Manfaat Fintech Untuk Masalah Keuangan Di Tengah Masyarakat

Manfaat Fintech Untuk Masalah Keuangan Di Tengah Masyarakat

manfaat fintech untuk masalah keuangan di tengah masyarakat – Di zaman sekarang perkembangan dunia finansial tumbuh begitu sangat cepat salah satunya dengan kemunculan fintech (financial technology) dengan berbagai macam manfaat fintech itu sendiri. Seperti yang kalian ketahui fintech adalah kepanjangan dari financial technology atau sebuah teknologi yang difungsikan untuk mempermudah sebuah transaksi finansial dengan lebih modern. Munculnya teknologi finansial ini memang mempermudah mereka yang membutuhkan dana, mengelola dana hingga melakukan transaksi lainnya.

Semua proses transaksi dapat dilakukan hanya dengan smartphone milikmu. Kemudahan dan kecepatan dari proses inilah yang ditawarkan oleh teknologi finansial di era sekarang untuk menarik orang-orang untuk lebih memanfaatkan fintech dalam proses transaksi sehari-hari. Oleh karenanya, inilah beberapa manfaat fintech yang bisa kamu rasakan dalam proses transaksinya:

Manfaat Fintech Untuk Masalah Keuangan

1. Fintech dapat Meningkatkan Perkembangan Perusahaan Baru (Startup)

Munculnya fintech ini adalah salah satu bukti berkembangnya para startup baru yang memiliki produk finansial yang benar-benar berguna untuk masyarakat. Tidak sedikit Kemunculan perusahaan baru ini memiliki dampak besar terhadap proses transaksi terhadap suatu daerah, namun perusahaan yang memiliki produk terbaik lah yang akan terus bertahan dan berkembang.

Salah satu contoh perusahaan yang memiliki produk finansial baik adalah Akseleran. Platform P2P Lending yang satu ini memiliki produk untuk mereka yang ingin mengembangkan dananya sekaligus membantu para UKM yang membutuhkan pinjaman dana untuk mengembangkan usahanya.

2. Fintech dapat Mengurangi Jumlah Pinjaman yang Memiliki Bunga Tinggi

Tidak sedikit masyarakat yang khawatir terhadap kehadiran yang mengaku sebagai penolong namun malah akhirnya memberikan kesulitan. Namun kehadiran fintech yang benar-benar dapat membantu memberikan kemudahan terhadap permasalah keuangan inilah yang dicari masyarakat.

Mereka yang sudah menggunakan fintech, tentunya memiliki pengalaman yang baik dan buruk, untuk pengalaman yang buruk ini mungkin dirasakan karena beberapa fintech yang digunakan tidak memiliki regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedangkan untuk yang memiliki pengalaman baik, sudah pasti sangat terbantu. Baik itu dari segi pengelolaan keuangan maupun pengajuan pinjamannya.

Dari segi pengelolaan keuangan salah satunya adalah melakukan pengembangan dana, di fintech sendiri imbal hasil keuntungan yang didapat dibandingkan dengan di perbankan sangat jauh rata-rata imbal hasil yang ditawarkan di fintech mulai dari 10%-21% per tahun, sedangkan di bank yang tertinggi adalah melakukan pengembangan dana melalui deposito dengan imbal hasil 7% per tahun.Sedangkan apabila menggunakan fintech untuk mengajukan pinjaman proses dan persyaratan jauh lebih mudah dan efisien dibandingkan jika melalui perbankan.

3. Mempermudah Layanan Finansial

Kemudahan dalam layanan finansial adalah salah satu manfaat yang selalu ditawarkan fintech untuk para calon penggunanya. Hal ini memang terbukti, jika kamu melihat beberapa tahun ke belakang dimana kamu harus melakukan transfer, pengajuan untuk pinjaman modal maupun melakukan investasi, semua harus dilakukan dengan datang ke tempat dimana mereka ingin menggunakan layanan tersebut.

Sementara di era sekarang semua itu dapat dipermudah hanya dengan menggunakan smartphone. Ditambah beberapa hal seperti melakukan pembayaran listrik, telepon, BPJS hingga membeli pulsa semua dapat dilakukan hanya dengan 1 aplikasi yang disediakan oleh beberapa fintech.

Hal-hal tersebut dapat lebih mengefisienkan waktu serta tenaga karena tidak perlu keluar rumah untuk melakukan sebuah transaksi.

4. Fintech Dapat Meningkatkan Taraf Hidup

Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas, fintech dapat meningkatkan taraf hidup melalui pengembangan dana yang kamu lakukan maupun dengan beberapa cara lainnya. Salah satu contohnya, ada perusahaan startup yang kemudian membuat inovasi untuk membantu perusahaan kecil untuk memiliki sebuah usaha dimana untuk meningkatkan daya beli dari konsumen atau masyarakat.

Lebih dari itu, manfaat fintech yang satu ini memang terbukti memiliki peranan yang penting dalam upaya pengentasan kemiskinan yang ada di asia tenggara.

5. Membantu UKM Mendapatkan Modal Usaha Berbunga Rendah

Jauh sebelum financial technology muncul, para UKM mengandalkan Bank untuk mendapatkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha miliknya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pinjaman modal usaha melalui bank biasanya prosesnya cukup panjang dan sulit.

Namun kemunculan fintech ini juga akhirnya membuat para UKM memiliki alternatif untuk menawarkan pinjaman modal usaha dengan bunga yang relatif lebih rendah dan proses yang lebih singkat.

Salah satu sistem yang memiliki peran ini adalah Peer-to-Peer (P2P) Lending dimana sebuah platform yang mempertemukan mereka yang membutuhkan pinjaman modal usaha dan mereka yang ingin melakukan pengembangan dana atau ingin meminjamkan dana yang mereka miliki.

6. Mendukung Inklusi Keuangan Nasional

Kita seringkali berbicara untuk meningkatkan inklusi keuangan, namun tidak mengetahui secara pasti apa itu inklusi keuangan. Inklusi keuangan adalah suatu hak yang dimiliki setiap orang untuk dapat memiliki akses dan layanan penuh dari lembaga keuangan secara tepat waktu, nyaman, informatif dan terjangkau biayanya dengan penghormatan penuh terhadap harkat dan martabatnya atau mudahnya layanan keuangan yang tersedia bagi seluruh lapisan masyarakat dari berbagai daerah dan wilayah.

Pada 2019 lalu, Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DKNI) memiliki target 75% inklusi keuangan. Namun nyatanya baru tercapai 49% artinya masih di bawah dari standar yang sudah ditetapkan. Itulah mengapa pemerintah memiliki sebuah kebijakan untuk meningkatkan inklusi keuangan nasional.

Melalui manfaat Fintech untuk masalah keuangan karena itu fintech adalah alternatif solusi untuk mempermudah mereka mencapai target inklusi keuangan. Nah untuk mencapai inklusi keuangan nasional kamu bisa memulainya dengan memberikan kontribusi untuk ekonomi nasional melalui Akseleran.

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Melalui Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Dengan imbal hasil hingga 21% per tahun, kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke cs@akseleran.co.id.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!