Pengertian CRM Menurut Para Ahli

Pengertian CRM Menurut Para Ahli

Customer Relationship Management (CRM) merupakan istilah yang mengacu pada praktik, strategi dan teknologi yang dapat digunakan perusahaan untuk dapat mengelola dan menganalisis interaksi pelanggan dan data sepanjang siklus hidup pelanggan, dengan tujuan untuk dapat memperbaiki hubungan bisnis dengan pelanggan, membantu menjaga loyalitas pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Sistem CRM didesain untuk mengumpulkan berbagai informasi tentang pelanggan dengan berbagai cara atau titik kontak antara pelanggan dan suatu perusahaan yang dapat mencakup website perusahaan, telepon, percakapan langsung, surat menyurat, dan media sosial.

Sistem CRM juga dapat menjadi berbagai sumber informasi rinci tentang informasi pribadi pelanggan, riwayat pembelian, preferensi pembelian sekaligus keluhan pelanggan bagi customer service.

CRM (Customer Relationship Management) merupakan salah satu integrasi dan strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menangani interaksi dengan pelanggan.

Pengertian CRM Menurut Para Ahli

1. 10. Jeffrey Pee

CRM ialah suatu reaksi vendor terhadap pelanggan yang lebih konsisten, beberapa implementasi CRM yang cuma memberi service pada praktik komunikasi pelanggan yang baik.

2. Kalakota dan Robinson

Customer Relationship Management (CRM) yakni salah satu fungsi terintegrasi dari strategi pemasaran, pemesanan dan pelayanan yang bertujuan agar dapat meningkatkan pendapat dari kepuasan pelanggan.

3. Kotler dan Keller

CRM merupakan suatu proses mengelola informasi rinci tentang pelanggan perorangan dan semua titik kontak pelanggan secara seksama buat memaksimalkan loyalitas pelanggan.

4. Tunggal

Customer Relationship Management yaitu suatu strategi agar dapat mengidentifikasi, menarik, dan mempertahankan konsumen yang paling bernilai bagi perusahaan. CRM juga berkonsentrasi pada apa yang konsumen nilai, bukan pada apa yang perusahaan ingin jual.

5. Yahya

CRM yakni sebuah strategi bisnis yang menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tsecara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.

Dengan demikian melalui CRM perusahaan bis melakukan sebuah pendekatan sehingga dapat menarik sejumlah informasi mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

6. Laudon dan Traver

CRM ialah berbagai proses menyimpan informasi pelanggan dan merekam semua kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk para staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan ini.

7. Amin Widjaja

CRM yakni salah satu pendekatan yang menyeluruh buat dapat menciptakan, memelihara, dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan.

8. Schiffman dan Kanuk

CRM yaitu salah satu cara perusahaan dalam membina relasi dengan para pelanggan dengan tujuan memelihara kesetiaan dan komitmen pelanggan untuk bisa tetap menggunakan produk perusahaan yang bersangkutan.

9. Iriana & Buttle

CRM yang mendukung data konsumen yang berkualitas dan teknologi informasi.

10. Sweeney Group

CRM merupakan semua alat, teknologi dan prosedur agar bisa mengelola, meningkatkan, atau memfasilitasi penjualan, dukungan dan suatu interaksi terkait dengan pelanggan, prospek, dan mitra bisnis di seluruh perusahaan. Ini mengasumsikan bahwa CRM adalah hal yang terlibat dalam setiap transaksi B2B.

11. David Alexander dan Charles Turner

CRM ialah sesuatu tanpa pelanggan, sebuah organisasi tidak akan bertahan. Oleh karena itu, strategi untuk dapat mengembangkan bisnis dan melayani kebutuhan pelanggan sangatlah berharga harus menjadi sebuah katalisator program Customer Relationship Management (CRM) di seluruh bidang.

12. Heru

CRM yakni berbagai usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga konsumen (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi dari konsumen baik itu lewat telepon, email, masukan di situs.

Atau sebuah hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing, atau juga CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan untuk perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para konsumen.

13. Newell

Customer Relationship Management (CRM) yaitu sebuah modifikasi dan suatu pembelajaran perilaku konsumen setiap waktu dari setiap interaksi, perlakuan terhadap para pelanggan dan membangun kekuatan antara konsumen dan perusahaan.

14. Buchari Alma

CRM merupakan semua proses untuk bisa memperoleh, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan yang paling menguntungkan.

15. Lukas

CRM merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seluruh sumber daya manusia untuk dapat mempertahankan pelanggan yang ada, suatu strategi untuk mengelolah dan menjaga hubungan dengan pelanggan dan suatu usaha untuk bisa mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan.

16. Haryati. S

CRM ialah segala rangkaian kegiatan yang sistematik yang terkelola sebagai usaha untuk semakin memahami, menarik perhatian, dan mempertahankan suatu loyalitas pelanggan yang menguntungkan (Most Profitable Customer) agar dapat mencapai pertumbuhan perusahaan yang sehat.

Nah itulah beberapa Pengertian CRM Menurut Para Ahli.

About the Author: Andi Setiawan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!