Mengenal Model PlayStation 3: Daftar dan Perbandingan Model PS3

Mengenal Model PlayStation 3: Daftar dan Perbandingan Model PS3

Mengenal Model PlayStation 3: Daftar dan Perbandingan Model PS3 – Tips Membeli PS3 tidaklah mudah untuk diikuti tanpa mengenal model playstation 3. Selain membeli bekas atau baru, Anda juga harus mempertimbangkan model PS3. Tidak seperti model gen saat ini, perubahannya tidak begitu diucapkan namun mereka masih bisa membuat atau menghancurkan pengalaman Anda.

Ada model PS3 yang mempunyai kompatibilitas mundur PS2 sementara yang lain tidak. Beberapa model memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar sementara yang lain memiliki lebih sedikit tetapi memiliki kinerja yang lebih baik. Oh, dan model yang lebih baru tidak selalu yang terbaik. Itu semua kacau.

Jangan khawatir; inilah mengapa kami dengan susah payah membuat panduan mengenal model PS3 ini secara lengkap.

Namun di tengah semua perbedaan ini, semua model PS3 memiliki konstanta berikut:

Model PS3 Yang Berbeda

  • Hard Drive
  • Port USB
  • Pemutar Blu-ray

Sebelum kita melihat daftar panjang nomor model, fitur, harga, warna, dan segala sesuatu yang membentuk masing-masing nomor model PS3, mari kita bicara sebentar tentang 3 model PS3 yang berbeda:

Model PS3 Asli (Fat)

Pada November 2006, Sony merilis model PS3 “Phat” asli. Dinamai demikian karena besar dan berat. Sistem ini tidak hanya memainkan game PS3 (duh!), Tetapi juga mendukung judul PS1 dan PS2.

Ada berbagai ukuran hard drive yang melingkari model dan berkisar dari 20GB, 40GB, 60GB, 80GB, dan versi 160GB.

Model PS3 Fat dapat diidentifikasi oleh kurva thicc-nya, atau jika Anda lebih dari seorang pria angka, maka Anda dapat menggunakan nomor model berikut:

Model PS3 Fat

CECHA**CECHJ**
CECHB**CECHK**
CECHC**CECHL**
CECHE**CECHM**
CECHG**CECHP**
CECHH**CECHQ**

Model PS3 Slim

Sony kemudian mulai merilis model ramping pada bulan September 2009. PS3 ini dinamakan PS3 Slim karena 32% lebih kecil dan 36% lebih ringan dari model PS3 Fat. Selain itu, ia juga mengkonsumsi daya 33% lebih sedikit dari pendahulunya. Sejauh menyangkut kompatibilitas ke belakang, ini hanya mendukung game PS1.

Sistem ini hadir dalam varian 120GB, 160GB, 250GB, dan 320GB.

Model PS3 Slim memiliki nomor model berikut: Model PS3 Slim

CECH-20**ACECH-25**A
CECH-21**ACECH-30**A
CECH-20**BCECH-25**B
CECH-21**BCECH-30**B

PS3 Super Slim Model

Tiga tahun setelah model Slim dirilis, Sony memutuskan bahwa PS3 yang tahan lama masih belum cukup tipis, dan dengan demikian model Super Slim dirilis pada September 2012. Ini adalah 25% lebih ramping dan 20% lebih ringan dari model Slim. Seperti model Slim, ini juga mendukung game PS 1.

Salah satu perubahan yang jelas adalah penutup disc sliding daripada drive slot-loading tradisional. Versi ini hanya memiliki 2 varian, tidak seperti pendahulunya – versi 250GB dan 500GB.

Model PS3 Super Slim dibedakan oleh nomor model berikut: Model PS3 Super Slim

CECH-40**ACECH-42**B
CECH-42**ACECH-40**C
CECH-43**ACECH-42**C
CECH-40**BCECH-43**C

Itu Menarik … Sekarang, Bagaimana Saya Menemukan Nomor Model Sony PS3 saya?

Menemukan model dan nomor seri di PlayStation 3 Anda mudah. Cukup periksa bagian belakang sistem dan temukan kode batang. Di bawahnya harus nomor seri 11 digit. Di sebelahnya ada nomor model, yang biasanya dimulai dengan “CECH”.

The Phat model

Tabel Perbandingan Model PlayStation 3

PS3 Fat

 20 GB60 GB80 GB
CECHB01CECHA01CECHE01
Release DateNov-06Nov-06Aug-07
Launch Price$499$599$599
Available ColorPiano Black/BlackPiano Black/ChromePiano Black/Chrome
Hardware
Cell Fab Process90nm90nm90nm
GPU Fab Process90nm90nm90nm
Power Consumption180W180W180W
USB Ports444
Flash Card ReaderNoYesYes
WifiNoYesYes
Bundled Accessories
Ethernet CableYesYesYes
Video CableComposite (Analog)Composite (Analog)Composite (Analog)
GamepadSixAxisSixAxisSixAxis
Compatibility
Playstation 2YesYesSoftware
The Slims model

PS3 Slim

 120 GB CECH-2001A250 GB CECH-2001B120 GB CECH-2101A
Release DateSep-09Oct-09Mar-10
Launch Price$299$349$299
Available ColorCharcoal BlackCharcoal Black/White and PinkCharcoal Black
Hardware
CPU Fab Process45 nm45 nm45 nm
GPU Fab Process65 nm65 nm40 nm
Power Consumption250W250W230W
USB Ports222
WifiYesYesYes
Bundled Accessories
Ethernet CableYesYesYes
Video CableComposite (Analog)Composite (Analog)Composite (Analog)
GamepadDualShock 3DualShock 3DualShock 3
Compatibility
Playstation 2NoNoNo
PS3 Super Slim model

PS3 Super Slim

 12 GB CECH-4001A250 GB  CECH-4001B500GB CECH-4001C
Release DateOct-12Sep-12Sep-12
Launch Price$260+$270$300
Available ColorCharcoal Black/Azurite Blue/Garnet RedCharcoal Black/Azurite Blue/Black and Gold/Black and White/Black and Blue/Classic White (Japan)Charcoal Black/Classic White (Japan, Europe/North America/Garnet Red/Azurite Blue
Hardware
CPU Fab Process45 nm45 nm45 nm
GPU Fab Process40 nm40 nm40 nm
Power Consumption190W190W190W
USB Ports222
WifiYesYesYes
Bundled Accessories
Ethernet CableYesYesYes
Video CableComposite (Analog)Composite (Analog)Composite (Analog)
GamepadDualShock 3DualShock 3DualShock 3
Compatibility
Playstation 2NoNoNo

Fat vs Slim vs Super Slim: Yang Mana Terbaik?

Sulit untuk membedakan mana konsol terbaik karena semuanya membanggakan fitur berbeda yang mungkin atau tidak sesuai dengan kebutuhan atau minat Anda. Disamping itu, perlu diketahui nomor model yang harus dicari atau dihindari karena hard drive dapat diganti sehingga berarti kapasitas bukan cara yang bagus untuk membedakan antara model. Jadi mari kita (semi-) membandingkan mereka dengan cepat.

PS3 Fat

“Phat” PS3 yang asli mungkin tidak seseksi penggantinya – meskipun kami masih berpikir konsol bawah besar membuat dunia berputar – tetapi model CECHB01 (20GB) dan CECHA01 (60GB) yang asli – dirilis pada November 2006 – Memiliki kompatibilitas ke belakang untuk game PS1 dan PS2 (Meskipun, model 20GB asli tidak memiliki wi-fi built-in untuk beberapa alasan?). Semua model “phat” nanti, seperti CHECG01 dan CECHK01, dan semua varian Slim dan Super Slim hanya mampu memainkan judul PS1.

Hanya untuk mengklarifikasi – karena inilah kemungkinan mengapa sebagian besar pembaca ada di sini:

Apakah CECHG01 kompatibel? Tidak.
Apakah CECHK01 kompatibel? Tidak.
Apakah CECHL01 kompatibel? Tidak.
Apakah CECHE01 kompatibel? Ya ... agak. Ia menggunakan emulasi perangkat lunak alih-alih emulasi perangkat keras dan hasilnya tidak cantik.

Selain itu, model “phat” sebelumnya memiliki 2 port USB lebih banyak, serta port penyimpanan lainnya seperti SDIO / MMC, Compact Flash, Memory Stick, dan kartu SD.

Itu juga bisa di-jailbreak, sehingga Anda bisa menambahkan lebih banyak fitur seperti alat debug dan menginstal paket. Namun demikian, masih lebih rentan terhadap overheating, itulah sebabnya banyak model ini mendapatkan Yellow Light of Death atau YLOD yang ditakuti.

PS3 Slim

Banyak konsumen menandai model ramping sebagai yang terbaik di antara ketiganya sementara yang lain mengatakan bahwa itu tidak boleh dirilis di tempat pertama karena tidak memiliki kompatibilitas ke belakang dari PS3 yang paling awal.

Namun, itu pasti booting lebih cepat dan lebih tenang daripada model “Phat” dan itu memakan ruang lebih sedikit dibandingkan dengan pendahulunya yang gemuk, alasan mengapa banyak konsumen memuji yang ramping.

Sayangnya, beberapa model ramping masih memiliki masalah YLOD yang ditakuti. Inilah sebabnya mengapa banyak konsumen langsing memutuskan untuk membeli kipas yang didedikasikan hanya untuk yang langsing untuk mengatasi masalah overheating. Untuk menambah itu, model ramping lainnya memiliki masalah mengenali cakram berlapis ganda juga. Ini hanya sebagian kecil dari pengguna, tetapi masih layak dipertimbangkan ketika masuk ke pasar sekunder.

Itu mendukung Dolby TrueHD, DTS-HD Master Audio, yang memungkinkan Anda mendengar kualitas audio yang lebih baik dibandingkan dengan model “fat” dan juga bisa di-jailbreak.

PS3 Super Slim

Super Slim mungkin tidak kaya fitur seperti “phat” tapi itu yang terbaik dalam hal konsumsi daya (Mungkin sekitar 5 sen lebih sedikit per bulan? Anda mungkin bisa membeli tongkat – bukan sebungkus – permen karet dengan itu!). Apapun, ini berarti Anda memiliki sedikit atau tidak ada peluang untuk menghadapi YLOD yang ditakuti.

Selain ukurannya, Anda juga akan melihat bahwa baki disk sekarang berada di bagian atas dengan fitur penutup slide-to-open.

Selain itu, merilis 6 tahun setelah model phat asli dan tiga tahun setelah model Slim asli, ini jauh lebih muda, yang merupakan sesuatu yang layak dipertimbangkan untuk perangkat keras warisan – konsol atau yang lainnya.

Seperti ramping, ini mendukung Dolby TrueHD, DTS-HD Master Audio, dan kontrol HDMI yang secara otomatis menyalakan TV ketika Anda menghidupkan konsol. Meskipun ini memiliki kompatibilitas PS1, ia tidak memiliki kompatibilitas mundur PS2.

Selain itu, meskipun ini sekarang dapat di-jailbreak, saya masih tidak menyarankannya karena pengguna kemudian mengalami masalah dengan tampilan mereka yang tidak mengenali konsol, game tidak berfungsi, dan instalasi gagal.

Jika memang terpaksa untuk membeli sebaiknya beli di marketplace dibawah ini :

Kesimpulan

Karena mereka semua memiliki fitur yang berbeda, sulit untuk mengatakan mana yang terbaik – terutama karena kebutuhan dan keinginan kita sangat subyektif. Model phat awal mungkin mendukung game PS2, tetapi mereka juga dirilis pada tahun 2006. Itu adalah tambahan 6 tahun keausan, debu dan debu yang Super Slims PS3 tidak harus berjuang melalui.

Tetapi pada akhirnya, itu masih bermuara pada seberapa baik Anda merawat PS3 Anda (dan sedikit keberuntungan untuk mendapatkan perangkat keras dan bahan berkualitas?) Yang menentukan umur panjang sistem.

Model Playstation 3 mana yang Anda miliki dan seberapa baik mereka melayani Anda selama bertahun-tahun? Ceritakan komentar kamis

About the Author: Andi Setiawan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!