Menkominfo mengatakan normalisasi forum dan situs yang diblokir Kominfo

Setelah mendengarkan masukan dari netizen Indonesia, biasakan situs dan forum yang diblokir oleh Cominfo.

Johnny G. Plat. (Suara.com/Ria Rizki)

Duniateknologi.info – Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Platt mengatakan situs dan forum yang diblokir oleh Cominfo adalah normal.

Pelarangan situs dan platform digital yang tidak terdaftar sebagai operator sistem elektronik atau PSE sektor swasta oleh Cominfo.

Menkominfo saat ditemui wartawan di kantor KPU Jakarta, Senin (1/8/2022), menjelaskan normalitas situs dan platform yang diblokir Kominfo setelah menyimak komentar warganet Indonesia.

Saya memperhatikan pendapat netizen dan saya berterima kasih atas pendapat netizenJohnny G. Platt mengatakan, menurut Sura.com.

Ia mengatakan hal itu sebagai tanggapan atas tagar #BlockirCominfo yang menjadi trending topic di linimasa platform Twitter setelah situs web seperti Steam dan PayPal dicekal oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Cominfo).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Ia juga mencontohkan Kementerian Komunikasi dan Informatika telah membuat banyak website yang dekat dengan kepentingan masyarakat untuk sementara dinormalisasi, salah satunya adalah layanan PayPal.

Setelah memperhatikan kebutuhan masyarakat akan diberikan keteraturan. Kesempatan diberikan kembali sebagai pengingat, kami berkoordinasi untuk dapat mendaftar melalui pengajuan tunggal online” kata Menkominfo.

Dalam kesempatan ini, ia mengajak jaringan bersama masyarakat, pemerhati, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan media, untuk memenuhi kewajiban penyelenggara sistem elektronik yang beroperasi di Indonesia untuk mematuhi hukum di Indonesia.

Pendaftaran ini bukan lisensi dan sangat sederhana” kata Johnny G. Platt.

Kominfo sebelumnya dikabarkan memblokir beberapa layanan digital populer di Indonesia sejak akhir pekan lalu. Di antara yang dilarang adalah PayPal, Steam, CS Go, Yahoo, dan Epic Games.

Layanan ini ditangguhkan kemarin karena tidak terdaftar sebagai PSE Lingkup Pribadi pada 25 Juli.

Dan sekarang Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa situs dan forum yang sebelumnya dilarang adalah hal biasa. (Suara.com/Liberty Jemadu).

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!