Mengenal Jenis SSD Dan Kenali SSD Terbaik

Mengenal Jenis SSD Dan Kenali SSD Terbaik

Penyimpanan data pada personal Computer (PC) dan laptop terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Mulai dari lahirnya hardisk yang fenomenal dulu hingga lahirnya SSD. Para ahli menyebut jenis SSD sebagai teknologi masa depan.  Karena dengan ukuran, bahan dan media yang kecil, SSD mempunyai kapasitas yang cukup besar. Sehingga mampu menyimpan data dan informasi dalam jumah banyak.

Lagi lagi, ada banyak jenis SSD dan kenali jenis ssd terbaik agak susah apalagi banyak yang beredar luas di pasaran. Bagi Anda yang tidak punya dasar teknisi komputer, Anda akan kebingungan untuk memilah dan memilih mana SSD terbaik.

Jenis SSD apa saja? Ada banyak jenis SSD dari produsen yang berbeda pula. Inilah beberapa jenis SSD yang ada di pasaran:

  • SSD M.2 SATA
  • SSD Tipe SATA 2.5 inch
  • SSD M.2 NVMe
  • SSD SATA (Serial ATA)
  • SSD PCIe

Mau tahu apa saja jenis jenis SSD terbaik yang ada di pasaran? Penulis akan menjelaskan kepada Anda jenis SSD terbaik dalam artikel ini.

Aneka Jenis SSD yang beredar di pasaran

SSD singkatan dari Solid State Drive. Yaitu sebuah media penyimpanan non mekanik berbasis flash. Media penyimpanan SSD ini akan menggantikan HDD dalam beberapa tahun yang akan datang.

Kini orang sudah mulai banyak yang mengenal apa itu SSD. Bentuknya yang kecil, padat dan ramping membuat banyak orang jatuh hati untuk menggunakannya. Memanfaatkan SSD sebagai media penyimpanan pada laptop Anda akan meningkatkan produktifitas Anda. Sehingga pekerjaan Anda lebih cepat, efisien dan hemat waktu.

Banyaknya jenis jenis SSD dan merek SSD yang beredar di pasaran membuat Anda perlu waspada. Mengapa Anda perlu waspada? Agar Anda tidak salah memilih SSD terbaik. Karena Anda akan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Maka, Anda perlu mempelajari apa saja jenis jenis SSD yang ada di toko-toko dan bagaimana kinerjanya. Sehingga Anda bisa memilih dan menggunakan SSD terbaik untuk menemani Anda bekerja.

Mengenal Jenis-jenis SSD

Penyimpanan data berbasis SSD ini termasuk penemuan baru. Akan tetapi aneka macam brand SSD sudah beredar di pasaran.

Bagi Anda yang tidak akrab dengan dunia teknologi, laptop dan komputer tentu juga merasa bingung dan ragu-ragu untuk menentukan mana SSD yang tepat untuk laptop Anda.

Inilah beberapa jenis SSD yang beredar di pasaran yang perlu Anda tahu:

SSD M.2 SATA

Jenis SSD SSD M.2 SATA  ini desain dan bentuknya layaknya RAM. Para pabrikan SSD jenis ini mendesainnya kecil mungil. Desainnya khusus untuk penggunaan laptop dan komputer atau mobile.

SSD jenis ini dirancang sedemikian rupa, agar hemat dan tidak memakan banyak tempat. Sehingga laptop ringan saat dibawa ke mana-mana.  Ada berbagai ukuran SSD jenis ini.

Perbedaan bentuk dan ukuran dikenal dengan istilah Form Factor. Berbagai bentuk dan ukuran jenis ini adalah 22mm x 60 mm,  22mm x 42mm, 22mm x 110 mm,  22 mm x 80 mm

SSD tipe SATA 2.5 inch

Model SSD tipe SATA 2.5 inch  ini memiliki bentuk dan model yang tidak jauh berbeda dengan HDD laptop 2.5.  Sehingga, namanya menjadi SSD tipe Sata (SATA) 2.5 inch. Para teknisi laptop banyak menyarankan untuk menggunakan SSD jenis ini.

Keunggulannya memiliki kecepatan dan booting yang stAndar dengan harga yang di bawah rata-rata.  Dengan harganya terbilang murah. SSD jenis ini memiliki kecepatan baca (read) kurang lebih 550 Mbps. Sedangkan kecepatan menulisnya (write) berkisar pada angka 500 Mbps.

SSD M.2 NVMe

Secara fisik SSD M.2 NVMe ini  tidak jauh berbeda dengan SSD M.2. Tetapi dalam hal speed memiliki perbedaan yang sangat mencolok.  Para ahli dan teknisi mengklaim bahwa M.2 NVMe memiliki kecepatan 3 kali lebih cepat dibanding dengan SSD SATA M.2.

Mengapa memiliki kecepatan yang jauh berbeda? Karena SSD M.2 NVMe  memanfaatkan teknologi  Non-Volatile Memory Express (NVMe).

Yaitu sebuah teknologi yang mengembangkan stAndar AHCI (Advanced Host Controller Interface).

Sehingga kecepatannya melebihi kecepatan SATA biasa. Apabila Anda ingin memanfaatkan SSD NVMe  ini pastikan laptop Anda support.

Mengapa perlu melakukan pengecekan?  Karena banyak motherboard lama yang tidak support dengan sistem SSD NVMe.  Penasaran, bagaimana cara mengecek apakah motherboard laptop Anda support atau tidak dengan teknologi SSD NVMe?

Anda bisa langsung mengecek di website resmi produsen motherboard. Apakah pada bagian spesifikasi Storage ada keterangan PCie 3.0 x4 mode.  Jika jawabannya iya, maka laptop Anda support dengan teknologi SSD NVMe ini.

Sebaliknya, jika tidak ada keterangan, maka motherboard laptop Anda tidak support dengan teknologi SSD NVMe. Solusinya Anda menggunakan jenis SSD yang yang lain.

SSD SATA (serial ATA)

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa teknologi sebelum SSD adalah teknologi penyimpanan HDD.  Penyimpanan HDD menerapkan jalur akses data (interface) SATA.  Sehingga mayoritas laptop menggunakan jalur SATA ini.

SATA sebagai media penting untuk menggabungkan sebuah motherboard dengan media penyimpanan HDD (hardisk). Maka, SSD generasi awal juga menggunakan interface. SATA ini biasanya dilengkapi konektor SATA 3.

Bagi Anda yang menggunakan laptop lama yang support dengan HDD SATA, Anda dapat memanfaatkan SSD SATA untuk menggantikan HDD SATA. SSD SATA memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding dengan SSD yang lainnya.

Pertimbangannya bukan pada kualitas saja. Akan tetapi semakin ke sini banyak orang yang ingin melakukan upgrade SSD mereka ke SSD terbaru. SSD SATA ini memiliki kecepatan hingga 500 Mbps.

Kecepatannya 300% hingga 500% persen dibanding dengan hardisk SATA. Padahal, hardisk SATA memiliki kecepatan baca (read) dan tulis (write) hanya kisaran 160 Mbps.

Umumnya SSD SATA punya 2 konektor untuk menghubungkan SSD pada motherboard.

Pertama adalah konektor SATA 3 yang sama persis dengan konektor yang terdapat pada HDD SATA. SSD yang menggunakan konektor jenis ini biasanya memiliki ukuran yang sama persis dengan hardisk SATA yaitu ukuran 2.5inch.

Kedua, konektor M.2 SATA. Konektor jenis ini biasanya support dengan laptop terbaru. Sehingga SSD jenis ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan ramping seukuran dengan RAM.

SSD PCIe

Jenis SSD PCIe  ini memanfaatkan Interface PCIe.  Media penyimpanan SSD yang berbasis PCIe  ini, memiliki kemampuan dan kinerja yang cukup baik. Jauh melampaui kemampuan SSD Serial Ata (SATA).

Teknologi SSD PCIe banyak dikembangkan oleh PCI-SIG (PCI Special Interest Group). Produk SSD PCIe  yang sudah beredar dan banyak terkenal pada kalangan teknisi adalah jenis Intel Optane SSD 905p Series.

Bukan hanya itu, Intel juga telah mengeluarkan produk spesial yang memiliki kinerja layaknya SSD dan punya form factor M.2. Produk ini dikenal dengan nama  Intel Optane Memory.

Intel Optane Memory  ini memiliki kinerja sebagai cache yang bertugas untuk membantu mempercepat kinerja HDD.

Jenis SSD terbaik

Banyak produk SSD yang beredar di pasaran.  Sehingga Anda merasa bingung untuk memilih salah satunya.

Padahal Anda ingin memilih dan memanfaatkan SSD terbaik untuk membantu menyelesaikan tugas sehari-hari Anda di depan layer laptop.

Apa saja SSD terbaik yang penulis rekomendasikan untuk Anda? Berikut jenis SSD terbaik yang bisa Anda gunakan:

Samsung X5 Portable

Samsung X5 portable ini sangat cocok bagi Anda para konten kreator untuk menunjang kinerja laptop Anda. SSD jenis ini, ditunjang oleh teknologi Thunderbolt 3 yang memiliki Enkripsi AES 256-bit.  Kecepatan  tulis (write) yang luar biasa hingga 2800 Mbps.

Sedangkan kecepatan bacanya (read) hingga 2300 Mbps.  Bayangkan saja, dengan memanfaatkan SSD jenis ini, Anda bisa memindah file video dengan sangat cepat.

Video kapasitas puluhan GB hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Amazing, bukan?

Bukan hanya itu, SSD ini memiliki ketahanan yang ampuh. Mengapa sangat tangguh dan ampuh? Karena terbuat dari magnesium solid. Sehingga SSD ini tidak akan hancur walaupun jatuh dari ketinggian 2 Meter.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp5.455.000 – Rp10.250.000

Intel 760p series SSD

SSD intel 760p ini termasuk series terbaik.  Mengapa terbaik? Karena SSD ini memiliki performa yang luar biasa dengan harga murah. Kualitasnya jauh lebih tinggi kita bandingkan dengan Intel versi yang lainnya.

SSD ini memiliki kecepatan baca (read) hingga 3.056 Mbps dan kecepatan menulis write) hingga 1.606 Mbps.  Sehingga penulis sangat rekomendasikan SSD ini untuk Anda.

Terutama bagi Anda  yang hobi dengan games. Ada juga berbagai kapasitas untuk SSD jenis ini. Mulai dari kapasitas 128 GB hingga 15 GB.

Kisaran Harga: Rp1.450.000 – Rp 2.075.000

WD black Sn750 NVMe SSD Gaming

Salah satu jenis SSD yang memiliki performa tangguh adalah WD black Sn750 NVMe SSD Gaming. Yaitu SSD jenis chip 3D NAND TLC Sandisk 64-layer.

SSD ini mempunyai kapasitas penyimpanan hingga 1 TB.  Salah satu keunggulan SSD ini memiliki kecepatan baca (read) hingga 3.470 Mbps dan kecepatan tulis (write) 300 Mbps.  Bagi Anda pecinta gaming, SSD ini dilengkapi fitur gaming mode.

Sehingga kinerja drivernya  bisa lebih maksimal saat Anda gunakan.  Bukan hanya itu, SSD WD black Sn750  ini juga sudah terlengkapi oleh fun (kipas) untuk menjaga kestabilan suhu agar tetap dingin.

ADATA XPG SX8200 PRO

Produsen media penyimpanan terbesar ke 2 di dunia adalah Adata.  Maka tidak mengherankan bila produk keluaran mereka memiliki kualitas yang unggul dan mempunyai daya saing di pasaran. Salah satu produk unggulan dari Adata adalah XPG SX8200 PRO.

XPG SX8200 PRO memiliki kecepatan baca (read) 3.500 Mbps dan kecepatan tulis (write) 2.300 Mbps.

SSD jenis XPG SX8200 PRO ini juga dilengkapi oleh kontrol Dual – Core yang punya 4 jalur 8 Mbps dengan dukungan fitur NAND Xtend ECC.  Sehingga SSD ini  lebih tangguh dan memiliki ketahanan yang jauh lebih lama.

Kisaran Harga:  Rp1.450.000 hingga Rp3.950.000

Kesimpulan

Anda merasa ragu sebelum memutuskan membeli SSD? Ini wajar. Karena Anda masih awam dalam dunia penyimpanan data pada laptop. Termasuk SSD ini.

Apalagi, SSD merupakan jenis penyimpanan yang belum lama ditemukan. Sehingga  belum banyak orang memanfaatkannya untuk menemani aktivitas mereka bekerja dan berkarya.

Anda perlu mengenal apa saja jenis SSD yang ada di pasaran agar Anda tidak salah memilih SSD. Tanpa pengetahuan yang dalam tentang SSD, maka Anda berpeluang untuk dimanipulasi oleh orang lain yang ingin merugikan Anda.

Recommended For You

About the Author: Abidaril Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!