Pengertian Laptop dan Istilah-Istilahnya

Pengertian Laptop dan Istilah-istilahnya

Pengertian Laptop dan Istilah-Istilahnya – Dulu orang-orang sempat bingung ketika sebagian orang menyebut “komputer jinjing” sebagai Laptop sementara ada juga yang menyebutnya Notebook. Lalu timbul pertanyaan apa bedanya?

Pengertian Laptop

Apa Perbedaan Laptop dan Notebook

Ternyata perbedaan itu hanya dari segi bahasa yang mana pada mulanya “Lap” yang berarti pangkuan dan “Top” yang berarti atas merupakan nama umum dari komputer yang bisa ditaruh di pangkuan. Namun karena laptop tidak selalu di pangkuan sehingga tidak relevan lagi dan muncul istilah “Notebook” yang diibaratkan sebagai komputer kecil yang bisa dilipat.Meskipun begitu sampai sekarang masih banyak yang menyebutnya Laptop.

Siapa yang tak ingin memiliki laptop ? Di zaman digital seperti sekarang pastinya banyak setiap orang ingin memilikinya. Karena berbagai profesi yang diharuskan menggunakan Laptop sebagai sarana untuk menunjang pekerjaan contohnya seorang Blogger yang harus nulis dan belajar seo dengan laptop sebagai sarananya.Namun barangkali masih banyak orang yang belum tahu seluk beluk laptop sehingga kali ini akan dibahas Laptop secara umum.

Istilah-Istilah Laptop

Selain dari Mengenal Laptop dan Komponennya ada baiknya juga kita tahu istilah-istilah yang ada pada laptop. Berikut istilah-istilah yang ada pada laptop yang kami ketahui :

  1. Boot :sebuah sistem untuk menghidupkan bootstrap loader atau sebuah proses yang dilalui oleh komputer untuk mengaktifkan sistem operasi.
  2. Built-in : Istilah untuk menyyatakan suatu alat yang telah terpasang atau menyatu dalam perangkat lain.
  3. Chasing : Tempat untuk melindungi motherboard, controlboard, power supplly dis drive, dan komponen lainnya.
  4. CD ROM : Compact Disc Read Only Memory yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah) digunakan dalam penyimpanan data komputer.
  5. Chip : Alat yang digunakan untuk memadukan sistem kerja bagian-bagian lain dalam suatu komputer.Biasanya berisi kode tertentu.
  6. Chipset : Chip atau Chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer.
  7. Configuration : Metode penyusunan sistem atau bagian dari sistem berdasarkan jumlah kemungkinan.
  8. Crash : Istilah kesalahan sistem yang perlu diperhatikan sebelum mengoperasikan sistem yang perlu diperhatikan sebelum mengoperasikan sistem atau kejadian jika komputer berhenti bekerja atau program berhenti berjalan secara tiba-tiba tanpa diantisipasi oleh pengguna.
  9. CRT : Cathode Ray Tube (CTR) merupakan suatu sistem teknologi dari perangkat yang menjalankan tampilan layar televisi dan komputer monitor.
  10. DVD ROM : Digital Video Disk Real Only Media merupakan suatu dvd yang hanya bisa dibaca, tidak bisa ditulis.
  11. Desktop : Keseluruhan tampilan dari layar monitor dalam bentuk graphical user interface (GUI) yang terdiri dari susunan icon-icon yang terorganisasi untuk memudahkan identifikasi program-program aplikasi, sarana komunikasi, lokasi dokumen, informasi tanggal dan waktu lainnya seperti layaknya pada meja kantor biasa.
  12. DRAM (Dynamic Random Acces Memory) : Jenis chip komputer yang paling populer dipakai sebagai memori utama komputer.
  13. DSTN (Dual Scan Super Twisted Nematic) : Salah satu tipe tampilan LCD yang umum dipakai pada laptop. Layarnya dibagi dua dan tiap bagian yang dipindai (scan) pada saat yang sama meninggikan tingkat refresh rate dari tampilan layar dan menghasikan gambar yang lebih jernih.
  14. Drive : Sarana peyampai media perekam misalnya penggerak disket.
  15. Enabled : Perintah yang mengizinkan suatu alat atau item terpilih kembali berfungsi. kebalikan dari disabled.
  16. EPROM (Erasable Progammable Read Only Memory) : Komponen memori yang hanya dapat diprogram ulang dengan sebuah bunner khusus.
  17. FAT (File Allocation Table) : Sistem yang dipakai windows untuk menata file dalam hardisk.
  18. FAT 32 : Suatu versi yang lebih baik dari sistem file FAT yang menyokong penggunaan haridsk yang lebih besar dan mempunyai efisiensi ruang yang lebih baik.
  19. Firewire : Kabel penghubung video ke komputer.
  20. Floppy Disk : Suatu disk magnetik yang dipergunakan untuk menyimpan data.
  21. GB : satu gigabyte sama dengan 109 (satu triliun) bit data. 1 GB = 1024 MB
  22. Hardisk : Suatu hardware untuk tempat penyimpanan data pada PC atau laptop.Hardisk mempunyai kapasitas untuk menyimpan data dalam ukuran megabyte dan gigabyte. Hardisk dipasang di dalam CPU dan identik dengan Drive C
  23. Hardware : Suatu komponen fisik dari PC, termasuk juga peripherals.
  24. Heat Sink : Suatu komponen yang dirancang untuk menurunkan temperatur dari suatu peralatan elektronik dengan membuang panas ke udara sekitarnya. Heat Skin terbuat dari bahan logam campuran alumunium dan mempunyai bentuk sayap yaitu kipas (active heat skin)
  25. I/O : Input/output yang menerangkan suatu jalan keluar masuk data dari hardware atau software pada laptop.
  26. IDE (Integrated Drive Electronics) : Sebuah tipe headware interface yang berfungsi menghubungkan hardisk, CD ROM, dan drive tape pada sebuah PC.
  27. Interface : Penghubung antara hardware, software dan pengguna.
  28. Jumper : Bentuk yang sederhana dari Switch on/off
  29. Keyboard : Perangkat utama yang digunakan untuk memasukka data pada PC atau laptop untuk memberikan suatu instruksi yang spesifik. Pengaturan penempatan huruf, agka dan karakternya hampir sama dengan mesin ketik serta mempunyai tambahan-tambahan tombol untuk fungsi tertentu.
  30. Konektor Power : Pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer.
  31. LAN (local area network) : sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah atau gedung perkantoran dan menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya.
  32. LCD (liquid crystal display) : suatu jenis tipe hardware untuk tampilan monitor (display) yang banyak dipergunakan di laptop.
  33. MB (Megabyte) : satuan ukuran unit memory atau kapasitas media penyimpanan. 1 MB = 1024 KB = 1.048.576 byte
  34. Memory : suatu tempat yang dipergunakan oeh komputer untuk enampung program yang sedang aktif dan emudian menjalankan program tersebut serta memproses datanya. Memory utama terbuat dari chip RAM bersifat sebagai penmpungan program dan data untuk sementara yang mana akan hilang jika komputer dimatikan. Berbeda dengan memory internal yang permanen (ROM) yang berisikan program dan data yang vital dari suatu komputer. Memori komputer terdiri dari dua macam yaitu memori internal (ROM dan RAM) dan memori eksternal (disket, compact disc dan hardisk).
  35. Modem (Modulator Demolutatation) : Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.
  36. monitor : Perangkat keras dalam sistem komputer yang digunakan untuk menampilkan gambar video.
  37. Monochrome : Istilah untuk monitor yang menampilkan keluaran pada layar dalam satu warna diatas latar belakang hitam. Monitor jenis ini cocok untuk membantu pekerjaan yang berhubungan teks bukan yng berbasis grafis.
  38. Motherboard : Papan sirkuit yang paling besar didalam rangian CPU komputer untuk micro processor dan mempunyai konektor untuk tambahan circuit board lainnya.
  39. Mouse : Alat penunjuk pada komputer yang dipergunakan untuk memaksimalkan kegunaan antarmuka grafis.
  40. NTFS (New Technology File System) : suatu sistem file yang dipakai pada operating system yang berbasis Windows NT.
  41. On Board : Istilah untuk menyebutkan alat atau komponen yang telah menyatu dengan motherboard.
  42. OEM (Original Equipment Manufacturer) : Perusahaan OEM membeli hardware komputer dari perusahaan produsen dalam partai besar dan kemudian memberikan kostumisasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi.Setelah itu perusahaan OEM menjual hardware tersebut dengan memakai nama perusahaan mereka. Jadi istilah OEM ini awalnya sedikit membingungkan karena OEM bukan perusahaan produsen yang original.
  43. Optical Disk : Piringan optik yang peka terhadap sinar dan mengunakan sinar laser untuk membuat perubahan popularitas di permukaan disc. Daya tampungnya bisa mencapai 10 kali dari disket. Misalnya, CD-ROM yang dapat ditulisi sekali (write-once)
  44. Partition : Bagian hardisk yang ditempati oleh DOS
  45. PC (Personal Computer) : suatu komputer yang dirancang untuk dipakai oleh satu orang pada satu waktu. Dalam industri komputer istilah ini berasal dari sebutan untuk komputer IBM PC atau IBM PC Compatible, sekarang ini istilah PC dipakai untuk berbagai macam merek komputer dan mempunyai kemampuan tinggi.
  46. PCI (Peripheral Component Interconnect) : Bus yang mempunyai kecepatan tinggi dikembangkan oleh Intel untuk mendukung komputer yang berbasis 486 dan Pentium.
  47. Peripheral : Perangkat hardware yang disambungkan dengan omputer yang memberikan suatu fungsi tambahan contoh dari peripheral antara lain : printer, monitor, video adaptor, modem, sound card, Joystick, NIC dan lainnya.
  48. Port : Tempat dimana informasi bisa keluar masuk perangkat PC. contoh ;saluran dibelkang komputer yang dipakai untuk menghubungkat perangkat eksternal seperti USB, Modem, mouse scanner, printer, flashdisk dan lainnya.
  49. POST (Power On Self Test) : Pemeriksaan circuit internal memory dan perangkat hardware yang dilakukan oleh komputer pada saat pertama kalinya dinyalakan.
  50. Power Supply : Alat yang mengubah aliran listrik dari arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC) yang bervoltase rendah.
  51. Processor : Bagian dari CPU yang berfungsi melakukan pembacaan, pengertian dan pelaksanaan perintah dari program. Disebut juga micro processor atau CPU merupakan otak pada komputer.
  52. Processor Cache : Nama lain dari level 1 cache atau primary cache.
  53. PS/2 (Personal System/2) : komputer peronal uatan IBM dengan teknologi tinggi.
  54. RAM (Random Acces Memory) : Salah satu bagian memori utama untuk menyimpan data, program dan informasi atau suatu chip untuk tempat penyimpanan sementara yang dipakai oleh processor utuk menjalankan program dan meletakan data yang sedang diproses.
  55. Reboot : Suatu istilah yang berarti mematikan dan kemudian menghidupkan kembali perangkat komputer.
  56. Red Hat : Salah satu distribusi (distro) linux yang paling populer.
  57. ROM ( Read Only Memory) : Memory fisik yang bersifat hanya membaca. Dalam komputer ROM biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi BIOS.
  58. RPM (Rotation Per Minute) : Jumlah putaran permenit.Ukuran yang dipakai untuk menyatakan kecepatan rotasi dari sebuah disk drive. Floppy disc mempunyai kecepatan rotasi 300 rpm, sedangkan hardisk mempunyai kecepatan dari 2400 hingga 3600 rpm atau lebih.
  59. Software : Perangkat lunak yang memungkinkan komputer mengerjakan hal-halyang bersifat khusus sesuai dengan kebutuhan kita. perangkat lunak ada dua jenis yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
  60. Slot : Tempat untuk meletakkan perangkat-perangkat tambahan peropeheral pada motherboard.
  61. Slot Ekspansi : Sambungan atau celah yang terdapat pada motherboard.dipakai untuk memasang peralatan tambahan. misalnya card atau board. Pemasangan ini akan meningkatkan kemampuan komputer.
  62. Socket : suatu tipe koneksi yan umum dipakai untuk komputer processor dan tipe chip lainnya.
  63. SSD (Solid State Drive atau Solid State Disk) : adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.
  64. Toolbar : Panel yang terdapat didalam suatu aplikasi berisi sejumlah ikon untuk mengakses perintahperintah penting secara tepat. contoh perintah copy, open, New, Save dan lainnya.
  65. TFT (Thin Film Transistor) : salah satu tipe layar LCD yang flat, dimana tiap-tiap pixel dikontrol oleh satu hingga empat transistor. Teknologi ini menyediakan resolusi terbaik dari tehnik flat panel. Layar TFT sering disebut juga active matrix LCD.
  66. Upgrade : mengganti versi dari produk hardware atau software yang lama pada komputer dengan versi yang baru.
  67. UPS (Uninterruptible Power Supply) : Alat yang akan mempertahankan komputer tetap memperoleh sumber tenaga meskipun aliran listrik mendadak terputus.
  68. USB (Universal Serial Bus) : soket model baru yang menghubungkan PC dan alat lain yang menjanjikan kemudahan instalasi dengan prinsip PnP dan kecepatan tansfer data.
  69. VGA Card : Hardware yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada layar monitor.
  70. Worm : Program yang dapat mereplikasi dirinya dengan memakai media komputer. Disamping itu juga merupakan program destruktif yang mengandung kode untuk isa mendapatkan suatu akses ke suatu komputer atau network.

Nah demikianlah pengertian laptop dan istilah-istilahnya yang kami ketahui jika ada lagi silahkan beromentar dibawah agar kami bisa update artikel ini.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!