Kominfo Ban Steam, ini tanggapan PSE Persatuan Game Indonesia.

Asosiasi Game Indonesia (AGI) yang mengatur pengembang game lokal telah memberikan tanggapan resmi terhadap peraturan PSE tersebut.

Logo AGI (AGI.or.id)

Duniateknologi.info – Kominfo memblokir beberapa layanan dan situs, termasuk Steam dan Epic Games Store. Ini tidak hanya berlaku untuk pemain, tetapi juga untuk pengembang game lokal.

Seperti diketahui, larangan Kominfo mengikuti pendaftaran Electronic System Operators (PSE) untuk layanan seperti Steam dan Epic Games Store.

Asosiasi Game Indonesia (AGI) yang menaungi pengembang game lokal telah memberikan tanggapan resmi terhadap larangan Kominfo.

Menurut AGI, pelarangan oleh Cominfo tidak permanen, hanya sebagai sanksi bagi PSE yang tidak terdaftar. Nantinya, pemain bisa kembali mengakses Steam, Epic Games Store, dan layanan populer lainnya.

AGI juga menghimbau PSE untuk mendaftarkan diri ke Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait regulasi yang diterapkan di Indonesia.

Di situs resminya, AGI.or.id, berikut tanggapan AGI atas tindakan pelarangan Kominfo dan aturan PSE.

Baru-baru ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memberlakukan kewajiban Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) untuk mendaftarkan Sistem Elektronik (SE) mereka untuk beroperasi di Indonesia. Undang-undang ini dimaksudkan untuk mendaftarkan dan mengatasi ancaman terhadap masyarakat Indonesia di dunia digital seperti penipuan, transaksi palsu, pencurian informasi pribadi dan lain-lain.

Pendaftaran di PSE dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Saat ini terdapat 8.920 UK yang terdaftar baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika mengirimkan surat pemberitahuan kewajiban ini kepada PSE pada 22 Juni 2022, 90 dari 100 UK terpopuler di Indonesia telah terdaftar.

Sayangnya, 6 dari 10 SE terpopuler yang belum terdaftar berasal dari bidang video game. SE ini termasuk Steam, Dota 2, CS:GO (Valve Corporation), Epic Games (Epic Games, Inc), dan Home (Electronic Arts). Oleh karena itu, KOMINFO telah menghentikan akses ke SE ini efektif 29 Juli 2022 pukul 23:59.

Penangguhan akses tidak permanen, dan warga Indonesia dapat kembali menggunakan UK yang terkena dampak setelah mendaftar seperti sebelumnya. Saat ini, KOMINFO secara aktif menghubungi PSE yang terkena dampak dan menindaklanjuti setelah PSE terdaftar.

Meski sanksi saat ini hanya dikenakan pada sejumlah UK terkemuka, persyaratan pendaftaran berlaku untuk semua UK yang beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu, AGI secara pribadi menghimbau para pelaku industri game swasta di Indonesia untuk segera mendaftar Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Elektronik Berbasis Risiko/Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) di laman oss.go.id.

Jika Anda perwakilan PSE mengalami kesulitan teknis saat proses pendaftaran, silakan temukan petunjuk pendaftaran di tautan https://s.id/pendaftaranpseprivat. Jika terjadi masalah lebih lanjut, PSE dapat menghubungi Help Desk Pendaftaran PSE pribadi melalui:

Telepon: 0811-1111-3111;
WhatsApp: 0815-1945-6822
Alamat email: [email protected]
Pelayanan online: https://s.id/pse-zoom

Hal itu sebagai respon terhadap regulasi PSE yang diberlakukan oleh Asosiasi Gaming Indonesia. Termsuk bersama dengan melarang Steam dan beberapa layanan lain yang terkait dengan game. Anda dapat mengunjungi situs untuk lebih https://www.agi.or.id/id/berita-terbaru/cepatan-agi-terkait-pse

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!