Pengertian CRM Menurut Para Ahli

Pengertian CRM Menurut Para Ahli

Pengertian CRM memiliki banyak penafsiran dari setiap orang. Namun pada intinya sebenarnya sama. Disini kita akan membahas pengertian crm menurut para ahli.

Customer Relationship Management (CRM) merupakan istilah yang mengacu pada praktik, strategi dan teknologi yang dapat digunakan perusahaan untuk dapat mengelola dan menganalisis interaksi pelanggan dan data sepanjang siklus hidup pelanggan, dengan tujuan untuk dapat memperbaiki hubungan bisnis dengan pelanggan, membantu menjaga loyalitas pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Sistem CRM didesain untuk mengumpulkan berbagai informasi tentang pelanggan dengan berbagai cara atau titik kontak antara pelanggan dan suatu perusahaan yang dapat mencakup website perusahaan, telepon, percakapan langsung, surat menyurat, dan media sosial.

Sistem CRM juga dapat menjadi berbagai sumber informasi rinci tentang informasi pribadi pelanggan, riwayat pembelian, preferensi pembelian sekaligus keluhan pelanggan bagi customer service.

CRM (Customer Relationship Management) merupakan salah satu integrasi dan strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menangani interaksi dengan pelanggan.

Pengertian CRM Menurut Para Ahli

1. 10. Jeffrey Pee

CRM ialah suatu reaksi vendor terhadap pelanggan yang lebih konsisten, beberapa implementasi CRM yang cuma memberi service pada praktik komunikasi pelanggan yang baik.

2. Kalakota dan Robinson

Customer Relationship Management (CRM) yakni salah satu fungsi terintegrasi dari strategi pemasaran, pemesanan dan pelayanan yang bertujuan agar dapat meningkatkan pendapat dari kepuasan pelanggan.

3. Kotler dan Keller

CRM merupakan suatu proses mengelola informasi rinci tentang pelanggan perorangan dan semua titik kontak pelanggan secara seksama buat memaksimalkan loyalitas pelanggan.

4. Tunggal

Customer Relationship Management yaitu suatu strategi agar dapat mengidentifikasi, menarik, dan mempertahankan konsumen yang paling bernilai bagi perusahaan. CRM juga berkonsentrasi pada apa yang konsumen nilai, bukan pada apa yang perusahaan ingin jual.

5. Yahya

CRM yakni sebuah strategi bisnis yang menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tsecara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.

Dengan demikian melalui CRM perusahaan bis melakukan sebuah pendekatan sehingga dapat menarik sejumlah informasi mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

6. Laudon dan Traver

CRM ialah berbagai proses menyimpan informasi pelanggan dan merekam semua kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk para staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan ini.

7. Amin Widjaja

CRM yakni salah satu pendekatan yang menyeluruh buat dapat menciptakan, memelihara, dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan.

8. Schiffman dan Kanuk

CRM yaitu salah satu cara perusahaan dalam membina relasi dengan para pelanggan dengan tujuan memelihara kesetiaan dan komitmen pelanggan untuk bisa tetap menggunakan produk perusahaan yang bersangkutan.

9. Iriana & Buttle

CRM yang mendukung data konsumen yang berkualitas dan teknologi informasi.

10. Sweeney Group

CRM merupakan semua alat, teknologi dan prosedur agar bisa mengelola, meningkatkan, atau memfasilitasi penjualan, dukungan dan suatu interaksi terkait dengan pelanggan, prospek, dan mitra bisnis di seluruh perusahaan. Ini mengasumsikan bahwa CRM adalah hal yang terlibat dalam setiap transaksi B2B.

11. David Alexander dan Charles Turner

CRM ialah sesuatu tanpa pelanggan, sebuah organisasi tidak akan bertahan. Oleh karena itu, strategi untuk dapat mengembangkan bisnis dan melayani kebutuhan pelanggan sangatlah berharga harus menjadi sebuah katalisator program Customer Relationship Management (CRM) di seluruh bidang.

12. Heru

CRM yakni berbagai usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga konsumen (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi dari konsumen baik itu lewat telepon, email, masukan di situs.

Atau sebuah hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing, atau juga CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan untuk perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para konsumen.

13. Newell

Customer Relationship Management (CRM) yaitu sebuah modifikasi dan suatu pembelajaran perilaku konsumen setiap waktu dari setiap interaksi, perlakuan terhadap para pelanggan dan membangun kekuatan antara konsumen dan perusahaan.

14. Buchari Alma

CRM merupakan semua proses untuk bisa memperoleh, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan yang paling menguntungkan.

15. Lukas

CRM merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seluruh sumber daya manusia untuk dapat mempertahankan pelanggan yang ada, suatu strategi untuk mengelolah dan menjaga hubungan dengan pelanggan dan suatu usaha untuk bisa mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan.

16. Haryati. S

CRM ialah segala rangkaian kegiatan yang sistematik yang terkelola sebagai usaha untuk semakin memahami, menarik perhatian, dan mempertahankan suatu loyalitas pelanggan yang menguntungkan (Most Profitable Customer) agar dapat mencapai pertumbuhan perusahaan yang sehat.

17. Menurut Situs Barantum

CRM adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang menggabungkan antara proses manusia dan teknologi.

Saat ini pelaku bisnis sedang sibuk mempersiapkan strategi terbaiknya jika resesi benar-benar datang. Bukan tanpa alasan kenapa, pelaku bisnis begitu concern dalam penyikapi kondisi resesi ekonomi mendatang.  Namun bagi pelaku bisnis yang paham, kondisi   itu bukan jadi satu momok yang menakutkan, kenapa……………………….  

Bisnis adalah ibarat kita  berjalan di jalan tol, kadang kita diatas, kadang kita dibawah layaknya roda kehidupan. Kadang kita berada di sisi yang sama dengan kendaraan lain atau kadang kita perlu strategi yang matang agar kita bisa tetap berjalan di track yang telah benar. Terkait dengan bagaimana caranya sebuah perusahaan berjalan di track yang benar, maka salah satu tools yang bisa jadi andalan adalah apa yang di sebut CRM.

Secara deskripsi bisnis, kita bisa mengatakan bahwa   CRM ( Customer Relationship Management) adalah sebuah tools yang biasa di gunakan oleh pelaku bisnis.  Dimana saat ini hampir dipastikan semua jenis industri dari skala kecil, menengah dan besar sudah mengimplementasikan CRM dalam bisnisnya. Namun yang membedakan adalah, seperti apa konsep CRM yang di operasikan dan sejauh mana dampak positif yang di dapat perusahaan dari  implementasi tersebut.

Karena ketika kita bicara soal tools, ada beberapa hal yang mesti kita pahami agar tools  yang kita pilih benar-benar berfungsi dengan baik : 

  1. Pilihlah tools yang memang benar-benar berguna dan di butuhkan oleh perusahaan
  2. Pilih tools  yang bersifat dinamis, artinya tools  tersebut sifatnya dinamis dan fleksible bukan tools yang bersifat kaku.
  3. Pilihlah tools  yang mampu membuat kinerja perusahaan meningkat bukan tools yang hanya menjadi media administratif semata.

Dari beberapa pengertian crm menurut para ahli diatas, kita pada akhirnya menjadi jelas seperti apa konsep dari sistem CRM sebagai sebuah  tools yang memang berguna untuk perusahaan.  Setidaknya kita bisa tahu ada 6 step atau 6 langkah yang bisa dilakukan perusahaan untuk membuat agar CRM yang kita implementasikan benar-benar berdaya guna.

  1. Tentukan strategi bisnis dimasa depan sebagai dasar penentuan implementasi CRM di sebuah perusahaan. Artinya apa,  bahwa dengan pelaku bisnis bisa menentukan strategi bisnisnya kedepan,  Maka akan lebih mudah menentukan   target-target yang akan di capai dengan menggunakan CRM.
  2. Jadikan CRM sebagai salah satu strategi jitu dalam meningkatkan performance businessnya.  Kenapa hal itu mesti di lakukan, karena jangan salah CRM  itu bukan semata alat untuk  mempermudah kerja team sales sata. Tetapi alat ini bisa di gunakan untuk membantu tugas semua divisi yang ada di perusahaan.
  3. Integrasi sistem dan prosedur perusahaan dengan model CRM Yang ada sebaiknya menjadi dasar bagi implementasi CRM.  Karena jika hal itu belum terintegrasi dengan  benar maka tidak mungkin CRM  bisa menjadi alat untuk meningkatkan kualitas  performance dari SDM yang ada.
  4. Data dan akumulasi data menjadi salah satu kunci bagi CRM untuk mengefektifkan program program bisnis yang akan di jalankan. Semakin banyak data yang bisa kita kelola dengan menggunakan CRM semakin besar potensi perusahaan untuk bisa mendapatkan profit dari CRM tersebut.  Terlebih saat ini ketika pandemi covid 19 sedang berlangsung maka database customer menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan pendapatan dari sisi customer.
  5. Akan lebih baik pula, jika dalam kondisi kondisi tertentu perusahaan merencanakan rellease artikel atau content yang akan bisa meningkatkan nilai promosi bagi perusahaan.  Bukan karena apa, saat ini di masa pandemi covid19, dimana kita pelaku bisnis lebih banyak menggunakan media internet, maka content menjadi salah satu alat bantu untuk bisa memaksimalkan penjualan bagi perusahaan.  Bisa saja content marketing yang di jalankan tidak hanya sekedar konsep soft selling  tetapi mungkin saja hard selling sehingga konsep artikel yang mesti di jalankan   harus benar-benar sesuai dengan  apa yang ingin di capai perusahaan.
  6. Jangan salah dalam memilih software CRM yang akan di gunakan.  Ketika kita salah dalam menerapkan CRM maka sudah pasti akan terjadi banyak komentar yang di tujukan kepada pengguna. Dan jika itu terjadi maka efektivitas CRM tidak akan tercapai.

Satu hal yang harus menjadi perhatian para pelaku bisnis. Bahwa CRM saat ini bukan sebuah  tools yang ekslusive tetapi CRM adalah sebuah strategi bisnis. Karena CRM bisa melakukan analisa, prediksi dan monitoring terhadap aktivitas yang di jalankan  oleh SDM yang bersangkutan.   CRM Barantum, salah satu CRM lokal yang concern dalam melakukan inovasi terkait penggunaan produknya.  Ini memberikan kemudahkan bagi pelaku bisnis.  Salah satunya apa yang dinamakan CRM Omni Channel. Inilah salah satu inovasi CRM  Barantum dalam menunjang kelangsungan bisnis pelaku usaha.

Nah itulah beberapa Pengertian CRM Menurut Para Ahli.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!