Mengintip Cara Menghubungkan Kamera ke PC dengan Mudah

Mengintip Cara Menghubungkan Kamera ke PC dengan Mudah

DuniaTeknologi.Info – Menghubungkan kamera ke perangkat PC atau komputer adalah salah satu cara yang paling sering digunakan oleh sebagian orang untuk memindahkan foto dari memori kamera. Anda bisa melakukannya dengan cara mentransfer satu demi satu file fotonya atau secara langsung dengan mengirim kumpulan foto yang Anda inginkan. Namun beberapa orang belum mengetahui dengan baik bagaimana cara menghubungkan kamera ke PC dengan benar.

Sebenarnya proses menghubungkan kedua komponen elektonik yaitu kamera dan PC terbilang mudah. Apapun jenis kamera yang Anda gunakan, Anda hanya perlu menyambungkan kamera Anda dengan menggunkan kabel data atau USB, atau menggunakan card reader maupun memindahkan file fotonya melalui slot memory card jika tersedia.

Di bawah ini aka kita bahas bagaimana cara menghubungkan kamera ke perangkat PC yang benar.

Menghubungkan Kamera ke Perangkat PC atau Komputer

Pertama, Anda harus menghidupkan terlebih dahulu perangkat komputer atau PC yang akan Anda gunakan dengan cara menekan tombol power komputer. Selanjutnya, Anda juga harus menyalakan kamera Anda. Kemudian hubungkan kamera ke PC dengan menggunakan kabel USB yang Anda miliki. Untuk beberapa jenis kamera biasanya hanya bisa menggunakan kabel USB khusus bawaan kameranya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, jika USB kamera Anda hilang atau terselip, sekarang sudah banyak tersedia USB khusus kamera yang dijual luas di pasaran. USB ini bisa Anda dapatkan di toko elektronik maupun toko komputer di sekitar Anda. Harga USB ini pun juga terbilang murah.

Setelah memasukan kabel USB ke dalam port, Anda perlu mengecek apakah kedua perangkat kamera dan PC sudah dapat terhubung atau belum. Apabila kondisinya kamera tersebut baru pertama kali dihubungkan ke perangkat PC, maka proses terhubung biasanya akan membutuhkan waktu beberapa menit.

Jika sudah terhubung, Anda hanya perlu mengarahkan kursor ke ikon My Computer. Di sana Anda akan melihat sebuah tampilan ikon kamera di antara perangkat penyimpanan yang ada. Bisa juga terletak di bagian bawah menu menu Device and Drives. Selanjutnya klik dua kali pada ikon kamera tersebut dan setelah itu klik pada menu folder DCIM.

Anda Dapat Melihat, Memindahkan Maupun Menghapus Foto dengan Mudah

Di dalam folder ini, nantinya Anda akan melihat tampilan gambar-gambar hasil jepretan Anda. Dari folder ini pula Anda dapat melihat, mentransfer foto dan menghapus file foto yang Anda inginkan. Semua proses tersebut akan lebih mudah dilakukan melaui perangkat PC atau komputer yang Anda gunakan. Berikut cara memindahkan dan menghapus file foto.

  • Jika ingin memindahkannya satu persatu, Anda bisa memilih pilihan copy atau cut. Caranya, klik kanan pada foto yang Anda pilih kemudian geserkan kursor ke menu turun, di sana akan ada pilihan copy atau cut yang tersedia.
  • Copy berarti Anda hanya menyalin filenya. Jadi file asli tetap akan ada di memori kamera Anda. Cut berarti memindahkan, jadi secara otomatis file foto yang ada di kamera Anda akan hilang dan berpindah ke perangkat PC atau komputer Anda.
  • Dan jika Anda ingin menghapus semua file foto yang ada di memori kamera, Anda hanye perlu mengeklik menu format yang akan di tampilkan di jendela komputer saat Anda melakukan klik kanan.

Itulah beberapa cara menghubungkan kamera ke PC dengan benar. Sebagai tambahan, pastikan kamera yang akan Anda gunakan kondisi batrenya masih dalam keadaan full atau minimal 50 persen. Mengapa demikian? Karena proses menghubungkan dan memindahkan maupun penyuntingan file foto ini biasanya akan memerlukan waktu yang cukup lama, terlebih lagi jika gambar atau fotonya berjumlah banyak.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!