Daftar Pilihan Plugin WordPress Untuk SEO

Plugin Wordpress Untuk SEO

Daftar Pilihan Plugin WordPress Untuk SEO – Wordpress untuk website memang mempunyai banyak sekali manfaat dan kelebihannya dalam berbagai segi. Apalagi menggunakannya akan memberikan kemudahan dan fleksibilitas tersendiri bagi para penggunanya. Disamping itu, alasan lain mengapa WordPress banyak diminati dan populer adalah di WordPress Anda dimungkinkan untuk menggunakan banyak plugin yang tersedia. Beberapa diantaranya sebagai plugin terbaik yang wajib diinstal supaya SEO.

Tahukah Anda? Jenis plugin wordpress mana saja yang direkomendasikan terbaik untuk website Anda? Karena terdapat begitu banyak plugin, kemungkinan Anda pasti bingung yang mana harus dipilih sehingga menjadi dilema. Khususnya bagi para pemula yang secara umum kurang mempunyai pemahaman atau tips terkait memilih plugin wordpress terbaik untuk SEO. Salah dalam menggunakan plugin, tujuan Anda akan sulit dicapai. Jika Anda ingin mendapatkan pengunjung organik atau dari search engine seperti Google atau Bing, melakukan optimasi blog untuk search engine adalah hal yang cukup penting.


Tidak perlu khawatir atau bimbang, sebab pada informasi ini kita akan membahas plugin untuk wordpress terbaik untuk SEO. Keunggulan lainnya yang bisa di dapatkan adalah beberapa plugin bisa di dapat secara gratis dengan tambahan fungsi yang lengkap mulai dari keamanan website, backup situs, media sosial dan masih banyak lagi yang lainnya. Selengkapnya mari kita cermati.

Pilihan Plugin WordPress Untuk SEO

1. Yoast SEO

Yoast SEO juga mempunyai kelebihan yang menarik, sayang untuk dilewatkan. Menjadikan website Anda terdepan di mesin pencari atau search engine bagi setiap pemilik blog merupakan tujuan yang harus dimiliki. Nah untuk mewujudkannya, Anda wajib memiliki Yoast SEO sebagai salah satu plugin yang memiliki fungsi powerfull dan friendly. Karena mudah digunakan akan sangat membantu untuk Anda yang masih pemula dalam optimasi SEO.

2. WP Smush

Pernah menggunakn plugin WP Smush sebelumnya? Jika sudah pernah Anda tentu tidak akan dengan mudah nelepaskannya. Pasalnya plugin satu ini menjadi kunci wajib kesuksesan website wordpress Anda loh. Sebab plugin wordpress ini mempunyai keunggulan dalam mengkompres setiap gambar dan foto yang di upload di web Anda. Sehingga akan menghindari terjadinya website lambat karena besarnya ukuran gambar yang tidak terkendali. Khususnya bagi Anda yang membuat article dengan memuat banyak gambar.

3. All in One SEO Pack

Selain Yoast SEO, All in One SEO Pack adalah plugin SEO WordPress terbaik selanjutnya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya yang menggunakan plugin ini, yaitu lebih dari 3 juta pengguna aktif. Terdapat fitur dimana Anda dapat membuat website supaya lebih SEO friendly.

Fitur tersebut berupa dukungan Google Analytics, membuat sitemap XML, optimasi pada judul, meta tag dan masih banyak lagi fitur yang dapat meningkatkan peringkat di search engine.

Silakan ikuti tutorial cara setting All in One SEO Pack untuk mengetahui cara penggunaannya pada website Anda.

Harga: Gratis dan berbayar.

4. Google XML Sitemaps

Google XML Sitemaps dapat digunakan untuk membuat sitemap XML, yaitu dapat membantu search engine seperti Google dan Bing lebih baik lagi dalam mengindex website Anda. Sitemap berguna untuk memudahkan perayap search engine ketika mengecek struktur website Anda. Selain itu, plugin ini juga dapat memberitahu search engine setiap ada postingan baru yang dibuat.

Plugin ini tersedia secara gratis, sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa dikenakan biaya baik itu untuk blog pribadi ataupun blog komersil.

5. WP Super Cache

WP Suoer Cache adalah plugin dengan fungsinya melakukan penyimpanan cache pada website wordpress kita secara statis. Hal ini tentu akan memudahkan si pengunjung yang sedang mengakses website Anda. Sebab nantinya ia akan diarahkan melakui cache tersebut supaya lebih cepat. WP Super Cache sendiri sangat penting untuk menciptakan loading website yang cepat.

6. Google Drive for WordPress

Berikutnya yang tidak kalah menarik untuk Anda wajib miliki adalah plugin bernama Google Drive for wordpress. Mengapa disebut alternatif plugin wordpress yang bisa dipasang ? Sebab proses backup merupakan salah satu proses yang sangat penting saat Anda memiliki website. Anda perlu melakukan update backup secara rutin dan plugin Google drive inilah yang bisa membantu Anda mengatasi kekhawatiran akan hilangnya data begitu saja, terjadinya kesalahan error pada web dan masih banyak lagi.

7. Broken Link Checker

Broken Link Checker dapat melakukan pemantauan link yang ada di website Anda, jika terdapat link yang rusak, maka Anda dapat mengetahuinya dengan segera. Seperti link yang ada pada postingan, halaman dan komentar. Jika terdapat link yang rusak, Anda dapat memperbaikinya melalui menu yang ada pada plugin ini, sehingga tidak perlu melakukan perbaikan pada postingan secara manual.

Anda dapat memilih pemberitahuan link yang rusak untuk dikirimkan melalui dashboard WordPress atau melalui email.

8. Redirection

Redirection memungkinkan Anda untuk mengatur redirect sebuah url yang ada di website WordPress. Sehingga Anda dapat memantau error 404. Hal ini akan berguna ketika Anda melakukan migrasi website dan ada perubahan pada direktori instalasi WordPress. Sehingga sangat berguna untuk meredirect URL lama ke URL baru.

9. W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin yang dapat meningkatkan kecepatan website. Performa sebuah website dapat mempengaruhi SEO dari website yang Anda miliki. Sehingga sangat penting untuk website Anda dapat diakses dengan cepat dan user friendly, hal ini secara otomatis akan membuat search engine menyukainya.

10. SEO Internal Links

SEO Internal Links merupakan plugin yang berguna untuk membuat internal link secara otomatis untuk keyword tertentu ke postingan, halaman, kategori atau tag di website Anda. Jadi Anda tidak perlu membuat internal link secara manual pada setiap postingan.

11. Contact From 7

Berikutnya adalah contact 7. Sekilas dari namanya apakah Anda sudah tahu apa fungsinya untuk website wordpress Anda? Ya, ini adalah plugin yang memiliki kaitan dengan contact form di website Anda. Tentu kita semua tahu keberadaan contact form sangat penting. Dengan adanya contact form akan memudahkan pengunjung akan menghubungi Anda khususnya apabila blog Anda adalah toko online, blog atau company profile.

12. Jetpack

Plugin selanjutnya yang kita bahas sebagai plugin wajib Anda miliki ketika menpunyai website wordpress adalah jetpack. Dalam satu plugin Anda akan menerima banyak sekali keuntungan. Mengapa demikian? Sebab plugin yang satu ini sendiri bersifat bundling yang memiliki beberapa plugin di dalamnya loh. Beberapa diantaranya adalah untuk grammar correction, mobilr theme, social media share blog subcriber dan masih banyak lagi. Cukup komplit dalam satu plugin bukan?

13. iTheme Security

Sesuai dengan namanya, plugin iTheme Security akan menjaga keamanan website Anda dengan baik. Tentu dalam segi keamanan adalah salah satu hal penting yang perlu dijaga. Khususnya mengatasi adanya serangan dari bug pada plugin atau akibat dari program yang sudah tidak diperbaharui atau update. Beberapa hal yang akan dilakukan plugin ini akan menutup celah keamanan yang ditemukan serta akan secara otomatis menghentikan serangan seperti bruto force.

14. Backup WordPress

Berikutnya adalah Backup WordPress yang sesuai dengan namanya memiliki fungsi sama seperti google drive for wordpress dalam membantu proses backup data wordpress dengan fitur jadwal yang bisa diatur sendiri oleh pemilik wordpress. Salah satu kemudahan lainnya dari plugin ini adalah tersedia di iOS windows dan linux. Bahkan untuk semakin memudahkan Anda bisa mengaktifkan mode untuk pengiriman data via email. Bahkan plugin ini juga termasuk plugin yang bersifat efesien karena tidak akan memakan banyak resource hosting milik Anda.

15. WooCommerce

Woocomerce merupakan salah satu plugin paling populer dan terkenal dikalangan para pengguna website wordpress. Sesuai dengan namanya, memang plugin ini secara khusus digunakan untuk Anda yang membuka ecommerce. WooCommerce akan sangat membantu dalam proses penjualan berbagai macam produk fisik dan digital kepada seluruh pengunjung di seluruh dunia. Tentunya hasilnya akan memberikan kenyamanan ketika Anda berbelanja online.

16. Akismet

Plugin Akismet menjadi pilihan terakhir yang mana merupakan salah satu plugin canggih yang perlu Anda miliki. Fungsinya beragam dan banyak sekali. Beberapa diantaranya adalah bermanfaat untuk memfilter atau menyaring komentar yang masuk di website milik Anda. Plugin Akismet ini yang akan melakukannya untuk Anda. Dimana setiap komentar yang masuk di website wordpress Anda akan difilter dan selanjutnya dipilih untuk dihapus atau ditampilkan pada situs web. Canggih bukan? Khususnya, meminimalisir komentar spam yang mengganggu.

Uraian diatas adalah informasi terkini seputar pilihan plugin wordpress untuk seo khususnya para blogger yang menginginkan Search Engine Optimation atau SEO. Plugin terbaru 2020 dirancang dengan kecanggihan teknologi yang memungkinkan Anda mencapai tujuan Anda untuk semakin mengembangkan situs blog menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Sehingga akan ada progress kedepannya yang meningkat.

Sebenarnya masih ada banyak lagi plugin wordpress yang bisa membantu untuk meningkatkan performa website. Ini hanyalah sebagian informasi yang bisa diterapkan sebagai tips dan trik untuk semakin meningkatkan kesuksesan wordpress sehingga berjalan sesuai fungsinya dengan baik. Fungsi dan fasilitas yang Anda butuhkan bisa terpenuhi dengan pemilihan plugin untuk wordpresd supaya SEO yang tepat. Semoga bermanfaat.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!