Perbandingan Android VS IOS VS Windows Ini Paling Mudah Dimengerti

DuniaTeknologi.Info – Perbandingan Android VS iOS VS Windows harus Anda ketahui sebelum memilih untuk membeli HP atau samartphone. Sebab selain mempertimbangkan budget, brand dan spesifikasi sebuah gadget atau smartphone, hal yang tak kalah pentingnya untuk Anda jadikan pertimbangan adalah operating system (OS)-nya.
Sebab masing-masing smartphone memiliki OS (operasi sistem) yang berbeda. Perbedaan ini pun akan berpengaruh terhadap tampilan, berbagai fitur yang diberikan dan kinerjanya.

Perbedaan tersebut harusa Anda ketahui guna memilih smartphone yang sesuai kebutuhan Anda. Jadi memilih HP bukan karena iklan yang Anda melihat menunjukkan banyak kelebihan yang kelihatannya Anda butuhkan.

Silahkan Cari di Blibli.com

Oleh sebab itu perbandingan Android vs iOS vs Windows ini sangat penting untuk Anda ketahui.

1. Android 

Android merupakan sebuah sistem operasi yang diluncurkan oleh perusahaan internet raksana Google. Sistem ini diluncurkan pada tahun 2007 dan sudah menguasai sebagian besar dari pasar HP dengan sistem Android.

Kelebihan dari perangkat ini adalah adalah sistem operasinya yang menggunakan sistem Open Source sehingga membuatnya bisa diakses oleh perangkat lainnya. Oleh sebab itu, sejak diluncurkannya ponsel ini, respon masyarakat begitu sangat baik.

Bahkan sampai saat ini Android masih menjadi raja di pasar ponsel seluruh dunia. Android mampu menjadi wadah dari pengembang aplikasi. Oleh sebab itu, Anda bisa mengakses berbagai aplikasi dari rrumah aplikasi yang disebut dengan Playstore.

Melalui berbagai aplikasi tersebut, para pengguna bisa saling terhubung dengan sangat mudah. Disamping itu, sistem operasi Android juga bisa dimasukkan ke berbagai jenis ponsel, mulai dari yang termurah hingga yang paling mahal.

2.  iOS

Sedangkan pelopor dari sistem operasi iOS adalah perusahaan Apple. Oleh sebab itulah, sistem operasi ini hanya bisa dimasukkan untuk produk Apple saja. Meskipun tidak mengusung sistem Open Sourch, iOS juga sudah memiliki fitur yang cukup banyak.

Namun tidak sebanyak yang dimiliki oleh Android. Tetapi jika dibandingkan dengan Android, aplikasi yang disedikan oleh iOS jelas lebih aman dari serangan virus.

3. Windows

Sedangkan untuk yang terakhir ini adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan pesaing Google, yakni Microsoft. Windows merupakan sistem operasi yang biasa digunakan di dalam komputer.

Namun untuk menyaingi Android, Microsoft mengembangkannya untuk dijadikan sebagai sistem operasi dalam ponsel. Namun aplikasi yang tersedia di dalam Windows masih kalah jauh dengan yang disediakan oleh Android.

Perbandingan Android VS iOS VS Windows dari Berbagai Aspek

Perbandingan Android VS iOS VS Windows secara lebih detail bisa Anda mengerti dari berbagai aspek berikut ini.

1. Harga

Dalam segi harga, Android memiliki harga yang lebih variatif dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Sebab Android memiliki variasi smartphone yang jauh lebih banyak.
Di urutan kedua ditempati Windows. Hanya saja, smartphone yang dimiliki oleh Windows tak sebanyak yang dimiliki Android. Jadi untuk kedua sistem operasi ini bisa disesuaikan dengan isi kantong pembelinya. Sedangkan iOS memiliki harga yang cenderung lebih mahal namun memiliki prestasi tersendiri.

2. Aplikasi
Sedangkan jika dilihat dari segi aplikasi, maka Android lah yang memiliki ketersediaan yang paling banyak. Bahkan bisa dikatakapan paling lengkap. Sementara di urutan kedua ada iOS.

3. Interface

Interface yang paling banyak juga dimiliki oleh Android karena memang digunakan oleh banyak vendor. Sedangkan iOS cenderung memiliki interface yang khas dengan rancangan Apple. Sedangkan interface Windows cenderung kaku dan tak memiliki ketersedian pilihan widget yang lengkap.

4. Keamanan

Sedangkan untuk sistem proteksi keamanan, di posisi pertama ditempati oleh iOS. Sebab Apple memang sangat serius dalam penanganan keamanan. Sedangkan Android dan Windows masih sangat rentan terkena berbagai virus.

5. Umur Baterai

Sementara untuk ketahanan baterai dari ketiga sistem operasi tersebut hampir tidak ada perbedaan yang berarti. Sebab ketahanan baterai ini dipengaruhi oleh aplikasi yang sedang dijalankan dan tergantung dari vendor pengusungnya masing-masing.

Itulah sekilas perbedaan Android VS iOS VS Windows yang harus Anda ketahui. Semoga dengan mengetahui berbagai aspek perbedaan tersebut membuat Anda lebih bijaksana dalam memilih smartphone.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!