Peluncuran Robot Penjelajah NASA Ditunda

Peluncuran Robot Penjelajah NASA Ditunda

Peluncuran Robot Penjelajah NASA Ditunda – Badan Penerbangan Antariksa (NASA) menunda peluncuruan robot penjelajah Mars. Peluncuran robot baru itu diundur ke tanggal 20 Juli 2020, dari jadwal sebelumnya, 17 Juli 2020. Mungkin sebagai tindak lanjut mencari kehidupan di Mars atau Proyek Mars jadi Amerika 2030.

Menurut Tory Bruno, CEO United Lauch Alliance, pengunduran ini dikarenakan masih ada sistem peralatan tanah yang harus diperbaiki. Selaku penyedia roket Atlas V untuk mengirim Perseverance dalam perjalanan ke Mars, masalah ini melibatkan mesin derek yang rusak.

Laman Space.com melaporkan, robot beroda enam itu akan mendarat di dalam Kawah Jezero selebar 45 km pada 18 Februari 2021 di Mars.

Penjelajah ditugaskan untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno di Jezero, yang diduga menampung sebuah danau dan delta sungai pada miliaran tahun yang lalu.

Diketahui, Perseverance merupakan inti dari misi Mars 2020 milik NASA. Ada sejumlah tugas penting robot tersebut. Misalnya, salah satu instrumen robot akan menghasilkan oksigen dari atmosfer yang didominasi karbon dioksida di Mars.

Penjelajah juga dibekali helikopter pengintai kecil. Helikopter yang diberi nama Ingenuity ini akan melakukan eksplorasi udara. Misi terpenting Perseverance ialah mengumpulkan dan menyimpan lusinan sampel Mars untuk dibawa kembali ke Bumi.

NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) bekerja sama pada rencana pengambilan sampel, yang diprediksi akan tiba di Bumi awal 2023.

Setelah itu, sampel yang berhasil dibawa pulang itu dianalisis dalam kaitan mencari tanda-tanda kehidupan Mars di masa lalu serta petunjuk lainnya tentang sejarah dan evolusi Planet Merah.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!