Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis – Bagi anda pengguna Smartphone Android tentunya sering mengeluhkan baterai hp anda cepat habis. Hal semacam ini tentunya sangat menganggu, apalagi bagi anda yang sering perbergian jauh, selain harus terus membawa powerbank juga menghambat komunikasi dengan orang lain. Lalu apa penyebab baterai Hp cepat habis? Kita akan membahasanya disini.

Berikut ini adalah beberapa pernyataan dan suatu permasalahan yang kerap kali di lakukan oleh user hp Android miliknya. Tanpa sepengetahuan apa yang di lakukannya itu adalah hal yang salah, sehingga dapat merusak atau mengurangi usia baterai. Apakah kamu sama halnya seperti pertanyaan di bawah ini?

Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

1. Tidak memahami bagaimana baterai ponsel Anda mengalami penurunan

  • Penggunaan charger HP yang tidak sesuai dengan voltage dan ampere batrai smartphone anda menjadi awal penyebab ketidaknormalan Hp sehingga baterai sering cepat habis.
  • Hp yang sudah lama digunakan juga akan mempengaruhi daya kerja hp tersebut. Semakin lama hp digunakan maka akan semakin tidak normal digunakan. Biasanya hp akan bertahan di performa terbaik selama setahun pertama namun setelah itu akan mengalami penurunan performa hardware karena drop.
  • Hp selalu digunakan tanpa henti, artinya smarthone selalu dipakai bahkan ketika masih di charge, hal ini akan berakibat buruk pada daya tahan baterai. Seperti halnya manusia HP juga butuh diistirahatkan. Cobalah untuk melepaskan baterai dan mengistirahatkan HP Anda untuk menjaga kinerjanya agar selalu baik.
  • Sering digunakan untuk multitasking artinya Anda sering menggunakan smartphone lebih dari satu aplikasi secara bersamaan sebagai contoh mengaktifkan wifi untuk mengakses media sosial namun juga menggunakan Hp untuk mendengarkan musik.
  • Selalu diaktifkan untuk media sosial sehingga selalu terhubung keinternet, hal ini akan semakin menguras baterai Anda.
  • Tanpa kita sadari penyebab baterai smartphone android cepat habis salah satunya karena Menggunakan tingkat kecerahan layar maksimal sehingga membuat baterai cepat habis dan HP menjadi cepat panas. Cobalah menggunakan keceharan layar secukupnya hal ini akan membuat batrai anda lebih tahan lama
  • Hal biasa yang sering kita lakukan adalah terlalu banyak menginstal aplikasi sehingga membebani kinerja Hp terlebih aplikasi yang selalu terhubung ke jaringan internet seperti aplikasi media sosial dan game contohnya aplikasi BBM, Facebook, WhatsApp, Instagram dan lain sebagainya. Walaupun Anda sedang tidur aplikasi-aplikasi android tersebut tetap bekerja selama terhubung ke internet apalagi jika aktif seluruhnya.

2. Charge Android Semalaman

Hal yang begitu sering kita lakukan adalah mecharge andoid kita semalaman. Kadang sengaja kadang memang tidak sengaja karena kita ketiduran ketika charge hp dan belum sempat mencabut pengisian daya smartphone. Tentu saja hal ini tidak baik untuk baterai android kamu. Setiap ponsel sudah di desain untuk dengan daya tertentu . Jika seharusnya hanya mecharge selama 2 jam dan kita cas semalaman akan berakibat tidak baik pada smartphone android kita. Baterai akan panas dan melembung.

3. Tidak menjauhkan dari panas dan dingin yang ekstrem

Jika ponsel Anda menjadi sangat panas atau dingin, ini dapat menyaring baterai dan memperpendek umurnya. Seperti jika Anda meninggalkannya di mobil mungkin akan menjadi penyebab terburuk, jika panas dan cerah di luar atau di bawah titik beku di musim dingin.

Meskipun cuaca di Indonesia tidak terlalu ekstrem namun akan berbeda di negara yang memiliki cuaca ekstrem yang bisa menjadi penyebab baterai hp cepat habis.

4. Melakukan pengisian cepat

Mengisi daya baterai telepon Anda dengan cepat akan membuat baterai semakin stres. Kecuali Anda benar-benar membutuhkannya, hindari menggunakan pengisian cepat.

Bahkan, semakin lambat Anda mengisi baterai, semakin baik, jadi jika Anda tidak lambat mengisi daya dalam semalam, lakukan saja. Mengisi daya ponsel Anda dari komputer serta colokan pintar tertentu dapat membatasi arus yang masuk ke ponsel Anda, memperlambat laju dayanya. Beberapa paket baterai eksternal mungkin memperlambat kecepatan pengisian, tetapi saya tidak yakin tentang itu.

5. Menguras baterai ponsel Anda hingga 0% atau mengisi baterai sampai 100%

Jenis baterai isi ulang yang lebih lama mempunyai memori-memori baterai ‘. Jika Anda tidak mengisi baterai hingga penuh dan melepaskannya ke baterai nol mereka ‘ingat’ dan mengurangi rentang berguna mereka. Itu lebih baik untuk umur mereka jika Anda selalu kehabisan daya dan mengisi baterai sepenuhnya.

Baterai ponsel yang lebih baru berfungsi dengan cara yang berbeda. Ini menekankan baterai untuk mengeringkannya sepenuhnya atau mengisi penuh. Baterai ponsel paling bahagia jika Anda mempertahankannya di atas kapasitas 20% dan di bawah 90%. Untuk lebih tepatnya, mereka paling bahagia di sekitar kapasitas 50%.

Memiliki banyak perhatian yang satu ini mungkin terlalu banyak manajemen mikro. Tetapi ketika saya memiliki smartphone pertama saya, saya pikir memori baterai diterapkan jadi saya biasanya mengeringkannya rendah dan diisi hingga 100%. Sekarang saya tahu lebih banyak tentang cara kerja baterai, saya biasanya memasangnya sebelum mendapat di bawah 20% dan mencabutnya sebelum benar-benar terisi jika saya memikirkannya.

6. Menghidupkan semua aplikasi penguras baterai

Berbeda dengan featured yang terdapat dalam ponsel biasa zaman dulu yang hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan serta melakukan panggilan saja, para pengguna smartphone saat ini dimanjakan dengan berbagai macam aplikasi untuk menunjang segala aktifitas yang dilakukannya.

Namun sayangnya banyak pengguna smartphone yang tidak menyadari jika beberapa aplikasi mereka install merupakan aplikasi penguras baterai menyebabkan baterai pada smartphone mereka menjadi lebih cepat habis, dan ada juga yang menyerap banyak kuota serta memori.

7. Tidak Mengunci Android Ketika Tidak di Gunakan

Selain menghentikan Aplikasi dan mematikan layar, Androidmu juga harus Anda kunci. Dengan mengunci smartphone android, anda juga bisa membuat android dalam keadaan beristirahat. Sehingga, konsumsi baterai yang digunakan sedikit. Namun Anda juga harus memperhatikan aplikasi pengunci. Karena ada beberapa aplikasi yang menguras baterai android Anda. Sehingga tidak awet dan membuat baterai Anda rusak.

Itulah beberapa penyebab mengapa baterai HP Anda biasanya cepat habis,pasti banyak dari Anda juga pernah melakukan kesalahan diatas. Selain menjelaskan penyebab baterai HP cepat habis kami akan memberikan tips-tips agar baterai HP Anda tahan lama.

Tips-Tips Agar Baterai HP Anda Tahan Lama

1. Matikan Smartphone Saat Mengisi Daya

Usahakan mematikan Smartphone Anda ketika sedang mengisi daya, jangan budayakan untuk terus mengisi batrai anda walau sudah terisi full 100%. Usahakan untuk mengisi baterai anda ketika sudah 40% hal ini akan membuat kinerja ponsel anda lebih optimal.

2. Hindari Charge Android Semalaman

Selalu usahakan agar Hp anda non-aktif ketika tidak anda gunakan seperti ketika anda tidur atau minimal matikan data Hp anda, hal ini akan membantu anda untuk menjaga ketahanan batrai anda untuk selalu maksimal.

3. End Task

Penyebab baterai HP cepat habis adalah aplikasi yang diakses. Bila anda sudah tidak menggunakan suatu aplikasi usahakan untuk menutup aplikasi tersebut atau ketika anda sedang bermain media sosial usahakan untuk meng-logout media sosial anda ketika sudah tidak digunakan agar tidak memboroskan baterai Hp. Aplikasi lainya yang membuat batrai anda boros yaitu ketika mengaktifkan GPS, Bluetooth ataupun wifi.

4. Jangan Menggunakan Charger Yang Berbeda

Usahakan untuk mengisi daya baterai smartphone anda dengan charge asli bawaan dari pabrik karena setiap charge memiliki kekuatan ampere yang berbeda –beda . Jika anda menggunakan charge dengan kekuatan ampere yang tidak sama dengan Hp anda maka proses charging tidak akan maksimal.

Selain itu Anda juga bisa mencoba membaca artikel Cara Merawat Baterai Agar Tetap Awet dan Berumur Panjang. Itulah sekilas tentang penyebab baterai smartphone cepat habis dan tips mengatasinya, semoga dapat membantu.

About the Author: Andi Setiawan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!