

5. Kesalahan Dalam Penggunaan Charger

Setiap hp pasti dibekali dengan baterai yang dapat diisi dayanya. Namun kita harus perhatikan juga penggunaan charger yang kita pakai untuk mengisi baterai hp kita. Kesalahan dalam penggunaan charger ini akan berdampak buruk pada usia baterai hp kita. Gunakanlah charger yang sesuai dengan voltase baterai. Yang paling aman adalah selalu menggunakan charger bawaan hp pada saat kita membeli hp tersebut.

6. Kesalahan Dalam Proses Pengisian Daya

Pada saat pengisisan daya juga harus kita perhatikan. Janganlah menggunakan hp untuk bermain game atau mendengarkan musik sambil mengisi daya baterai. Karena hal itu akan berdampak buruk bagi baterai dan memperpendek usia penggunaan baterai hp kita. Lebih bagus lagi jika kita mengisi daya baterai dalam posisi off atau hp dimatikan. Sehingga pengisian baterai akan lebih maksimal.

Nah mungkin sekian artikel yang bisa kami bagikan untuk menjawab pertanyaan kenapa baterai hp cepat habis. Intinya adalah kembali ke kebijaksanaan kita dalam menggunakan hp tersebut. Gunakanlah hp secara bijaksana dan manfaatkanlah sebagimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!