Panggilan VoNR 5G SA pertama yang dibuat oleh A1 Belarus, ZTE dan MediaTek Dimensity 1000

Panggilan VoNR 5G SA pertama yang dibuat oleh A1 Belarus, ZTE dan MediaTek Dimensity 1000 – A1 meluncurkan jaringan 5G SA (Standalone) dalam mode uji. Ini adalah jaringan 5G pertama yang lengkap di Belarus, dibangun berdasarkan arsitektur mandiri.

Jaringan 5G uji A1 didasarkan pada arsitektur mandiri (SA). Tidak seperti jaringan arsitektur non-standalone (NSA, Non-Standalone), jaringan 5G “bersih” dikerahkan tanpa terikat dengan infrastruktur jaringan 4G / LTE. Pendekatan ini menuntut secara signifikan lebih banyak waktu dan biaya keuangan dari penyedia layanan pada tahap awal, namun, memungkinkan untuk menyediakan pelanggan dengan koneksi 5G penuh langsung, dengan semua keuntungan utama dari standar ini, khususnya, dengan sangat tinggi Transfer data cepat dengan penundaan minimal.

«Jaringan 5G A1 pada awalnya dibangun berdasarkan arsitektur mandiri. Solusi ini adalah tujuan akhir dari setiap penyedia layanan yang berusaha memberikan kepada pelanggannya semua keuntungan dari komunikasi standar tingkat lanjut. Jalur A1 ke penyebaran komunikasi generasi kelima dimulai pada tahun 2016 dengan peluncuran inti virtual sepenuhnya pertama di dunia dari jaringan seluler. Selanjutnya, kami adalah yang pertama di Belarus yang mengimplementasikan solusi inovatif seperti NB-IoT, eSIM, VoLTE, VoWiFi. Semua ini memungkinkan kami untuk meletakkan dasar yang kokoh untuk pengembangan 5G »di masa mendatang, – Kata Christian Laqué, Wakil Direktur Jenderal A1 untuk Masalah Teknis.

Saat meluncurkan jaringan uji 5G, A1 mengandalkan pengalaman luas dari induk A1 Telekom Austria Group. Terutama, divisi Austria dari perusahaan induk sudah menyediakan komunikasi 5G di lebih dari 120 pusat kota.

Lokasi pertama di mana jaringan 5G A1 menjadi tersedia dalam mode uji adalah October Square (khususnya, komunikasi generasi kelima tersedia di kantor pusat A1 dan di daerah dekat Istana Republik) dan taman industri Great Stone. Jumlah zona uji akan meningkat lebih lanjut: mereka akan dipasang di lokasi kompleks budaya dan olahraga multifungsi Minsk-Arena. Sebuah stasiun pangkalan seluler juga akan didirikan di dekat Istana Olahraga Minsk.

Rentang frekuensi 3,5 GHz digunakan untuk meluncurkan konektivitas A1 5G. Uji coba jaringan 5G oleh A1 memungkinkan untuk menunjukkan peningkatan lebih dari 10 kali lipat dalam kapasitas jaringan dan kecepatan transfer data dibandingkan dengan jaringan 3G / 4G saat ini dari operator.

Jadi, selama pengujian pertama, kecepatan jaringan secara maksimal “tersebar” menjadi 1,1 Gb / s. Dalam mode pengujian standar dengan beberapa terminal (perangkat penerima), kecepatan mengunduh data ke perangkat (downlink) rata-rata 300 Mb / s, kecepatan mengunggah data ke Internet (uplink) adalah 150 Mb / s. Pada saat yang sama, kecepatan respons jaringan (ping) bervariasi hanya dalam 10-15 milidetik. Tes smartphone ditenagai oleh SoC (System-on-Chip) MediaTek Dimensity 1000 series terbaru.

Pascal Lemasson, Wakil Presiden Asosiasi, Penjualan Korporat dan Pengembangan Bisnis Eropa di MediaTek, mengatakan: «Kami dengan senang hati membantu mitra kami A1 dan ZTE dalam meluncurkan salah satu jaringan 5G SA pertama di dunia. Arsitektur 5G SA adalah katalis untuk banyak layanan inovatif baru termasuk aplikasi latensi rendah untuk operasi jarak jauh, mengemudi otonom, manufaktur pintar, dan banyak lagi. MediaTek berkomitmen pada langkah inovasi ini, memungkinkan perangkat dengan konektivitas 5G yang ditenagai oleh seri Dimensity SoC MediaTek. Rangkaian chip MediaTek Dimensity 5G menawarkan kombinasi tak tertandingi dari kinerja luar biasa, efisiensi daya, dan pengalaman pengguna terbaik di kelasnya bagi konsumen ».

Proyek penerapan jaringan 5G uji A1 diimplementasikan dalam kemitraan dengan ZTE, salah satu pemimpin dunia di bidang penyediaan peralatan telekomunikasi.

«Kami senang bahwa A1, mitra jangka panjang kami, adalah operator pertama di Belarus yang meluncurkan jaringan 5G SA. Arsitektur Standalone 5G memungkinkan tidak hanya untuk meningkatkan bandwidth jaringan tetapi dengan mudah menyesuaikannya dengan berbagai layanan inovatif juga. Segera, ZTE dan A1 bersama 5G laboratorium juga akan mulai bekerja di taman industri Great Stone, kami berencana untuk menguji di sana peralatan jaringan dan aplikasi untuk pasar yang terintegrasi secara vertikal », – kata Wei Wei, manajer umum ZTE LLC (Belarus).

Keuntungan utama dari komunikasi generasi kelima adalah kecepatan transfer data yang tinggi hingga beberapa gigabit per detik, keterlambatan minimum dalam transmisi sinyal (hingga milidetik versus puluhan milidetik di jaringan 4G), serta opsi untuk memberikan akses simultan ke jaringan untuk banyak perangkat lainnya. Semua ini menjadikan standar baru sebagai basis optimal untuk pengembangan Internet of Things (IoT), implementasi konsep Kota Pintar, dan pengenalan solusi B2B canggih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!