Potensi karir pengembang web dalam tren digitalisasi industri

Seiring dengan banyaknya perusahaan yang mulai beralih ke dunia digital, peluang untuk mendapatkan pekerjaan profesional di bidang digital semakin besar.

Contoh web developer. (host komersial)

Duniateknologi.info – Pengembang web menjadi bakat populer dalam tren digitalisasi industri saat ini. Tapi apa potensi di antara banyak startup yang mogok akhir-akhir ini?

Meskipun beberapa perusahaan rintisan telah berhemat, permintaan akan talenta digital di Indonesia sejalan dengan tren digitalisasi dan otomatisasi di setiap industri.

Seiring dengan banyaknya perusahaan yang mulai beralih ke dunia digital, peluang untuk mendapatkan pekerjaan profesional di bidang digital semakin besar. Salah satu skill yang paling banyak dicari adalah web developer atau website builder.

Dikutip dari blog NiagahosterDengan menjamurnya perusahaan yang memasuki dunia digital, hampir semua situs pencari kerja menampilkan lowongan pekerjaan untuk profesi web developer. Karena permintaannya sangat besar, menjadi pengembang web juga merupakan pilihan karir yang menarik untuk dipertimbangkan.

Profesi web developer kini telah berkembang dan memiliki banyak spesialisasi, antara lain front-end developer, back-end developer, dan full-stack developer.Brand Ambassador Niagahoster Peter J. Cambay berbicara dalam acara Break Talk beberapa waktu lalu.

Memulai karir sebagai web developer

Contoh web developer.  (host komersial)
Contoh web developer. (host komersial)

Banyaknya daftar web developer membuat para pemula atau web developer yang ingin memulai karir merasa bingung dengan langkah awal mereka. Pada kesempatan breakout talk event Nyagahoster, Nuris Akbar, background engineer di Kementerian Kesehatan RI, memaparkan beberapa kemungkinan.

Mulai dari kolam besar. Cari tahu Framework PHP mana yang saat ini memiliki potensi pasar terbesar dan permintaan tertinggi, misalnya Laravel, lalu pelajari dan jelajahi. Yang utama adalah berani memulai. Karena banyak yang bingung mau belajar apa dan akhirnya berbulan-bulan tidak ada kemajuan,” dia berkata.

Nouris melanjutkan, pengembang web pemula bisa memulai dengan membuat proyek sederhana yang akan membuat orang lain mengetahui keahlian mereka.

Atau bisa juga melalui berbagi ilmu di youtube atau media sosial. Itu bisa menjadi nilai plus karena orang suka melihat seseorang mau berbagi pengetahuan dan pada akhirnya meningkatkan kepercayaan orang terhadap kompetensi dan kemampuan kita.” dia berkata.

Kantong penghasilan yang sesuai

Contoh web developer.  (host komersial)
Contoh web developer. (host komersial)

Karir yang dicari di berbagai industri, pengembang web memiliki potensi untuk menjadi karir bergaji tinggi. Faktanya, tidak ada batasan untuk pendapatan seorang pengembang web.

Idealnya, profesi web developer berpenghasilan setidaknya di atas upah minimum. Hanya jika UMR sangat kecil. Karena penghasilan tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari tetapi juga untuk meningkatkan keterampilan.kata Peter J. Cambe.

Pengembang web yang terus-menerus meningkatkan keterampilan mereka akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak. Anda juga bisa membuat bisnis sampingan dengan membuat website atau aplikasi populer.

Kuncinya adalah memulai terlebih dahulu. Dari yang diketahui, dari kolam besar, dari mana saja. Ada banyak cara untuk memulai sebagai pengembang web. Langit adalah batasnya.Dia berkata.

Recommended For You

About the Author: Andi Setiawan

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!