Mengenal Jurusan Teknologi Pangan dan Dimana Tempat Kuliahnya

Mengenal Jurusan Teknologi Pangan dan Dimana Tempat Kuliahnya

DuniaTeknologi.Info – Seperti yang kita ketahui Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Dengan semakin berkembangnya teknologi, pangan un tidak terlepas dari teknologi. Tentu saja semaki berkembangnya teknologi putera dan puteri Indonesia sangat dibutuhkan agar bisa bersaing di era globalisasi khususnya teknologi pangan.

Indonesia pun kini memiliki universitas dimana kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu tentang teknologi pangan.salah satu diantaranya jurusan teknologi pangan di Bandung.

Mengenal Jurusan Teknologi Pangan

Nah sebelum kita tertarik dengan teknologi pangan tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu teknologi pangan. Perlu Anda ketahui teknologi pangan dalam bahasa inggris disebut dan dikenal dengan nama “Food Science and Technology“.

Dalam ilmu pangan ini Anda akan dipelajari kenapa makanan cepat basi, terus cara mengetahui kandungan makanan yang ada didalamnya. Nah disini Anda dibutuhkan untuk mencari solusi atau menjadi Quality Control dalam sebuah produk makanan maupun minuman.Anda akan dipelajari program studi ilmu dan teknologi pangan dintaranya :

1. Pengetahuan Bahan Pangan

Disinilah Anda akan mempelajari jenis-jenis makanan, faktor yang merusak dan komponen-komponen yang terkndung didalamnya, apa yang dapat merusak makanan, mulai dari bahan pangan, unsur gizi yang terkandung dan biokimia yang terkandung didalamnya.

Disini juga dipelajari reaksi kimia yang terjadi mulai dari proses panen, distribusi hingga pengolahannya.Dari sini kita akan mudah mengetahui tindak pencegahan dan tindakan tepat serta bagaimana agar tidak merusak bahan.

2. Rekayasa Proses Pangan

Dengan Anda bermodalkan pengetahuan tentang pangan maka akan dengan mudah melakukan proses rekayasa pangan yang mana Anda akan tau tindakan-tindakan serta teknik-teknik pengolahan ang tepat ditunjang teknologi pangan melalui jurusan agribisnis di Bandung.

Teknologi pangan dengan teknologi pengolahan dengan suhu rendah misalnya sterilisasi dengan gelombang ultraviolet dan sterilisasi dengan panas tinggi dalam waktu yang cepat.

3. Teknologi Pengemasan Pangan

Nah setelah kita melalui proses pengolahan pangan tentu saja kita harus mengetahui cara pengemasan pangan agar bisa menarik dan aman untuk dikonsumsi. Disini bukan asal mengemas saja namun Anda harus memenuhi persyaratan fungsi-fungsi pangan agar bisa optimal dimana harus berfungsi sebagai wadah yang dapat melindungi produk pangan dari benturan selama proses distribusi.

Dalam beberapa waktu yang lalu telah diterapkan kemasan aktif dan kemasan pintar. Kemasan aktif misalnya kemasan yang dibekali dengan pengatur kondisi udara dalam kemasan yang bisa menjaga kualitas produk yang dikemasnya bertahan lebih lama. Ada juga kemasan yang dibekali sensor yang dapat menginformasikan penurunan mutu pangan telah mencapai level apa.

4. Keamanan Pangan

Nah ini tidak kalah penting dimana produk yang sudah dikelarkan dan didistribusikan sudah harus terjamin keamanannya. Para produsen pangan ditekankan untuk menerapkan prinsip-prinsip pengolahan pangan yang baik dan halal. Disini khususnya Indonesia, Produsen pangan harus melakukan kontrol yang ketat untuk memastikan produk pangan telah aman dari bahaya-bahaya yang terkandung dalam pangan.

Biasanya dicari dan dikenali bahaya-bahaya yang mungkin terdapat pada bahan pangan dan menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk menghilangkan bahaya tersebut. Dalam industri pangan dikenal istilah GMP dan HACCP. Maupun bagi yang beragama islam harus tahu yang man produk makanan yang berlabel halal.

Nah sudah tahukan Anda dengan ilmu jurusan teknologi pangan yang mana salah satunya dan menjadi favorit adalah Universitas Masoem Di Bandung yang beralamat : Jalan Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat Telp. 022 7798340 Whatsapp : 08156033022

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!