9 Rekomendasi SSD Eksternal Terbaik untuk Produktivitas Anda

9 Rekomendasi SSD Eksternal Terbaik untuk Produktivitas Anda

Dunia terus berubah termasuk media penyimpanan laptop dan komputer. Dulu orang membanggakan hardisk, sekarang orang mulai beralih ke SSD. Tentu Anda merasa bingung karena banyak merek SSD yang beredar di pasaran. Penulis akan memberikan rekomendasi SSD eksternal terbaik untuk Anda. Apa saja merek SSD ekternal terbaik? Ada banyak merek SSD yang ada di pasaran. Berikut brand SSD terbaik:

  1. SanDisk
  2. Merek HP
  3. Seagate
  4. WD My Passport™ SSD
  5. LaCie
  6. Samsung SSD portable
  7. XPG External SSD
  8. Western Digital My Passport Go
  9. Toshiba Portable SSD

Salah satu faktor pentung saat bekerja dengan laptop atau PC (Personal Computer) adalah media penyimpanaan. Media penyimpanan yang tepat dan handal akan membantu Anda lebih produktif dan efesien.  Mau tahu apa saja brand atau merek produsen penghasil SSD terbaik? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Rekomendasi SSD Eksternal Terbaik

SSD termasuk jenis penyimpanan data yang baru. Banyak di antara kita yang belum pernah menggunakan SSD sebagai media penyimpanan. Baik SSD internal ataupun SSD eksternal.

Sebagai media penyimpanan baru yang lebih bagus daripada  HDD, maka harga SSD jauh lebih mahal dengan kapasitas penyimpanan  yang lebih sedikit.

Maka, sebelum Anda membeli SSD, alangkah lebih baik bila Anda mencari referensi dan rekomendasi SSD eksternal terbaik.

Rekomendasi dari para praktisi dan para ahli sangat Anda perlukan agar Anda memperoleh SSD terbaik sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan Anda.

Kami merekomendasikan beberapa merek SSD eksternal yang terbukti kuat dan bandel. Sehingga Anda tidak akan kecewa saat membelinya.

Ada beberapa merek SSD yang sangat kami rekomendasikan bagi Anda. Berikut brand SSD eksternal yang kuat dan tahan banting:

1. SanDisk

SanDisk merupakan merek ternama  produsen penyimpanan data. Mereka telah memiliki pengalaman panjang sejak tahun 1988. Jejak dan kapasitasnya tidak perlu kita ragukan lagi.

SanDisk merupakan perusahaan asal Amerika Serikat. Salah satu produk terbaik mereka adalah SSD eksternal.

Di antara merek SSD internalnya adalah SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2. SSD ini memiliki kecepatan baca dan tulis yang luar biasa. Kecepatan bacanya hingga 2000 MB per detik. Memiliki koneksi USB 3.2.

Sehingga aman terhadap benturan. Badan SSD ini diklaim tahan air, debu dan karat. Bukan hanya itu, SSD ini telah memiliki sertifikat IP55. 

SSD portable ini juga mampu bertahan pada suhu kurang dari 20 derajat Celsius hingga 70 derajat Celcius. Ada banyak varian SSD yang disiapkan oleh SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2. Mulai dari varian 500 GB hingga 2 TB.

Kisaran harga tidak terlalu mahal bagi yang berkantong tebal. Mulai dari harga 1 jutaan hingga puluhan juta. Anda bisa memanfaatkan SSD ini untuk meningkatkan kecepatan PC Anda.

2. Merek HP

Anda pasti familiar dengan produk elektronik generasi tinggi ciptaan HP. Mulai dari printer, scanner, PC desktop, laptop dan aneka produk elektronik mutakhir lainnya. Salah satu produk terbaik mereka adalah SSD eksternal.

Untuk membangun bisnis SSD eksternal ini, HP menggandeng perusahaan rekanan yang memiliki standar kualitas terbaik. Maka, tak Ayal lagi HP mengeluarkan produk SSD external terbaik. Mereka mengeluarkan model HP p700 yang sangat populer.

SSD external mereka ini berbasis NVME. Memiliki arsitektur keren, dengan penampilan yang menawan dan elegan. Bukan hanya itu, SSD HP memiliki kecepatan hingga 1050 Mbps per detik.

Jenis SSD ini mendukung interface USB 3.0 2 generasi 2. Brand HP  mengeluarkan SSD berbagai varian. Mulai dari 256 GB 512GB hingga 1 TB. Mereka berani memberikan garansi hingga 3 tahun masa pemakaian demi meyakinkan konsumen.

3. Seagate

Salah satu brand storage (penyimpanan) data terbaik adalah Seagate. Seagate  juga mengeluarkan SSD terbaiknya. SSD ini memiliki nama Seagate Barracuda Fast SSD. Seagate  merancang Barracuda Fast SSD dengan sempurna.

Sehingga memiliki kualitas yang hAndal.  Maka tak tanggung-tanggung, apabila Seagate Barracuda Fast SSD  memiliki transfer kecepatan speed hingga 5400 Mbps per second.

Seagate Barracuda Fast SSD  mengeluarkan tiga jenis kapasitas yang beredar di pasaran yaitu:

SSD Seagate Barracuda Fast SSD kapasitas 500 GB,  1 TB dan 2 TB. 

Seagate Barracuda Fast SSD  memiliki spesifikasi sebagai berikut:

kapasitas:  kapasitas mulai dari 500 GB 1 GB dan 2 GB

interface: didukung oleh interface USB-C

kecepatan transfer data:  memiliki kecepatan transfer data hingga 5400 Mbps per second

Berat :  mulai berat 6,7 ons

Dimensi:  memiliki dimensi 94 mm X 79 mm x 9 MM

4. WD My Passport™ SSD

salah satu merk SSD yang banyak digunakan adalah  WD My Passport™ SSD. WD My Passport™ SSD menjelma sebagai hardisk SSD eksternal terbaik dan terbukti berkualitas. 

Mereka menawarkan aneka warna SSD yang memikat hati. Mulai dari warna silver, blue, gold, red dan grey.

Sehingga SSD ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki selera warna tinggi.WD My Passport™ SSD  mengeluarkan SSD dengan kapasitas 500 GB 1 GB 2 GB dan 4TB.

5. LaCie

produsen SSD terbaik berikutnya adalah LaCie.  SSD LaCie ini memiliki sistem keamanan yang kuat dan bandel. sehingga mampu menahan bermacam beban hingga 1 ton. 

SSD ini dilengkapi dengan sistem enskripsi AES 256-bit.  Sebuah sistem yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Sehingga data Anda lebih aman jangka panjang.

Produk besutan LaCie  ini memiliki desain yang unik dan trendy dilapisi karet pada bagian pinggirnya. Mempunyai fungsi untuk melindungi SSD saat terjatuh. 

Bukan hanya itu,  produk LaCie  ini memiliki kabel yang terintegrasi langsung pada SSD sehingga Anda tidak perlu kuatir kabel Anda hilang

6. Samsung SSD portable

Banyak pecinta teknologi gadget, laptop dan komputer merek Samsung. Samsung adalah produsen elektronik canggih dari Korea. Kini mereka juga mulai memproduksi SSD dengan berbagai varian dan kapasitas.

Produk SSD terbaik mereka memiliki kapasitas 250 GB hingga 2 GB. SSD besutan Samsung memiliki kecepatan transfer hingga 4,9 lebih cepat daripada HDD external biasa. Sehingga SSD merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin bekerja lebih cepat dan lebih efisien.

7. XPG External SSD

Produk hasil XPG External SSD termasuk produsen SSD yang layak Anda perhitungkan. SSD dari XPG External SSD  sangat cocok bagi Anda yang gemar main game. Betapa tidak, SSD besutan dari XPG External SSDini memiliki kecepatan 4 kali lebih cepat dibanding dengan HDD biasa.

Bukan hanya itu, kecepatan loadingnya juga luar biasa. 

XPG External SSD merupakan produsen SSD yang memperoleh sertifikat IP68.

8. Western Digital My Passport Go

penulis merekomendasikan Western Digital My Passport Go sebagai produsen SSD terbaik.  Mereka telah mendesain SSD-nya begitu rupa sehingga terlindungi dan awet. SSD besutan Western Digital My Passport Go  terlindungi oleh bumper karet.

Sehingga aman walaupun terjatuh saat Anda bawa. Bahkan, mereka mengklaim SSD Anda akan aman walaupun jatuh dari jarak 2 meter.

9. Toshiba Portable SSD

produsen SSD terbaik berikutnya adalah Toshiba Portable SSD. Semua orang mengakui bahwa Toshiba merupakan brand teknologi terbaik. Produk mereka menguasai pasar di seluruh dunia. 

Tak heran ketika mereka meluncurkan SSD, maka mereka tidak meluncurkan SSD yang biasa saja. Tetapi mereka telah meluncurkan SSD terbaik.  SSD besutan Toshiba ini memiliki berat yang sangat ringan. Sehingga mudah Anda bawa ke mana-mana.

Tips Memilih SSD eksternal terbaik untuk meningkatkan kinerja Anda

untuk membantu meningkatkan kinerja Anda, maka Anda perlu menggunakan SSD terbaik. Bagaimanakah ciri-ciri SSD terbaik itu? Berikut ciri dan karakteristik SSD terbaik:

Perhatikan kecepatan transfer datanya

Anda juga perlu memperhatikan seberapa besar kecepatan transfer data SSD-nya. Karena Anda menggunakan SSD eksternal untuk melakukan penyimpanan di luar laptop.

Maka SSD perlu memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Bayangkan saja, Anda akan menyimpan data dari laptop kantor untuk dibawa pulang ke rumah.

Tetapi proses transfer data cukup lemot. Akhirnya Anda lama menunggu. Tentu ini adalah masalah bagi Anda.

Pilih kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan Anda

Faktor penting sebelum Anda membeli SSD adalah kapasitas penyimpanan. Seberapa besar kapasitas penyimpanan SSD itu. Walaupun harganya murah tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit.

Maka perlu Anda pertimbangkan untuk beralih ke SSD yang lain. Biasanya Anda memanfaatkan SSD eksternal untuk melakukan back up data. Maka penting sekali Anda memilih kapasitas SSD yang besar. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan backup data laptop Anda dengan mudah.

Perhatikan masa garansi SSD

Anda menggunakan SSD eksternal tidak setiap hari. Biasanya Anda menggunakannya hanya dalam kondisi tertentu. Semisal Anda ingin memindah data laptop kantor ke laptop rumah Anda.

Maka Anda menggunakan SSD sebagai media penyimpanan sementara. Karena jarang digunakan, sering sekali SSD mengalami masalah.

Padahal SSD jarang dipakai tetapi mengalami problem. Maka Anda perlu memerhatikan masa garansinya. Seberapa lama masa garansinya. Sehingga ketika terjadi sesuatu dengan SSD Anda, Anda bisa mengklaim garansi.

Kisaran harga SSD external

mungkin Anda penasaran berapa harga SSD eksternal? Sebagai pemula yang masih awam di dunia SSD, tentu Anda bertanya-tanya tentang harga SSD ini. Sebagai media penyimpanan yang baru dan populer, Anda pasti penasaran seberapa hebat speed (kecepatan) SSD eksternal ini.

Dari berbagai mereka dan brand SSD yang sudah penulis sajikan dalam artikel di atas bisa kita tarik ringkasan bahwa harga SSD sesuai dengan seberapa kuat merek produsennya.

Begitu juga dengan kapasitas. Semakin besar kapasitas SSD, maka harganya juga semakin mahal. Tentu kita semua sudah maklum, ada rupa ada harga.

Kesimpulan

Di era digital ini, kecepatan dan kualitas bisa bersanding bersama tanpa mengalahkan salah satunya. Untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas Anda dalam bekerja, Anda bisa memanfaatkan SSD sebagai media penyimpanan pengganti hardisk yang mulai usang. Dalam artikel di atas, penulis sudah menyajikan informasi tentang rekomendasi SSD eksternal terbaik untuk Anda.

Memilih SSD yang tepat akan membantu Anda menyelesaikan banyak tugas dan tanggung jawab Anda dalam waktu singkat. Sehingga Anda punya banyak waktu luang untuk menyelesaikan urusan lainnya. Sehingga Anda bisa lebih produktif baik di tempat kerja atau di rumah.

Setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan dalam karier dan pekerjaannya. Memilih SSD yang tepat akan meningkatkan produktivitas Anda tanpa Anda sadari. Produktivitas tinggi dan totalitas dalam bekerja adalah kunci Anda meraih kesuksesan jangka panjang.

Recommended For You

About the Author: Abidaril Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesianJapaneseRussian
error: Content is protected !!