Punya Aplikasi Snaptube? Siap-siap Muncul Tagihan Tak Terduga

Punya Aplikasi Snaptube? Siap-siap Muncul Tagihan Tak Terduga

Snaptube ialah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mengunduh video di dari berbagai platform seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp dan lainnya. Tapi tahukah Anda seberapa bahaya aplikasi ini? Aplikasi yang sudah lama dihapus dari toko aplikasi resmi Google Play Store mudah sekali disalahgunakan.

Jangan heran, jika tetap mempertahankan aplikasi ini di ponsel pintar Anda, sewaktu-sewaktu akan muncul tagihan kartu kredit dan debit yang tidak diketahui kapan penggunaan dan persetujuannya.

Dilansir Express.uk, pada Jumat (12/6/2020), perusahaan keamanan internet, UpStreamSystem, yang membuka borok aplikasi yang saat ini sudah diunduh lebih dari 40 juta kali itu. Dalam temuannya, aplikasi ini secara sepihak mendaftarkan pengguna akun ke layanan premium mereka tanpa persetujuan.

Praktik curang yang populer dengan sebutan “fleeceware” ini, dilakukan oleh Snaptube kala pengguna mencoba aplikasinya.

Nah, kala masa uji coba gratisnya berakhir dan pengguna tak ingin meneruskan untuk berlangganan, di situ masalahnya. Saat dihapus, pengguna ternyata sudah terdaftar pada layanan premium.

Google memang memungkinkan pengembang pihak ketiga menagihkan ke kartu kredit atau debit yang disimpan dengan akun Google untuk mengaktifkan beberapa layanan seperti Netflix.

Kalau sudah terlanjur ada tagihan, Anda masih bisa untuk menghentikannya. Caranya, masuk Play Store dan ketuk tombol menu di kiri atas layar. Kemudian buka subcription dan temukan sesuatu yang berkaitan dengan Snaptube, lalu batalkan.

Snaptube diperkirakan mendapatkan sekitar US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun dari aktivitas penipuannya dari pengguna yang tidak curiga. Pengembangan Snaptube, Mobiuspace mengaku tidak mengetahui praktik tersebut. Mereka menuding aksi tak diinginkan ini ulah aplikasi pihak ketiga yang terkoneksi dengan SnapTube.

Google sendiri telah menghapus aplikasi Snaptube dari Play Store, namun aksi penipuan ini masih bisa berjalan bila aplikasi masih terpasang di ponsel Android. UpStreamSystem pun menyarankan untuk segera uninstall SnapTube dari perangkat Android Anda.

About the Author: Andi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!