Perbedaan PC Gaming atau Mobile Gaming

Perbedaan PC Gaming atau Mobile Gaming

Perbedaan PC gaming atau Mobile gaming sudah lama menjadi perdebatan. Mana yang lebih baik atau mana yang lebih bagus, terutama jika berbicara tentang DoTA 2 dan Mobile Legends. Dua game ini selalu bersinggungan ketika yang dibahas adalah penggunaan mobile atau PC.

Penggunaan PC gaming memang lebih dahulu jika dibandingkan dengan mobile gaming. Namun game seluler telah berkembang sangat cepat sehingga mengejar ketinggalan dalam hal pengalaman bermain game. Namun, bahkan dengan pencapaian besar yang telah dicapai industri game seluler…

… Apakah benar-benar mungkin bahwa mereka sekarang dapat bersaing dalam pertarungan antara game seluler vs game PC?

Perbedaan Game PC dan Mobile Games ini juga dibahas situs gaming gameqoo.id. Semua poin penting dan kartu As, kedua platform game, memiliki kelebihan tersendiri. Jadi duduk, baca terus, dan lihat siapa yang akan memenangkan pertempuran.

Platform Mana yang Lebih Baik untuk Gamer?

Ponsel pintar sekarang ini menjadi sangat inovatif dan bertenaga. Ini berarti bermain game saat ini tidak seburuk dan tidak realistis seperti 10 atau bahkan 5 tahun yang lalu.

Ponsel sekarang menggunakan RAM berteknologi DDR4 – teknologi yang sama dengan yang digunakan RAM PC. Layar menjadi lebih besar dan lebih besar begitu juga dengan resolusi dan grafik. Mesin baru digunakan untuk mengembangkan game seluler dan game PC sekarang bahkan tersedia di seluler.

Tetapi dengan tingkat perkembangan dan peningkatan ini, apakah mungkin game seluler akan setara dengan game PC? Yuk simak perbandingan kedua platform game tersebut di bawah ini.

Grafik 4K

Industri game PC sekarang bergeser dari resolusi 1080p ke resolusi 4K dan bahkan dengan perkembangan game seluler yang pesat, masih belum dapat bersaing dengan kekuatan grafis PC.

Meskipun ada update raksasa dan lebih banyak kemajuan dalam industri game seluler, PC juga berkembang dengan CPU yang lebih bertenaga, dengan prosesor 32 inti AMD terbaru, dan lebih banyak daya mentah dari 32 GB RAM DDR4. Jadi dalam kategori ini, PC adalah pemenangnya.

Biaya Perangkat Lunak dan Pengembangan

Memang benar bahwa game seluler jauh lebih murah daripada game di platform game PC – tetapi hanya sampai batas tertentu.

Industri game PC sedang memasak cara yang lebih inovatif untuk tidak hanya memberikan cara yang lebih nyaman dan efisien bagi para gamer PC untuk berinteraksi tetapi juga menjatuhkan harga game seluler.

Seiring dengan popularitas adegan indie, game PC diatur menjadi lebih terjangkau dari sebelumnya. Dengan kondisi ini, kemungkinan game PC akan menjatuhkan game seluler dalam hal biaya perangkat lunak, game, dan pengembangan.

Sementara itu, game seluler dengan mudah memenangkan perbandingan ini dengan warna-warna terbang, terutama jika kita memperhitungkan harga game untuk kategori perangkat keras.

Sebagian besar perangkat ponsel cerdas saat ini, apa pun merek atau modelnya, kurang lebih kompatibel dengan sejumlah besar game seluler – bahkan yang akan datang. Game di PC, bagaimanapun, membutuhkan perangkat keras khusus untuk memainkan game terbaru dengan lancar, apalagi game mendatang bertajuk AAA.

Pengalaman dan Periferal Gaming

Baik game PC dan game seluler memiliki pijakan yang sama dalam hal periferal dan pengalaman bermain game.

Ada “pengontrol” smartphone dan tablet yang memungkinkan Anda bermain sesuka hati jika Anda lebih suka menggunakannya. Hal yang sama berlaku untuk game PC, di mana Anda dapat mengaitkan pengontrol untuk memberi Anda lebih banyak kontrol atas game Anda.

Anda bahkan dapat memasang keyboard dan bahkan mouse ke smartphone hari ini. Terlepas dari platform gamenya, periferal game menjadi inovatif untuk memberi Anda kenyamanan dan pengalaman kualitas terbaik.

VR

Kedua platform game menawarkan kemewahan yang sama dari game VR tetapi tentu saja, VR seluler secara signifikan lebih murah dan lebih terjangkau dibandingkan dengan game VR di PC.

Ini memberi game seluler keunggulan dan keuntungan menjadi solusi hemat biaya jika Anda sangat serius dengan game VR. Tidak hanya murah tetapi juga nyaman.

Namun, kualitas dan output grafik dalam game masih memainkan peran utama dalam hal pengalaman bermain game secara keseluruhan di VR. Dengan bagaimana grafik PC dan resolusi 4K digabungkan ke dalam game VR, semuanya bermuara pada preferensi seseorang di penghujung hari.

PC gaming yang kuat akan diperlukan untuk merasakan pengalaman bermain game 4K yang mulus di VR, atau setidaknya Anda harus berinvestasi di salah satu kartu grafis terbaik untuk VR. Apa pun masalahnya, ini lebih dari cukup untuk memberi Anda bukti masa depan bertahun-tahun sampai Anda akan mulai dan melihat sedikit kompromi dalam kinerja.

Layar

Luas layar yang digunakan terlihat sangat jelas perbedaannya. Bagi Anda yang suka bermain dengan pandangan yang luas pastinya memilih game PC dibandingkan seluler karena layarnya cukup besar. Sebagian besar orang memang lebih suka untuk bermain atau melihat berbagai hal dengan menggunakan layar yang besar seperti PC. 

Sedangkan, jika melihat ponsel layarnya lebih kecil sehingga pandangannya pun juga bisa kurang luas. Tapi tenang saja, banyak produsen mobile yang kini mengembangkan ponsel dua fungsi yang bisa dikecilkan maupun dibesarkan. Tapi ingat, selera orang tak selamanya sama.

Kesimpulan

Ide di balik game seluler yang bersaing pada level yang sama (atau setidaknya hampir sama) dengan game PC masih dibuat-buat – tetapi bukan tidak mungkin.

Teknologi masih muda dan perkembangan besar masih membuka jalan mereka. Menanyakan platform game mana yang lebih baik masih subjektif, tetapi dari segi performa, PC masih lebih unggul.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!